Laman

Recent Posts

Sabtu, 18 Desember 2010

Event JIP King Of The Hammers 2010


Brutal! The Toughest One Day Off-Road Competition


Jip - King of The Hammers 2010 (KOH) adalah event kompetisi desert racing tahunan di Negeri Paman Sam. Meskipun KOH baru digelar untuk keempat kalinya, tapi pamornya cukup bergengsi. Terlihat dari profil peserta yang ikut maupun jumlahnya yang mencapai 100 starter, penonton yang datang di lokasi langsung serta para jurnalis yang datang meliput. Semua mengalami peningkatan signifikan.

“Tahun lalu ketika badai krisis ekonomi melanda Amerika, penonton yang datang tak sebanyak sekarang. Lihat saja sehari sebelum lomba sudah banyak sekali mobil yang masuk ke sini. Rasanya sampai nanti malam yang datang akan bertambah lagi,” komentar Andrew, seorang penonton asal Las Vegas yang sempat mengobrol dengan JIP sehari sebelum perlombaan.

Apa yang dibilang Andrew memang terbukti. Ketika pagi sebelum bendera start dikibarkan, jumlah mobil yang parkir di Johson Valley (JV) – nama lokasi tempat gelaran KOH, bertambah jauh lebih banyak. Beberapa lokasi sekitar start yang masih kosong sehari sebelumnya, kini sudah terisi penuh. Banyak truk-truk besar, rumah mobil (RV), pikap, double cabin ukuran besar termasuk motor trail dan UTV parkir di JV.

Malah suasana meriah ini sudah berlangsung 3 minggu sebelum event. “Seminggu sebelum balapan aku sudah di sini buat setting jip dan survei trek,” bilang Nick Campbell – adik kandung Shannon Campbell yang juga ikut KOH. Padahal, bermalam di JV  bukanlah sesuatu yang menyenangkan tahun ini. Lantaran perubahan cuaca dan suhunya cukup ekstrem.

Tiga hari sebelum balapan di JV sebagian tempat masih diselimuti salju. Tak heran suhu paling hangat di sini berkisar 2 °C. Kalau malam hari bisa minus. Brrr… pembaca JIP pasti bisa membayangkan betapa “sejuknya” suhu di JV. Hehehe…  “Tahun lalu aku pernah nginep di JV empat hari Bro. Malam hari dingin buanget! Apalagi menjelang pagi. Pakai jaket tebal pun gak mempan,” komentar Widodo Teguh dari ProRock Engineering Solo yang menemani JIP meliput langsung KOH. Dulu tak ada salju yang menyelimuti JV.

Untungnya, dua hari menjelang lomba, matahari terus bersinar meskipun suhunya tak beranjak jauh dari kisaran 2 °C. Toh mampu menghilangkan salju yang tadinya melapisi pasir di JV. Beberapa lokasi terlihat genangan air yang berasal dari salju yang mencair. Ini sedikit melegakan hati panitia, karena kalau sampai badai salju turun wah, enggak bisa dibayangkan seperti apa nasib balapannya.

Suhu yang ekstrem ini menjadi salah satu handicap yang harus diatasi para peserta KOH 2010. Selain itu, tentu saja jarak lomba yang makin jauh dari tahun lalu. Sekarang rute yang ditempuh berkisar 135 mil. Diperkirakan peserta minimal akan menghabiskan waktu 6 jam di jok bucket-nya. Tentu saja ini bakal menguras habis tenaga dan konsentrasi, serta daya tahan buggy ketika digeber pol-polan untuk meraih gelar “Sang Raja”.

Kelas yang dipertandingkan dalam KOH adalah unlimited class. Artinya mesin dan berbagai persyaratan lainnya cukup longgar. Seperti pemakaian suspensi, ukuran ban dan sebagainya. Termasuk single seater atau two seater, tak ada batasan sama sekali. “Untuk peserta yang baru ikut, wajib mengikuti last change qualifiying (LCQ). Kalau tidak lolos tak bisa ikut start KOH 2010,” jelas Dave Cole – co-founder KOH. Cukup ketat juga LCQ yang digelar karena banyak yang tak lolos.

Menurut Dave Cole, KOH ini memang memadukan trek desert racing dan rock crawling. Pria bertubuh subur ini memang berlatar belakang dari rock crawling, sementara Jeff Knoll rekannya yang bersama-sama menciptakan format KOH ini memiliki basic desert racing, dan kerap mengikuti berbagai kejuaraan di Amerika. Makanya KOH yang dicetuskan akhir 2004 silam sangat kental nuansa desert racing dan rock crawling.

Persiapan kendaraan, tim, pembalap, strategi, dan kerjasama solid merupakan hal wajib bagi peserta KOH. Tanpa dukungan itu semua, mustahil bisa finish. Dari 100 peserta yang masuk boks finish hanya 43. Wah, gak sampai separuh total peserta!

Para peserta KOH dibekali peta dan juga koordinat GPS yang berfungsi sebagai lintasan resmi. Di beberapa titik disediakan pos kontrol, dimana peserta harus berhenti di lokasi tersebut. Nantinya kendaraan yang dipakai akan ditempeli stiker sebagai tanda telah melewati pos kontrol. Jika pos kontrol dilewati, tentu saja ada penalti yang akan dikenakan.

Mengingat jarak yang cukup jauh, seperti layaknya balap Formula 1 juga disediakan pit stop.
Peserta boleh memanfaatkan pit stop untuk perbaikan, menambah bahan bakar mengganti ban dan sebagainya.

Ini penting karena banyak peserta yang memakai mesin-mesin generasi LS4 berkonfigurasi V8 dengan spek kompetisi, yang konsumsi bahan bakarnya tentu saja lebih boros. Dan tak mungkin memakai tangki terlalu besar karena akan menghambat laju kendaraan di trek padang pasir.

“Di trek desert aku bisa gas pol. Mesinku kencang banget! Biar nanti di trek gunung batu tak perlu ngantri,” bisik Shannon Campbell – juara dunia rock crawling dan beberapa kejuaraan desert racing yang masih penasaran dengan KOH. Tahun lalu, mestinya ia bisa meraih gelar “King”, tapi dia terkena diskualifikasi karena mendapat bantuan dari luar ketika moon buggynya mengalami masalah di trek desert.

Di KOH 2010 ini ia pun kembali mengalami nasib naas. Start dari urutan 74, melewati bagian desert racing Shannon langsung merangsek di urutan 2. Oh ya, peserta KOH dilepas dua-dua dengan interval 30 detik setiap starter. Sayangnya masuk di trek gunung batu, transfercase-nya pecah sehingga harus melakukan perbaikan. Untuk perbaikan memakan waktu 2 jam sendiri. Walaupun masih bisa melanjutkan dan menggeber moon buggynya, tapi Shannon harus puas di urutan 19 dari 43 peserta yang mampu finish.

Yang mengejutkan dan di luar perkiraan para pengamat KOH gelar “The King” diraih oleh Loren Healy. Pria asal Farmington - New Mexico yang melakukan start dari urutan 53 ini mampu mengalahkan Brad Lovell – offroader tangguh asal Colorado Springs yang langganan juara di berbagai kompetisi, dan salah satu kandidat The King of KOH 2010. Brad dan Loren hanya berselisih 28 detik. Loren pun berhak mendapatkan tambahan uang di rekeningnya, paling tidak US$15,000, serta beberapa produk dari sponsor pendukung KOH.

Congratulations!

Two Seats for Indonesia!
Ketika berjumpa dengan JIP dan Widodo Teguh, Dave Cole terlihat sangat surprise. Sebelumnya JIP sempat mengirimkan email jika akan datang melihat langsung KOH. “Finally, you made it man! Welcome to Hammertown!” sambut Dave sambil menjabat tangan kami berdua. Kami berdua termasuk observer yang datang dari lokasi terjauh lho.

Ketika berbincang-bincang, sempat disinggung jika ada tim dari Indonesia yang ingin ikut bertanding di KOH. Ia pun gembira sekali. “I give two seats for Indonesian Racers,” imbuhnya. Memang kebanyakan peserta KOH masih didominasi orang Amerika Serikat. Meskipun tercatat ada peserta dari Australia, Jepang dan Jerman yang ikut dengan buggy bikinan Amrik.

Bagaimana offroader Indonesia? Ada yang tertarik tawaran ini?

Vendor Exhibition
Di tengah padang pasir Johnson Valley, selain kompetisi off-road, juga digelar pameran berbagai aksesori 4x4 di dalam tenda circus yang cukup besar. Utamanya sih diikuti oleh sponsor pendukung KOH. Seperti misalnya Trail Gear, Master Pull, PSC Hydraulic Steering, Rubicon Express, Walker Evans Parts, 4Wheel Parts, King Shocks, F-10 Shocks dan masih banyak lainnya.
Tak hanya di dalam tenda saja, di luar pun ada beberapa vendor yang membuka sendiri counternya dengan memakai trailer sendiri. Termasuk peralatan radio komunikasi dan juga rc crawler Traxxas. Malah di depan trailer Traxxas dibuatkan trek desert racing berskala radio control. Lengkap dengan gundukan batunya. Oh.. ya tak lupa beberapa pedagang makanan dan minuman pun ikut meramaikan gelaran ini.

BBM Alternatif
Jika pembaca JIP ingat, beberapa volume lalu pernah diulas modifikasi Jeep Cherokee milik Gannet P yang memakai bahan bakar gas elpiji. Di KOH pun banyak yang melakukan hal serupa. Omongan Gannet terbukti, bahwa gas elpiji dipakai off-road juga bisa membuat performa mesin maksimal.

Tumpukan tabung gas di beberapa paddock tim pun jadi pemandangan biasa. Yang jelas jip-jip tubular yang memakai gas tetap bisa digeber kencang di trek padang pasir. Waktu pengisian bahan bakar pun jauh lebih praktis dan cepat.

Layak ditiru neh!

Balap UTV
Selain balapan jip-jip tubular, sehari sebelum start KOH dikibarkan digelar balapan khusus UTV. Seperti diketahui saat ini di negeri Paman Sam sedang demam UTV. Banyak produsen aksesori bermunculan. Seiring dengan itu kompetisi khusus UTV pun mulai banyak digelar. Termasuk dalam event KOH 2010 ini, kelas UTV pun dipertandingkan sebagai supporting race. Treknya memang tak sejauh KOH yang diikuti oleh 100 jip tubular. Tapi handicapnya lumayan ekstrem. Karena jarak balapannya cukup panjang, maka sistem pit stop pun diberlakukan.

Top 10 King of The Hammers 2010  
 1. Loren Healy(The King)    08:13:00   14:57:53 
 2. Brad Lovell  08:21.30  14:58:21
 3. Derek West  08:10:00  15:00:03
 4. Rick Mooneyham  08:00:00  15:05:58
 5. Erik Miller    08:03:30  15:16:05
 6. John Reynolds  08:11:00  15:32:00
 7. Buzz Bronsema  08:00:00  15:40:38
 8. Rob McKenney  08:09:30  15:47:21
 9. Matt Messer  08:13:30  16:01:09
 10.Jason Pickett   08:04:00  16:03:29

Rabu, 01 Desember 2010

5 Hal Yang Harus Perempuan Tahu


Zaman sekarang sudah jadi hal umum buat kaum perempuan mengendarai mobil sendiri.

Tanpa perlu menunggu suami atau pasangan untuk mengantar, perempuan tinggal ambil kunci dan meluncurlah dengan kendaraan roda empat itu.

Tapi sayangnya banyak kaum Hawa yang hanya tahu cara menggunakan mobil tanpa tahu perawatannya. Padahal perawatan kecil membantu Anda, kaum perempuan, berkendara dengan lebih aman dan nyaman. Ada lima hal utama yang wajib Anda ketahui;

--Tahu cara mengganti ban
Ban kempes jadi musuh nomor satu dalam keadaan darurat. Bila pengendara laki-laki biasanya langsung menyingsingkan lengan baju dan mengganti ban sendiri, Anda jangan mau kalah.

Karena yang penting kuncinya bukan tenaga, melainkan peralatan yang tepat.

Pastikan ban serep yang ada di bagasi Anda dalam kondisi baik. Sedangkan peralatan pendukung seperti dongkrak biasanya ada di kompartemen kecil yang juga ada di bagasi.

Longgarkan mur ban sebelum Anda mendongkraknya. Putar mur ke kiri untuk melonggarkan, kanan untuk mengencangkan. Agar Anda fasih melakukannya, tak ada salahnya berlatih mengganti ban di waktu senggang. Untuk jaga-jaga bukan?

--Tahu cara membaca warning light di dashboard
Bila ada simbol yang menyala di dashboard Anda, berarti ada sesuatu yang salah. Karena itu pelajari dulu arti simbol-simbol itu seperti Check Engine light,oil light, ABS brake light, dan Airbag light.

Anda harus ingat kalau lampu-lampu ini adalah bentuk komunikasi mobil pada Anda. Dia coba memberi tahu Anda kalau ada masalah di dalamnya.

Sebagai contoh bila oil light menyala, segera cek bagian tersebut. Karena dengan mengetahui cara membaca simbol-simbol ini akan membantu Anda mengatasi masalah sebelum akhirnya menjadi serius.

--Tahu cara memeriksa oli dan radiator
Mobil Anda bisa berjalan mulus bila memiliki oli dan air radiator yang cukup. Kedua cairan ini berperan penting dalam kehidupan mobil Anda karena menjadi nyawa agar semua benda di bawah kap tidak aus atau karatan.

Air radiator bahkan berperan sebagai pendingin mesin agar tidak kelewat panas. Gunakan dip stick (semacam batangan tipis yang terbuat dari besi) untuk memeriksa oli.

Bila oli yang berbekas di dip stick berada di level bawah, maka sudah saatnya Anda mengganti oli. Atau mau cara mudahnya? Gunakan kemampuan Anda membaca simbol di dash board. Kalau ada simbol kuning berbentuk tetesan oli, itu artinya oli Anda bermasalah.

Sedangkan untuk radioator, wajib Anda periksa sebulan sekali. Tapi dalam cuaca yang cukup panas, ganti jadwal itu jadi sebulan dua kali.

--Tahu cara jumping Aki
Sering lihat aksi kaum Adam yang berbagi power aki? Hal ini terjadi bila salah satu mobil tak mau menyala saat di start. Dan jangan salah, sesekali Anda pasti juga akan terjebak dengan situasi ini.

Maka itu persiapkan diri Anda dengan ilmu dan peralatan yang tepat. Siapkan kabel positif-negatif yang merespon kutub-kutub di aki Anda.
Lepas penutup akinya dan Anda akan lihat jenis kutubnya (-) dan (+).

Saat mobil Anda (dan rekan yang membantu) dalam keadaan mati, jepit kutub-kutub itu dengan kabel tersebut. Biarkan rekan Anda dulu yang menyalakan mobilnya, tunggu beberapa saat dan barulah Anda mulai menstarter.

Kalau mobil Anda sudah menyala, silahkan lepas kabel tersebut dan biarkan mesin menyala selama kurang lebih 30 menit.

--Tahu cara mengganti Wiper
Wiper jadi penyelamat Anda saat berkendara di derasnya musim penghujan seperti ini. Penggunaan terlalu lama sebuah wiper bisa merusak kaca mobil dan yang paling menakutkan, tak berfungsi saat hujan deras.

Baca lagi buku manual mobil Anda. Di sana akan ada ukuran dan jenis wiper yang digunakan. Bukan hanya jenis, buku manual itu biasanya juga menyimpan langkah-langkah pergantian wiper. Langkah itu termasuk mudah dan mudah Anda ikuti.

Siap berkendara?

Tips Mudah Perawatan Mobil


Lima persen penyebab kerusakan mobil karen



Tahukah Anda bahwa menurut penelitian, lima persen penyebab kerusakan mobil karena kurangnya perawatan?

Memang terdengar kecil dan tak banyak berpengaruh. Namun bayangkan Anda terjebak di suasana genting, tapi kendaraan ngadat hanya karena kehabisan oli. Konyol bukan?

Untuk mencegah hal tersebut maka Aada baiknya Anda mengikuti tips berikut;


1. Periksa semua bagian yang membutuhkan cairan. Termasuk rem, power steering, percepatan, windshield. Bagian-bagian ini merupakan tipe 'kecil tapi penting'. Apa jadinya Anda kalau rem tidak berfungsi ketika melaju kencang?

2.Cek tekanan ban. Ban yang kurang tekanan ternyata bisa mengurangi efisensi bensin. Dan demi mencegah hal itu, lakukan saja pencegahan yang anti mahal ini paling tidak sebulan sekali.

3.Rawat mesin terutama di bagian busi. Pasalnya bila bagian ini kotor atau rusak, bahan bakar akan berkurang efisiensinya sebesar 30 persen.

4.Minyaki chasis secara teratur. Langkah ini selain mencegah kerusakan juga memperpanjang sistem suspensi kendaraan.

5.Periksa accu untuk mencegah korosi. Jangan lupa bersihkan pula bagian ini bila diperlukan. Satu hal lagi, isi kembali air accu bila sudah banyak berkurang.

6.Periksa sabuk mesin secara berkala. Lihat kalau ada bagian yang pecah atau pun hilang.

7.Filtrasi air juga jangan dilupakan. Saringan ini harus Anda periksa kira-kira setiap kali ada pergantian minyak di bagian lain. Pasalnya, inilah bagian yang memastikan sebuah kendaraan dalam kondisi terbaiknya.

8.Satu lagi, buku manual yang Anda miliki itu ada gunanya. Baca dan pastikan kapan kendaraan Anda harus mengalami servis dan perawatan lainnya.

Selamat mencoba!

Berkendara Aman dari Tangan Jahil

Situasi beberapa kota besar yang semakin tidak aman membuat para pengemudi harus ekstra hati-hati. Tidak jarang terjadi aksi penodongan atau perampasan terhadap para pengendara yang lengah. Hebatnya, penodongan ini kerap dilakukan di tempat-tempat ramai.

Karena itu, ada baiknya Anda yang sering berkendara agar memperhatikan tips berkendara aman ala Toyota berikut:

1. Sebelum meninggalkan mobil di tempat parkir, pastikan pintu mobil terkunci semua dan jendela tertutup rapat. Jangan lupa, meski telah dikunci, periksa lagi kendaraan Anda.

2. Jangan pernah membuka kaca mobil, kecuali laju kendaraan Anda cukup kencang. Sebab kaca mobil yang terbuka kerap mendorong orang yang berniat jahat untuk melakukan penodongan.

3. Jangan meninggalkan barang berharga dalam mobil saat keluar, ataupun menaruh barang tersebut di tempat-tempat yang bisa terlihat dari luar mobil. Harus diperhatikan, terutama untuk kalangan ibu-ibu, yang kerap menaruh telepon genggang atau tas berisi uang di atas jok ataupun di dashboard. Kondisi ini termasuk penggunaan HP saat berkendara, terutama saat mobil berhenti di lampu merah. Selain dapat membahayakan pengendara lainnya, HP adalah barang yang paling menarik bagi penodong.

4. Jangan lupa untuk membawa alat-alat pengaman yang bisa digunakan dalam keadaan darurat. Benda-benda seperti kunci roda, tang, kunci inggris, tongkat baseball, dapat berguna untuk membela diri jika ada penodong.

5. Saat berhenti di lampu merah yang rawan, usahakan menjaga jarak dengan kendaraan depan. Dengan demikian, saat dikepung penjahat, Anda tinggal tancap gas dan meninggalkan tempat tersebut.

6. Bila dikuntit orang, jangan berhenti di tempat sepi, karena bisa membahayakan keselamatan Anda. Berhentilah di tempat keramaian atau di dekat pos/kantor polisi.

5 Komponen Mesin yang Sering Bermasalah

Walaupun anda tidak akan membenahinya sendiri tetapi anda wajib tahu.



Bila mesin anda terasa bergetar secara tidak normal ada kemungkinan disebabkan karena satu atau lebih komponen mesin yang bermasalah. Walaupun anda tidak akan membenahinya sendiri tetapi anda wajib tahu beberapa komponen mesin yang paling sering bermasalah sehingga tidak mudah dibodohi oleh "bengkel nakal" dan membuat biaya perbaikan membengkak.

Berikut adalah contekan dari SitusOtomotif.Com tentang komponen mesin yang kerap menjadi penyebab mesin mobil bergetar tidak normal: distributor, koil, busi, sistem injeksi atau karburator (salah satu), dan setelan idle katup karburator.

Pendeteksian komponen rusak harus diawali dengan pengetahuan akan fungsi komponen tersebut. Berikut fungsi masing-masing komponen dan indikasi kerusakannya:

1. Distributor
Komponen ini berfungsi menyuplai tenaga hasil pengapian ke semua komponen penggerak di rangkaian mesin. Bila pendisribusian tenaga terganggu otomatis mesin bekerja dengan tidak baik.

2. Koil
Koil berfungsi untuk membangkitkan energi listrik. Sehingga bila rusak, maka proses pengapian juga tidak akan terjadi. Hal serupa juga terjadi pada busi, yang berfungsi untuk memantik proses pengapian.

3. Busi
Busi yang aus akan terlihat dari bentuk kepalanya yang sudah rusak atau bisa juga renggang. Bila anda menemukan salah satu busi bermasalah anda wajib mengganti satu set (seluruh busi mesin anda) karena biasanya kondisi busi lainnya tidak jauh berbeda.

4. Sistem injeksi (Khusus mobil bersistem injeksi, bukan karburator) Sistem injeksi ini adalah sistem distribusi bahan bakar yang mengalirkan bahan bakar kedalam silinder mesin.

Sebenarnya komponen ini jarang rusak namun sering kali menimbulkan gejala bila kotor/tersumbat. Indikasi injector (sistem injeksi) tersumbat yaitu mesin akan bergetar kasar yang tiba-tiba muncul dan segera hilang kala gas diinjak dalam-dalam dan putaran mesin tinggi.

Coba lakukan langkah berikut:
- Nyalakan mesin dan masukan gigi pada posisi netral
- Injak pedal gas dalam-dalam secara tiba-tiba (seperti mau ngebut)- Bila mesin terasa terbatuk; bahasa sehari-harinya "nge-brebet" kemungkinan besar injector anda kotor.

Solusinya adalah dengan melakukan Injector Cleaning. Ada beberapa metode diantaranya Ulrasonic dan Interject Service. Injector Cleaning sebaiknya dilakukan setiap 40.000 km untuk menjaga sistem ini selalu prima.

Sebagai catatan, bensin Premium lebih kotor dibandingkan Pertamax dan Pertamax+ sehingga otomatis mobil yang menggunakan bensin Premium Injectornya cenderung lebih cepat kotor.

5. Karburator
Secara fungsi sama dengan injektor yaitu memasok bensin ke silinder namun karburator bekerja secara mekanis manual sedangkan injektor yang sudah elektronik.

Setelan katup Karburator
Ini bukan komponen, hanya settingan saja. Bila setelan idle katup terlalu tinggi katup karburator tak menutup sempurna, dan menyebabkan supply bahan bakar ke silinder terlalu banyak (membanjir).
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...