Laman

Recent Posts

Jumat, 25 Maret 2011

Daihatsu Rocky F75 1991

Rocky Berjuluk Rockbicon


JIP - Suatu karya modifikasi dinilai berhasil apabila mendapat pujian dan lebih jauh lagi karya tersebut lantas kemudian diikuti. Secara gamblang dan terang-terangan, Sugeng Cahyono mengaku takjub dengan sebuah modifikasi Daihatsu Rocky berwarna putih yang beberapa waktu silam sempat nampang di majalah Jip.

“Menurut hemat saya, modifikasi yang dilakukan pada Rocky putih tersebut sangat inspiratif,” akunya. “Saya pun memutuskan secara garis besarnya untuk mengikuti konsep modifikasi tersebut. Maka Sugeng pun lantas merombak Rocky miliknya dan membawanya pada Hasstex yang tak lain adalah kreator Rocky berkelir putih.

Walau berakar pada sebuah kendaraan dan konsep modifikasi yang sama, namun bukan berarti lantas mengambil mentah-mentah hasil yang sudah ada. “Kalo menghambil mentah-mentah jadi kurang menantang dong..,” kekeh ayah satu putra yang menggeluti bisnis kuliner ini. “Karenanya di beberapa bagian detailnya mengalami rombakan dan secara konsep,” sahut Ahmad Sugandi juragan Hasstex selaku eksekutor modifikasi jip ini. “Kali ini kita lebih terang-terangan mendekat pada sosok sebuah JK Wrangler Rubicon,” sambung pria yang akrab disapa H Gandhi ini.

Citrus green yang merupakan salah satu warna kebangsaan Wrangler dari era TJ dan tetap menjadi pilihan jajaran warna pada era JK pun dipilih menjadi kelir yang melekat pada Rocky lansiran tahun 1991 ini.

“Kesan sebuah JK pun jadi terasa lebih kental pada sosok Rocky,” papar Sugeng lebih lanjut. “Saya anggap karya modifikasi ini sebagai sebuah Rocky yang digubah ulang dengan mengandalkan sentuhan sebuah Jeep Rubicon,” kekehnya sambil menutup pembicaraan.

Sebuah Rocky dengan sentuhan Rubicon, boleh dong kalo kami lantas menjulukinya sebagai sebuah Rockbicon….

Mesin
Mesin berkode DL62 turbo diesel yang lebih bertenaga comotan dari Daihatsu Rugger diletakkkan dalam engine bay dan menggantikan mesin lamanya yang dirasa kurang bertenaga. Dikarenakan masih mengambil dari basis mesin yang sama, maka tidak ada permasalahan sama sekali dalam pemasangannya.

Gardan dan kaki-kaki
Suspensi per daun tetap diandalkan untuk menjinakkan bantingan jip ini dan sepasang gardan milik Rugger yang didapatkan bersamaan dengan mesin pun disematkan menggantikan posisi gardan asli Rocky ini.

Bumper
Bumper custom dari bahan plat dipercayakan menggantikan bumper bawaan pabrik. Tak ketinggalan, sebuah winch ditempatkan di antara tubuh bumper yang terbuat dari bahan plat 3 mm tersebut.
Overfender
Overfender bergaya Bushwacker dari bahan fiber disisipkan pada tiap sisi rongga ban. Khusus pada bagian depan, penempatan lampu sein diinspirasi dari Jeep JK Wrangler. Uniknya bahan lampunya diambil dari lampu sein depan Suzuki Caribian. Untuk memperkuat kesan moderen, side moulding ala Honda CRV pun dapat ditemui pada sisi kiri dan kanan jip ini.

Ban dan pelek
Kendati lebih difokuskan pada penggunaan onroad, namun ban Kumho Road Venture MT ditetapkan sebagai pilihan. Menurut Sugeng, pemasangan ban ini mampu menambah penampilan jip ini dan masih lumayan beradab saat dipakai sehari-hari di jalanan.

Hardtop
Hardtop bawaan Rocky didisain ulang, rancangan atap JK Wrangler pun diambil sebagai acuannya. Atap bertingkat ala sebuah Rocky pun hilang berganti atap rata seperti yang dipergunakan pada sebuah JK. Kesan JK kian kental dengan dipotongnya pintu belakang Rocky dan hanya disisakan bagian bawahnya saja. Sedangkan bagian atasnya berupa kaca flip yang dirancang ulang yang juga dirancang dengan pedoman disain dari jip yang sama.

Interior
Wajah interior nampaknya tidak banya disentuh. Peranti-peranti asli Rocky masih nampak mendominasi di bagian kabin.


Pernik
Pengaruh Jeep nampak jelas terasa dengan dipasangkannya spion maupun antena TJ Wrangler. Atmosfir jip asal benua Amerika ini makin ditonjolkan pada jip Jepang ini. Tutup bensin TJ dan lampu belakang ala JK yang dicustom dari Daihatsu Taruna ini semakin mengentalkan sentuhan jip lansiran Chrysler tersebut.

Data Spesifikasi
Mesin DL62 4 silinder turbo diesel 2,8 liter
Transmisi Manual 5 speed OEM Daihatsu Rugger
Tranfercase 2 speed part-time OEM Daihatsu Rugger
Gardan
Daihatsu Rugger
Pelek Aftermarket Alloy
Ban Kumho road venture 33x12.50R15
Overfender Custom by Hasstex
Side moulding Custom by Hasstex
Kaca spion TJ Wrangler
Handle pintu
Jeep XJ Cherokee
Lampu belakang Daihatsu Taruna customized by Hasstex
Hardtop Customized by Hasstex
Winch Warn XD9000i
Bengkel
Hasstex
Jl. Ganda Soja No 2
Majalaya, Bandung
Telp: (022) 702.740.00
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...