Laman

Selasa, 26 April 2011

Daily Tips: Musim Hujan, Perhatikan Kondisi Mobil

hujan

Musim hujan telah tiba. Jalan tergenang, basah dan licin akan makin sering ditemui. Lantas sudahkan mobil anda siap "tempur". Mumpung ada waktu sebaiknya periksa kendaraan agar bisa "ready" di kala hujan.

Apa yang harus diperhatikan pada mobil anda :

1. Periksalah keempat ban, apakah masih layak atau tidak.
Alur ban harus baik, hal ini untuk mencegah terjadinya gejala “aquaplanning” (hilangnya traksi ban ke aspal). selain itu periksa pula tingkat keausan ban, tingkat keausan ban yang tinggi akan sangat berbahaya. Hal ini bisa berakibat kendaraan kehilangan traksi dan dapat mengakibatkan hal yang tidak diinginkan. Cek tekanan angin ban, atur sesuai petunjuk pabrikan. Selajutnya pilih ban yang sesuai dengan kondisi jalan, untuk musim hujan gunakan ban dengan spesifikasi All Terrain (AT).

alur-ban

2. Mesin Kendaraan memerlukan pasokan listrik agar dapat beroperasi, maka perhatikan sistem kelistrikan pada mobil.
Hindari dari air hujan, pasalnya air bisa menyebabkan konsleting, hal ini amat berbahaya. Adapun bagian penopang sistem kelistrikan yang perlu diperhatikan : ECU, CDI, Alternator, Koil, Kabel Busi dan Busi, Accu/battery, Distributor, Air Filter (filter udara) bisa bikin air masuk ke dalam mesin, Karburator, Injektor, Platina.

3. Periksa kondisi karet pintu, "si hitam" jangan sampai getas, lupa sedikit bisa mengakibatkan air hujan masuk ke kabin.

karet-pintu

4. Cek pula kondisi motor wiper, karet wiper dan kaca depan kendaraan.
5. Perhatikan sistem pendingin (AC), apakah sudah sempurna. Bila AC mati akan berakibat terjadinya kabut/embun pada kaca, di kala hujan.
6. Periksa kelayakan lampu kabut (fog light).