Laman

Senin, 07 Maret 2011

Jika Honda Stream Ngadat Distater, Cek Sistem Alarm!

Sistem Alarm Honda Stream 1.7 A/T

Jika Honda Stream Ngadat Distater, Cek Sistem Alarm!


Jakarta - Olie sempat dibikin kesal lantaran mesin Honda Stream 1.7 miliknya mendadak mati total. "Kejadian ini pernah beberapa kali terjadi, biasanya setelah sistem alarm mengunci sendiri, dan anak kunci masih nyantol di rumah kunci," ungkap Olie.

Menurut Olie, gejala mesin mobilnya mendadak enggak mau distart, diawali dengan sistem door lock yang mengunci secara otomatis, sesaat setelah mesin dimatikan dan anak kunci tak langsung dicabut dari rumahnya (Gbr.1). "Alarm memang bukan bawaan mobil," tambah pembesut Stream 2004 ini.

Memastikan apakah alarm non-standar yang dipakai pada Stream 1.700 cc ini bermasalah atau tidak, perlu dilakukan pengecekan seputar instalasi sistem pengamanan mobil ini.

Pasalnya menurut Budiman, mekanik dari Honda Pondok Indah, alarm non standar biasanya sudah dibekali fitur antistarter disamping opsi buat mengunci semua pintu secara otomatis (central lock).

Pengecekan awal dengan memeriksa kinerja pada sistem motor starternya. "Kemungkinan penyebab mesin tidak bisa dihidupkan bisa dari transmisi range switch pada girboks sudah kotor, atau bisa jadi komponen switch starternya sudah lemah," urai Budiman menjelaskan.

Tapi yang jadi pertanyaan, dalam kondisi mesin sulit dihidupkan, LED penanda alarm sedang aktif terus berkedip (Gbr.2). Padahal semestinya, sebelum semua pintu dikunci secara otomatis pakai remote alarm, indikator ini tak berkedip yang menandakan kalau sistem pengamanan belum diaktifkan.
"Kalau LED terus berkedip padahal belum dikunci pakai remote, kemungkinan besar fitur antistarter yang error. Sebab mesin tidak bisa dihidupkan, meskipun pintu sudah dalam kondisi lock (mengunci). Artinya terdapat gejala awal ketidaksinkronan, antara sistem pengunci pintu dengan fitur antistarternya," papar Budiman.

Fitur antistarter memang ditujukan buat mempersulit para spesialis pencuri mobil, setelah berhasil membobol pintu. Namun jika kondisinya malah menyulitkan pemiliknya, dikhawatirkan justru bisa memicu masalah lain. Seperti mesin mati total dan tidak bisa dihidupkan sama sekali, lantaran suplai arus listrik dari kunci kontak terputus secara permanen.

Menurut Kasman, general manager R&D PT Sumber Mas Autorindo, ATPM alarm Master, jika pemasangannya tidak benar (Gbr.3) disarankan tak mengaktifkan atau memasang fitur ini (antistarter). "Jika kunci tiba-tiba ngelock dan starter terasa blong, passive arming mesti dimatikan," tandas Kasman.

Pada beberapa tipe alarm yang dijual di pasaran umum, passive arming bisa dimatikan secara manual.