Laman

Recent Posts

Minggu, 20 Maret 2011

Kurang Puas dengan Toyota Rush Standar? Nih Panduan Upgradenya!

Upgrade Toyota Rush

Kurang Puas dengan Toyota Rush Standar? Nih Panduan Upgradenya!


JAKARTA -
Punya Toyota Rush, tapi kurang puas dengan tampilan dan performa standarnya? Bisa menilik rekomendasi dibawah ini, dijamin, dijalan raya tidak akan banyak disamai dengan versi standarnya.

Kaki-kaki

Toyota Rush mempunyai velg standar berukuran 16x6,5 inci dengan offset 48 mm. Bannya menggunakan Bridgestone Dueler H/T berukuran 235/60R16.

Jika ingin ganti dengan velg 18 inci, bisa pakai yang berukuran 18x8 inci dengan offset 45 mm. Karena hanya naik 2 inci dari ukuran standar, maka kenyamanan tidak berkurang banyak.

Ban pun masih bisa pakai profil tebal, yaitu 235/50R18. Sebenarnya Toyota Rush bisa saja dipakaikan velg hingga ukuran 20 inci, namun dipastikan kenyamanan berkurang jauh karena profil ban semakin tipis, yaitu 245/35R20. Efek sampingnya, bantingan semakin keras.


Mesin

Ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk meningkatkan tenaga mesin 1.500 cc ini. Tapi jika Anda hendak meng-upgrade sedikit performanya bisa aplikasi filter udara aftermarket jenis replacement.

Tipe saringan udara ini tidak perlu mencopot boks filter layaknya jenis open air filter. Jika kurang puas, bisa dilanjutkan dengan mengganti header. “Tenaga bisa naik sekitar 3-5 HP,” ucap Pramanandana dari Wisesa Motorsport, Haji Nawi, Jakarta Selatan.

Untuk harga filter udara replacement universal, harganya berkisar Rp 500-600 ribu. Sedangkan untuk penggantian header, paling murah dikenakan biaya Rp 800 ribu.


Interior

Untuk interior, Ryan dari gerai interior Masterpiece, Tanjung Duren, Jakarta Barat, mengungkapkan, “Sebaiknya warna jok disesuaikan dengan keseluruhan interior.” Hal ini disebabkan rata-rata pemilik Rush sudah berkeluarga, jadi lebih mengutamakan kepraktisan. “ ujar Ryan.

Selain itu, tambahnya, bahan semi kulit lebih mudah dibersihkan dibanding fabric. Untuk biaya pengerjaan jok dan doortrim, dikenakan biaya sekitar Rp 2,4 juta dengan masa pengerjaan 2-3 hari.

Agar lebih menarik, Anda bisa memainkan detail seperti warna jahitan berwarna kontras, atau membuat pola kerut di tengah jok agar berkesan mewah.


Sistem Audio

Jika Anda ingin meningkatkan kualitas suara dari sistem audio Toyota Rush, “Ubahan paling sederhana bisa dimulai dengan mengganti speaker depan menggunakan speaker split,” buka Eddie Susanto dari Cartens Audio, Fatmawati, Jakarta Selatan.

Speaker split adalah speaker yang terdiri dari dua komponen, yaitu mid-bass untuk mengeluarkan suara bass dan tweeter untuk treble.

“Untuk Rush, bisa pakai speaker dengan mid-bass berukuran 6 inci di depan, dan belakang bisa pakai speaker coaxial 6 inci juga,” lanjut Eddie lagi.

Ia juga menyarankan untuk menambah peredam agar sisi akustiknya semakin bagus. “Pasang di keempat pintunya, kurang lebih 2-3 lembar sudah cukup,” tambah pria berambut panjang ini.

Untuk harga, Eddie menyediakan paket speaker split Crescendo Opus dengan peredam seharga Rp 1,6 juta. “Jika ingin tambah speaker coaxial di belakang, menjadi Rp1 ,8 juta,” tutupnya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...