Laman

Minggu, 20 Maret 2011

Mau Irit BBM? Nih, Ada Tips Dari GM

General Motors

Mau Irit BBM? Nih, Ada Tips Dari GM


Detroit – Tak hanya ahli transportasi yang berkoar-koar mengenai solusi antisipasi mahalnya harga minyak dunia belakangan ini. Produsen mobil General Motors juga turut menawarkan tips ringan yang dikeluarkan baru-baru ini di Amerika.

Meski saran yang dikembangkan bersama lembaga Environmental Protection Agency ini dikeluarkan di negeri paman Sam. Tips ini bisa juga lho kita terapkan setiap hari untuk menambah hemat konsumsi BBM mobil kita. Nah, apa saja tips nya? Yuk, lanjut.

Pertama, rawat mesin secara teratur, terutama bersihkan oksigen sensor dan filter udara. Dijamin, anda akan menghemat konsumsi BBM hingga 4 persen. Lalu, cek tekanan angin ban, sesuaikan dengan tekanan standar. Dan hasilnya, jarak tempuh anda akan 3,3 persen lebih jauh di tiap liter BBM.

Selanjutnya, jangan bawa barang berlebihan. Karena dengan menambah bobot bawaan sebanyak 45,3 kg, sama saja menambah konsumsi BBM sebanyak 2 persen. Hindari juga pemanasan mesin yang lama. Sebab jika anda menyalakan mesin secara stasioner selama 15 menit, maka 100 ml bensin telah anda sia-siakan.

Berkendaralah dibawah kecepatan 85 km/jam, disamping faktor keamanan, hal ini juga dapat menghemat konsumsi BBM. Tak hanya itu, akselerasi dan deselerasi yang mendadak juga wajib dihindari, karena dapat menambah boros sekitar 33 persen saat di jalan tol, dan 5 persen di jalanan kota.

Kemudian, jangan memaksa mesin di rpm tinggi. Dan saat cuaca dan kondisi mendukung, jangan segan untuk mematikan AC, karena bisa menghemat BBM sampai 10 persen. Jangan lupa juga untuk memakai oli sesuai rekomendasi, hal ini bisa mengurangi pemborosan hingga 1-2 persen.

Terakhir, coba untuk hindari jalanan padat. Karena kemacetan tentu akan menambah konsumsi BBM mobil anda.