Laman

Minggu, 20 Maret 2011

Membaca Brosur Head Unit: Mesti Paham Luar Dalam (Bag.1)

Tips Head Unit Mobil

Membaca Brosur Head Unit: Mesti Paham Luar Dalam (Bag.1)


JAKARTA
- Sebelum membeli barang kebutuhan sekunder buat mobil, seperti perangkat audio macam head unit, idelanya selalu membandingkan harga dengan fitur yang tersedia.

Pasalnya pemilik mobil yang masih awam seputar car audio, tidak jarang merasa terperdaya dengan iming-iming diskon gede-gedean. Padahal fitur dan kualitas suara yang dihasilkan head unit tersebut tidak seperti harapan semula.

Fitur
Memang jika belum paham betul soal head unit atau DVD monitor, bakal kesulitan mencermati apakah produk tersebut berkualitas atau tidak. Sebab info teknis pada kemasan kerap tak digubris, sementara mata hanya terfokus pada casing komponen yang terlihat ciamik.


Periksa beberapa konektor penting di belakang bodi head unit seperti slot USB
Beberapa instalatur car audio menyarankan kepada para konsumen yang masih awam, untuk selalu bertanya dan bersikap kritis sebelum menebus barang yang dimaksud.

"Enggak ada salahnya bertanya mendetail, saya juga pasti mau menerangkan ke mereka secara teknis," kata Andrie Wijaya, bos gerai Bassindo di komplek SPBU 34 ruko no.1, Kelapa Gading Boulevard barat Blok BZ, Jakut.

Menurut Andrie, terdapat beberapa info teknis yang mesti diperhatikan konsumen sebelum memutuskan membeli head unit incaran. "Hal pertama yang mesti dilihat seperti fitur yang tersedia pada head unit tersebut," tambah instalatur murah senyum ini.

Senada dengan Andrie, Johny A. Candra dari Mega Audio di Green Garden, Jakbar, juga menegaskan bahwa fitur terkini mesti lebih dicermati. "Supaya bisa memainkan semua perangkat eksternal di luar head unit," tambah Johny.


Info pada kemasannya hanya menampilkan fitur unggulan dari produk di dalamnya
Johny mengatakan kalau beberapa fitur seperti CD/DVD/MP3, tuner TV, Bluetooth, USB serta iPod menjadi menu utama yang mesti dicermati saat ini.

"Semua keterangan fitur ini ada di dus kemasannya, baru kemudian memperhatikan model yang mau dipilih, single atau double DIN," jelas pria berkacamata ini.

Setelah paham seputar fitur yang tersedia pada head unit, jangan lantas puas dulu. Sebaiknya cermati dulu spesifikasi teknis produk tersebut.

Pertama pastikan jumlah RCA output-nya, kemudian watt-nya terakhir cermati apakah head unit yang dimaksud sudah mengaplikasi teknologi mosfet atau belum.

Watt

Soal daya yang dibutuhkan head unit, mudah terlihat dari kemasan produk. Untuk versi single DIN dengan merek tidak terlalu terkenal, umumnya tertera angka 50 watt. Namun ada juga yang sudah dibekali daya di atas rata-rata, biasanya produk high-end.


Panel LCD digital bisa terlihat ari gambarnya yang lebih tajam dan jelas
Kualitas Suara

Kelar urusan mencermati brosur dan spesifikasi teknis yang tertera pada kemasan, jangan lupa menjajal langsung performa suara dari head unit. Sebab kemampuan asli yang dikeluarkan komponen, juga dipengaruhi dari kondisi lingkungan.

Seperti komponen yang kerap terkena panas dan penyimpanannya kurang baik. Sebaiknya langsung mencoba head unit yang akan dibeli, sebab produk display belum tentu setara kualitasnya dengan barang yang sudah lama tersimpan di gudang.

Kemudian lihat brosur lagi, untuk mengetahui berapa jumlah band pada equalizer-nya. Head unit dengan kualitas cukup baik, biasanya sudah dibekali 3 band (high, mid dan low). High untuk mengatur trebel, mid buat setting vokal dan low dipakai untuk menyetel level bass yang diinginkan.