Laman

Recent Posts

Jumat, 25 Maret 2011

Ngoprek JIP

Kuras Radiator Sendiri? Weh, Ternyata Gampang!


Gbr 1

Gbr 2

JIP - Perjalanan bersama mobil kesayangan semestinya menyenangkan. Tetapi kalau mobil ngadat, tentunya bikin pusing kepala. Seperti ketika tunggangan menunjukkan kalau mesinnya mirip kepala minta dikompres alias overheat, dengan menunjukkan temperatur mesin cukup tinggi (gbr.1).

Wah, wah, tentunya kondisi ini bisa bikin panik, bukan? Tenang saja, kalau bertemu keadaan seperti ini, segera menepi dan matikan mesin. Tunggu saja beberapa saat, hingga diperkirakan suhu mesin sudah menurun. Kemudian, buka tutup radiator.

Namun hati-hati, kemungki­nan ada semburan uap panas keluar dari mulut radiator ini. Gunakan lap untuk menahan panas dari tutup, juga mencegah terkena cipratan air panas dari radiator (gbr.2).

Setelah agak dingin, kemudian tuangkan air melalui mulut radiator hingga penuh, tak lupa isi juga air di tangki reservoirnya. Setelah itu, bisa kendarai tunggangan kembali. Tetapi, kalau gejala kegerahan ini menimpa kembali, tentunya perlu ada penanganan lebih lanjut.


Gbr 3

Gbr 4

Kemungkinan besar radiator kotor, sehingga saluran air di dalamnya tersumbat kerak-kerak yang sudah lama mengendap dalam sistem pendingin mesin tersebut.

Caranya? Sama dengan yang dilakukan di tadi, hanya perlu dilakukan langkah-langkah tambahan, guna mengusir kerak pengganggu.

Tentunya dengan menguras radiatornya. Wah, sulit? Memang, jika menguras radiator sebaiknya dilakukan oleh bengkel yang khusus menangani radiator kotor. Tetapi jika keadaan mendesak, bisa saja dilakukan pengurasan dengan sederhana alias untuk sementara.


Gbr 5
Setelah mesin dingin dan tutup radiator sudah dibuka, lepaskan klem pengikat slang dari mesin menuju radiator alias slang balik. Gunakan tang untuk melepas klem pengikat slang. Ada juga klem yang menggunakan kunci 8 mm atau obeng minus (-), longgarkan klemnya (gbr.3).

Lalu tarik slang dari radiator (gbr.4) hingga terlepas dari mulut lubang, kemudian alirkan air ke dalam radiator melalui slang, hidupkan mesin dan biarkan air mengalir.

Lakukan terus hingga air yang berputar dari radiator, ke dalam mesin dan keluar kembali melalui slang menuju radiator yang sudah dilepas tadi, sampai bening kembali (gbr.5).

Sudah jernih? Matikan mesin dan pasang kembali slang dan isi kembali radiator secukupnya, isi juga air pada tabung reservoir. Kuras radiator? Just do it your self!.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...