Laman

Jumat, 25 Maret 2011

Ngoprek JIP

Pasang Pengatur Sling Winch


Jip - Stop… Stop…! Sling winchnya kusut nih!” Begitu teriakan yang kerap terdengar ketika melakukan recovery dengan winch, tetapi slingnya tak tergulung rapi. Kalau sudah kusut, jelas repot untuk mengurainya. “Kalau makin ditarik, sling besi makin susah dilepaskan,” komentar Agus Darmawan, offroader asal Kalimantan Tengah.

Apalagi sekarang banyak offroader yang sudah memodifikasi winch Warn 8274 dengan memakai motor winch tipe XP dan merangkai ulang solenoid winch jadi jumlah yang lebih banyak. Biasanya untuk mengulur 2 solenoid, sedangkan waktu menggulung jadi 4 solenoid. Tentunya ini makin bikin sling makin mudah kusut.

“Kalau winch sudah dimodifikasi, cara pengoperasiannya mesti melakukan penyesuaian. Jangan menekan tombol untuk mengulur terlalu lama, sebab sling bisa terurai dengan cepat dan jadi kusut,” imbuh M. Harjanto, offroader asal Purworejo Jateng yang kini mulai sering merancang event off-road.

Agar terhindar dari risiko kekusutan ada trik jitu yaitu, “ Pasang saja alat pengatur sling winch. Caranya pasangnya mudah kok,” saran Jumadi punggawa bengkel Teknik Auto Sport di bilangan Daan Mogot, Jakarta Barat. Dengan peranti ini, posisi sling winch tak akan mudah kusut. Pegas yang menekan roller terus menjaga sling bergeser rapi. Baik ketika diulur maupun digulung.
Tak butuh waktu lama untuk memasang peranti pengatur sling winch ini. Tak lebih dari 15 menit, peranti sudah siap pakai. Berikut cara pemasangannya pada winch Gladiator. Untuk merek lain, yang membedakan mungkin pada alat yang digunakan. Namun untuk pemasangannya garis besarnya kurang lebih sama.

Alat yang dibutuhkan:
1. Obeng + dan –
2. Kunci ring/pas 10 mm

Langkah pengerjaan:
1. Buka baut pengunci besi pengaman sling winch bagian depandengan kunci 10 mm dan obeng +
2. Setelah kedua baut terlepas, copot besi pengaman sling winch

3. Ambil peranti pengatur sling winch. Kaitkan besi pengaman winch pada kawat pegas yang ada di peranti pengatur winch. Sebaiknya dilakukan dua orang agar mudah pemasangannya

4. Kaitkan peranti pengatur winch pada besi pengaman winch bagian belakang

5. Pasang kembali besi pengaman winch depan yang sudah menyatu dengan peranti pengatur sling winch. Pasang kembali baut pengunci besi pengaman winch. Jangan terlalu kencang dulu.

6. Tekan peranti pengaman sling sampai rollernya menyentuh gulungan sling.

7. Kencangkan kedua baut besi pengaman winch. Pastikan jangan sampai goyang.