Laman

Jumat, 25 Maret 2011

Ngoprek JIP

Rawat Karet-Karet Panel, Biar Makin Awet


JIP - Setiap kendaraan pasti memiliki karet sebagai salah satu komponennya. Mulai dari karet kaca, pintu, sil dan sebagainya. Sayangnya seringkali bagian ini malah kerap luput dari perawatan. Perubahan suhu panas dan dingin ikut menambah pendeknya umur komponen karet. Jika tidak terawat, bisa menjadi keras yang kemudian bisa mudah sekali terkikis, bahkan lama-lama bisa jadi hancur.

Karet tak terawat juga sering menimbulkan ketidaknyamanan. Selain bikin bunyi-bunyian aneh, juga biang kebocoran baik asap dari luar maupun air. Ternyata tak hanya cuaca dan suhu saja yang bikin umur karet berkurang tapi, “Sering terkena air sabun juga kurang bagus untuk karet,” komentar Peter Dionisius, Product and Promotion Manager PT Autochem Industry.

Makanya agar umur karet bisa lebih lama dan fungsinya bisa maksimal tak ada salahnya untuk melakukan perawatan rutin minimal satu bulan sekali. Cara perawatannya juga mudah kok dan bisa dilakukan sendiri. Peralatan yang dibutuhkan pun sederhana dan tak neko-neko.

Silakan simak foto-foto di bawah ini:
Alat dan Bahan:

1. Sikat gigi bekas

2. Lap kering

3. Air bersih

4. Holts – Rubber and Nylon Lubricant (bisa dibeli di Ace Hardware atau toko oli)

Urutan Pengerjaan
1. Parkir jip di tempah teduh lalu bersihkan karet yang akan dirawat dengan memakai sikat gigi bekas dan air bersih. Jangan gunakan air sabun karena justru bikin Holts tak akan bekerja maksimal

2. Usap dengan lap kering agar air dan kotoran yang melekat di karet bisa terangkat

3. Kocok dulu tabung Holts kemudian semprotkan di bagian karet ataupun sil yang ada

4. Bersihkan sisa-sisa semprotan dengan lap kering dan biarkan cairan yang disemprotkan terserap karet atau sil

5. Lakukan hal ini secara rutin minimal 1 bulan sekali agar karet atau sil tetap terjaga kekenyalan dan fungsinya.