Laman

Senin, 07 Maret 2011

Pasang Engine Hood Damper, Bikin Enteng Saat Buka Kap Mesin

Tips Eksterior SUV

Pasang Engine Hood Damper, Bikin Enteng Saat Buka Kap Mesin

Jakarta - Punya SUV bongsor macam Toyota Fortuner memang nyaman. Ground clearance tinggi jadi keunggulan ditambah mesin yang minim perawatan. Tapi begitu mau nengok mesin, ada sedikit ganjalan nih. Perlu tenaga ekstra untuk mendorong kap mesin. Belum lagi karena bodi tinggi perlu ada usaha tambahan untuk yang enggak terlalu jangkung. Paling enak sih tinggal pasang engine hood damper.

Engine hood damper alias sokbreker hidrolis ini diletakkan di fender supaya mengangkat kap mesin jauh lebih mudah. Tinggal buka pengunci kap dan dorong sedikit ke atas, sisanya biarkan hidrolis yang mengandalkan nitrogen ini bekerja mengangkat kap mesin.

"Harganya Rp 650 ribu untuk sepasang sokbreker," ujar Wira Sentosa dari SACS di bilangan Pondok Gede, Bekasi, Jabar, yang memasarkan perangkat ini.

Cara pasangnya juga enggak ngerepotin kok. Selain barang-barangnya sudah disiapkan, sisanya tinggal butuh kunci 10 mm dan 12 mm. Jangan lupa peranti bisa diaplikasi ke SUV lain macam Mitsubishi PajeroSport.

Pertama kali buka kap mesin dan buka 1 buah baut 10 mm di bagian tengah dari 3 buah baut yang terdapat di sisi atas fender. Pasang adaptor pegangan as sokbreker dengan kunci pas 10 mm (Gbr.1). Supaya tidak mentok batang as sokbreker, lepas juga damper karet penahan kap mesin. Tinggal angkat bagian belakang karet, lalu tarik ke arah belakang.

Lanjutkan dengan melepas 1 buah baut 12 mm pegangan kap mesin lalu ganti dengan adaptor pemegang tabung sokbreker. "Tiap adaptor telah disediakan untuk masing-masing sisi. Jadi jangan sampai terbalik antara sisi kiri dan kanan," wanti Wira.

Tinggal lihat saja tulisan R atau L yang terdapat di adaptor (Gbr.2). Nah yang perlu diperhatikan adalah, ada ring bergerigi yang harus dipasang di sisi dalam adaptor, langsung ketemu dengan kap mesin (Gbr.3).

"Gunanya agar adaptor semakin kuat memegang kap mesin dan tidak gampang bergeser," tutur pria langsing ini.

Selesai pasang adaptor di fender dan kap mesin, sisanya tinggal memasang sokbreker hidrolis. Masukkan bagian ujung batang sokbreker ke adaptor yang telah terpasang, yakinkan telah terpasang sempurna.

Caranya cukup tekan sampai terdengar suara klik. O iya, jangan terbalik yah! Tabung sokbreker harus terpasang di bagian atas, sedang batang as yang menghadap fender (Gbr.4).

Selesai terpasang, jangan lupa juga pasang klip besi pengunci adaptor supaya batang as ataupun tabung tidak mudah terlepas. Ada 2 buah klip pengunci untuk masing-masing ujung adaptor.

Selanjutnya tutup perlahan-lahan untuk memastikan kap mesin dapat tertutup sempurna tak terhalang apapun, begitu juga tidak ada adaptor yang mentok dengan fender atau kap mesin.

Sekarang enggak perlu tenaga ekstra lagi kan kalau mau ngoprek ruang mesin. (mobil.otomotifnet.com)

SACS : 021 - 8487623