Laman

Sabtu, 26 Maret 2011

Persiapan Mobil Untuk Mudik

prepare-mudik1

Persiapan perjalanan jauh harus matang terutama dari sektor kondisi mobil. berikut ini tips untuk persiapan perjalanan jauh untuk menghindari kecelakaan dan antisipasi bila terjadi keadaan darurat di sepanjang perjalanan.


Merawat mobil sebenarnya bukan suatu pekerjaan yang sulit untuk dilakukan, karena untuk melakukannya kita hanya tinggal membawanya ke bengkel resmi atau bengkel independent yang terpercaya, jadi yang diperlukan hanya kepedulian pemilik agar dapat meluangkan waktu serta sedikit biaya untuk melakukan perawatan rutin atau berkala.

Karena perawatan mobil itu sangat berkaitan erat dengan faktor keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, jadi perawatan adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Terlebih untuk SO mania yang akan menggunakan mobil untuk mudik bersama keluarga dan harus menempuh perjalanan yang jauh. Banyak hal yang perlu diperhatikan pada mobilnya sebelum menempuh perjalanan mudik. Ada beberapa point dan titik pada mobil yang harus diperiksa (Check Up) dengan teliti dan seksama agar perjalanan jauh dengan mobil menjadi nyaman dan aman, yaitu :

A. Mesin
- Servis / Tune Up

Servis ringan / tune up-lah mesin mobil anda seminggu sebelum melakukan perjalanan mudik, karena biasanya banyak bengkel mobil yang tutup menjelang hari raya Idul Fitri. Dengan melakukan servis ringan / check up parts, sehingga kondisi parts ataupun kelainan pada mesin dapat diketahui dan dapat segera diperbaiki atau diganti bila memang waktunya, misalnya injector/ karburator, busi dan kabelnya, kabel delco, tali kipas dan banyak lagi

- Pemeriksaan Radiator

Periksalah kondisi radiator agar terhindar dari temperature mesin meningkat tinggi (Engine Overheating). Apakah ada kebocoran atau tidak pada radiator, setelah itu cek ketinggian permukaan air radiator, jika kurang segera isi. Pastikan air yang dipakai dalam kondisi yang bagus, jika air didalam radiator sudah terlihat keruh sebaiknya lakukan pengurasan. Jangan lupa cek juga kondisi selang-selang penghubung radiator, segera ganti jika terlihat sudah mengeras atau menggelembung.

prepare-mudik2
- Ganti Oli Mesin

Sebaiknya ganti oli mesin dengan yang baru meskipun hitungan kilometer untuk oli lama belum waktunya diganti. Penggantian oli mesin ada baiknya dilakukan saat melakukan servis / tune up mesin dibengkel.

- Periksa Kondisi Koil (Coil)
Kondisi Coil juga perlu diperhatikan, karena apabila coil kurang baik dapat membuat mesin mudah panas, terutama dijalanan yang macet. Temperatur yang tinggi akan menggangu dan merusak mesin, bisa-bisa akan mogok ditengah jalan.

- Cek Sistem Kelistrikan dan Pengisisannya
Periksalah dinamo starter, alternator, kalau perlu diservis atau diganti. Begitu juga dengan kondisi accu (Aki), bila sudah terasa melemah dan terlihat lempengan sel-nya sudah berkarat segera ganti baru.

- Pemeriksaan Kopling (Persneling Manual)
Periksa bahwa pedal kopling memiliki gerak bebas sebesar 3-6mm. Pastikan kopling tidak slip, akibat kanvas kopling yang aus dan setelan kopling yang tidak tepat. Karena bila kopling slip dapat menyebabkan mobil tidak bertenaga, terutama saat menanjak.

- Pemeriksaan Saringan (Air, Oil & Fuel Filter)

Periksa dan bersihkan saringan udara (Air Filter), Jika terlihat sudah sangat kotor atau telah menempuh perjalanan 20.000 Km, begitu juga dengan fuel filter-nya ganti,segera ganti dengan yang baru. Pada mesin juga terdapat saringan oli (Oil Filter), segera ganti jika telah digunakan sampai 10.000 Km lamanya.

B. Kaki-kaki & Eksterior
- Pemeriksaan Rem

Pemeriksaan rem ini mencakup : Periksa selang dan master rem jangan sampai ada kebocoran, segera perbaiki atau ganti jika ada kebocoran minyak rem ; Cek volume minyak rem, jika berkurang segera isi hinga batas maksimal ; Cek permukaan kanvas rem (Brake Pad), jika telah menipis segera ganti baru ; Cek kinerja remnya, apakah berfungsi dengan baik atau tidak saat menghentikan laju mobil (Tidak Blong). Terakhir cek juga fungsi rem tangan.

prepare-mudik3
- Pemeriksaan Ban
Perhatikan kondisi keausan dan umur ban. Jika telah melewati batas aman segera ganti, namun jika masih dalam keadaan baik pastikan tekanan ban sesuai dengan standar yang ditentukan. Perhatikan juga kondisi ban cadangan.

- Pemeriksaan Suspensi

Bagian ini tidak boleh terlupakan, karena fungsi dan kekuatannya sangat penting. Jika terasa keras ataupun per sudah terasa amblas (lemah), mounting rusak, secepatnya diganti sokbreker atau per-nya, lebih baik diganti langsung 1 set, karena perjalanan jauh dan beban berat pada mobil akan membuat kaki-kaki bekerja lebih ekstra untuk menjaga kestabilan dan menopang berat.

prepare-mudik4
- Spooring & Balancing Roda
Proses spooring dan balancing akan sangat berguna untuk mendapatkan kestabilan handling saat melaju pada kecepatan tinggi. Periksa juga bearing, tierod roda apakah masih bagus atau tidak, pastikan baut roda sudah kencang.

- Wiper
Periksa fungsi wiper beserta volume airnya, segera ganti karetnya jika telah rusak atau mengeras untuk menghindari kaca depan tergores.

- Lampu-Lampu
Pastikan fungsi lampu seperti : Lampu depan, belakang, rem, sein, mundur, hazard berfungsi dengan baik. Bila tidak ada lampu kabut, sebaiknya segera dipasang, karena lampu ini akan sangat berfungsi saat kondisi jalan sedang hujan deras dan berkabut, persiapkan juga bohlam cadangan untuk semua lampu.

Dari point yang telah disebutkan diatas, sebaiknya SO mania juga harus memperhatikan fungsi lampu indikator penting pada speedometer. Jangan lupa mempersiapkan tools untuk keadaan darurat, seperti: dongkrak, kunci roda, kunci pas, obeng, tang, tali plastik (1 gulung), kawat. Terakhir untuk SO mania jangan lupa membawa kotak P3K dengan isi yang lengkap dan alat komunikasi (Hand Phone / Handy Talkie) dan peta sebagai tambahannya untuk mencari jalur alternatif.

Thanks To :
Hendra Susanto
PondokPinang Auto Service
Jl. Ciputat Raya, No.6
Phone : 021-7653066 / 0811858170