Laman

Minggu, 20 Maret 2011

Problem Khas Ford Fiesta

Nih, Ulasan Problem Khas Ford Fiesta


Jakarta -
Ford Fiesta hadir ketengah pasar tanah air dengan segudang fitur canggih yang menjadi andalan, seperti Voice Command. Nah, fitur-fitur tersebut bisa menjadi problem khas dari Fiesta. makanya, simak ulasan antisipasinya.

Voice Command tidak aktif

Menurut telisik Ari Teguh, salah satu pengguna Fiesta, hal ini disebabkan Voice Command terlalu lama digunakan. “Kadang kita sering terlalu lama bereksplorasi menggunakan Voice Command, ini membuat perangkatnya menjadi panas,” ujarnya.

Karena panas, maka Voice Command pun jadi hang atau jammed. Solusinya, “Matikan fitur Voice Command selama kurang lebih satu jam, baru aktifkan kembali,” ucap Ari.

Maka fitur tersebut akan berjalan normal lagi. “Untuk perawatan, sebaiknya sesekali saja menggunakan Voice Command,” wantinya.

• Koneksi iPod tidak bersuara
Salah satu pengguna Fiesta pernah bermasalah terkait koneksi head unit Fiesta ke iPod yang tak bersuara. Ternyata penyebabnya terletak pada kabel.

Untuk bisa memutar lagu dari iPod, maka selain menyambungkan kabel USB, juga harus menambahkan kabel aux berukuran 3,5 mm untuk output suara. Kabel ini lantas dipasangkan ke slot aux yang ada di Fiesta.

• Tarikan bawah lamban
Hal ini terkait karakter mesin Fiesta yang bertenaga pada putaran agak tinggi. Menurut Marson, pemakai Fiesta 1.4 Trend, “Cara menginjak pedal gasnya harus diurut, tidak bisa spontan.” Jadi harus menginjak pedalnya secara bertahap.

“Bisa juga langsung injak dalam, tapi begitu mobil maju, langsung dikurangi injakan pedalnya,” tutur Marson lagi. Ini adalah tipikal drive-by-wire yang dipakai Fiesta dan cenderung ada delay antara injakan pedal dengan bukaan katup throttle body.

Jika ingin lebih responsif lagi, bisa menambahkan peranti aftermarket tambahan berupa Throttle Body Controller.

• Bunyi gaduh di kaki-kaki depan
Menurut pengalaman Adam, ketua komunitas INFINITY, untuk Fiesta tak bisa diberi tekanan angin yang terlampau besar di rodanya. Pasalnya akan membuat bebunyian gaduh kaki-kaki depan. Karena itu, sesuaikan tekanan angin dengan rekomendasi pabrikan, yakni 31 Psi.