Laman

Minggu, 20 Maret 2011

Sekring Audio Mobil

Head Unit Tiba-tiba Mati? Cek Sekringnya, Cegah Manyun Di Jalan!


Sekring penting kalau putus bikin pening
Jakarta
- Rute sehari-hari Krishna Adiyasa Arianto dari rumah ke kampus, menuntutnya untuk melatih kesabaran. Toyota Corolla Twincam 1990 yang dibesutnya dari kawasan Pondok Indah ke Kampus Bina Nusantara di Rawa Belong, Jaksel jelas bukan pekerjaan mudah.

Lalu lintas yang selalu padat selama di jalan, jelas perlu hiburan. “Dengerin lagu atau radio dari Pioneer DEH-5050UB sudah wajib biar nggak stres,” kekeh Krishna yang ambil jurusan marketing communication.

Bisa dibayangkan bila sepulang kuliah dan membayangkan jalanan yang macet, tiba-tiba head unit matot alias mati total. “Bisa manyun jaya,” celotehnya jenaka. Krishna yang semester 2 ini tak tinggal diam.

Dari pengalaman seputar kelistrikan yang sempat menimpanya selama memakai mobil, head unit yang mati total biasanya berujung dari sekering sebagai pemutus arus utama dari aki ke head unit.

Tak segan pria bertubuh gempal ini melakukan inspeksi sendiri demi hidupnya Pioneer yang menjadi teman selama perjalanan. “Toyota Corolla Twincam memiliki dua buah fuse box yang diletakkan terpisah,” terangnya.

Kotak sekering yang ada di kabin mesin biasanya untuk perangkat mesin seperti sistem pengapian, dinamo starter, alternator atau AC. Sementara kotak sekering yang satu lagi ada di dalam dekat pedal gas.

“Biasanya audio dan perangkat kelistrikan untuk aksesoris seperti lighter, lampu kabin dan lampu spidometer ada disini,” jelasnya sambil menunjuk kotak yang ada di dek kick panel sebelah kanan.

Cek fuse box utama yang ada di kabin mesin (kiri). Intip fuse box yang ada di kick panel sebalah kanan dekat pedal (kanan).
Tinggal buka tutup fuse box yang sekaligus jadi diagram sekering dan tinggal lihat apakah ada yang putus. Pastinya Krishna berharap sekering yang putus di slot audio. “Tinggal cabut pake capitnya dan ganti yang baru,” ungkapnya.

Buat pria yang bertubuh gempal ini, mengolong di balik setir untuk mengintip sekering yang putus dekat pedal gas, jelas bukan pekerjaan mudah. Namun demi menghindari manyun selama perjalanan, apapun akan dilakoninya.