Laman

Minggu, 20 Maret 2011

Tips Pengecekan Rutin Mobil

Apa Saja yang Perlu Dicek pada Mobil Sebelum Beraktifitas? Nih!

Jakarta - Maksudnya apa ya? Nah kegiatan rutin, biasanya membuat jadi bosan dan terkadang sering dilupakan. Tetapi, untuk berkendara, tentunya ada hal-hal yang harus dilakukan dan tidak boleh terlewatkan. Seperti persiapan yang dilakukan ketika akan berangkat ke sekolah atau ke kampus.

Periksa 5 menit biar nyaman dijalan (kiri). Tekanan angin ban paling perlu dicermati (Kanan).
Beberapa hal yang terlihat remeh, malah akan terasa bermanfaat ketika bertemu dengan kondisi tidak bersahabat di jalanan. Seperti halnya dilakukan oleh Alif Akbar, siswa kelas 2 SMA Al Azhar, di kawasan Sisingamangaraja, Jaksel.

Walau berbekal mobil yang masih sehat, Suzuki SX4 2008, ia tetap tidak mau meninggalkan kebiasaan memeriksa kondisi kendaraan sebelum berangkat. Hal ini pula yang ingin ditularkan kepada teman-teman yang bermobil ke sekolah.

"Saya memang kadang-kadang bawa mobil ke sekolah, sebelumnya naik motor," ungkap sulung dari 4 bersaudara itu. Tetapi, hal wajib dilakukan adalah persiapan sebelum berangkat. Tentunya diawali dari kondisi mobil yang berada di luar.

Semisal, ketika akan berangkat, selalu perhatikan kondisi ban pada keempat roda. Pastikan tidak dalam kondisi kempis. Memang, meski sebelumnya tak terasa ban kurang angin, sebaiknya diperiksa kembali, sebab kemungkinan ban bocor terkenda paku, atau pentil yang dalam kondisi tidak baik bisa membuat tekanan angin ban berkurang.

Begitu juga kondisi air radiator, "Jarak dari rumah ke sekolah sekitar 10 km," ujar warga daerah Swadaya, Jakbar itu. Tetapi, menurutnya, jalanan yang ditempuh kerap macet. Nah, kondisi ini bukan mustahil membutuhkan sistem pendinginan yang bekerja baik.

Jadi, selain komponen masih bagus, juga pendukungnya harus terjaga baik. Seperti air radiator yang cukup, sehingga pendinginan mesin tetap berjalan sempurna. Sebab, jika cairan pendingin radiator kurang maka penguapannya tinggi dan bisa membuat mesin kegerahan.

Memang tak perlu hingga setiap hari diperiksa seperti melihat kondisi ban di tiap roda. Cukup lakukan seminggu sekali saja. Ada hal rutin mingguan lainnya, yaitu memeriksa air kaca.


Periksa air radiator sekali seminggu (kiri). Air kaca tak boleh luput dari pemeriksaan (kanan).
Air kaca ini cukup penting, ketika membersihkan kaca depan alias windshield agar pandangan ke depan semakin jelas. Ini berhubungan dengan keselamatan berkendara, tentunya. Jika kaca bersih maka konsentrasi mengemudi tidak akan terganggu dan akan lebih aman tentunya.

Apalagi, kalau rute yang dilalui cukup berdebu atau di kala musim hujan, kaca bersih dengan disapu wiper serta dibantu air kaca akan lebih maknyus memberikan pandangan jelas ke depan.

Giliran masuk ke dalam kabin. Nah, kali ini hal penting lainnya adalah memeriksa kondisi meter bahan bakar. Kalau sudah menyandar di posisi E tentu perlu direncanakan mengisi bahan bakar termasuk kocek yang disiapkan. Kalau tidak, bisa berabe uang jajan disita beli bensin.

Jadi enggak perlu bosan dengan hal rutin bukan? Karena hal rutin ini yang menjamin perjalanan ke sekolah menjadi minim hambatan dari urusan kendaraan.