Laman

Jumat, 25 Maret 2011

Toyota Land Cruise FJ40 1959

Sebuah Jip Full Spec Diciptakan Untuk Seorang Pemula


JIP - Kemampuan tentu tidak bisa didapatkan secara instan, harus melalui proses dan praktek yang panjang, begitupun untuk menjadi seorang off-roader ulung. Namun proses ini bisa diakselerasi dengan dukungan piranti dan sarana yang baik dan tepat.

Phill Handerson dengan jujur mengakui bahwa dirinya merupakan pemula dalam dunia off-road, sebuah dunia baru yang telah memikat hatinya. Keterbatasnnya tak lantas membuat pria berkebangsaan Amerika menyerah dengan kondisinya. Sadar akan keterbatasannya, iapun berupaya mengejar dengan mengupgrade tunggangannya.

Pilihan Phill cukup jatuh pada Toyota Land Cruiser FJ40 dan dianggap cukup realistis karena persoalan sparepart yang relatif lebih mudah didapat dibanding kendaraan Amerika. Namun Wawan selaku modifikator tak langsung membuka kran modifikasi secara penuh, melainkan harus disesuaikan dengan tingkat kemampuan Phill.

Dapat dikatakan bahwa jip ini memiliki spesifiksi fullspec namun belum sampai topspecnya. Segalanya telah diperhitungkan pada modifikasi jip ini dan seiring dengan semakin berkembangnya kemampuan Phill, maka jip ini dengan mudah akan dikembangkan hingga kondisi topspecnya.

Mesin
Tak nampak lagi bongkahan mesin F jantung tenaga asli jip ini, sebagai gantinya satu unit mesin 6 silinder berkode 2F dengan kapasitas 4.2 liter nangkring di dalam engine bay. Tenaga dan torsi mesin ini dirasa cukup bagi Phil yang mengaku baru mencicipi dunia off-road.

Gardan
Gardan merupakan sumbangan dari keluarga besar Land Cruiser. Gardan depan merupakan sumbangan dari Land Cruiser tahun 80-an sedangkan gardan belakang dicomot dari Land Cruiser 60 series. Final gear 4,88 : 1 pun dipatok sebagai pengisi gonggol gardannya.

Interior
Interior sederhana dan fungsional menjadi ciri jip ini. Bila terjadi hal yang tidak diinginkan, penumpang dan pengendara terlindungi oleh rollbar 6 titik dari bahan seamless.

Ruang belakang
Di belakang ruang kabin selain dijejali dengan tangki bensin custom dari bahan allumunium juga dipergunakan sebagai cargo area.

Spesifikasi
Mesin
Toyota 2F, 6 silinder inline 4280cc
Karburator
Holley
Cam
260°
Alternator 120 amp
Pengapian
CDI Porter
Coil
MSD Blaster
Kabel busi
Split Fire 8mm
Starter
Hi- torque
Girboks
Toyota Land Cruiser J30 3 speed manual
Tranfercase Toyota 2 speed part-time
Gardan TLC seri 40 (depan) / TLC seri 60 (belakang)
Final gear 4.88 : 1
Locker
Detroit Locker (belakang)
Sokbreker
Procomp MX-6
Per
TLC seri 40
Power steering TLC seri 60
Stir
MOMO
Rem OEM Land Cruiser (depan) / Mitsubishi Pajero (belakang)
Cutt-off Flamming River
Swicth
Aircraft
Rollcage 6 titik seamless sch 40
Pelek
Centerline
Ban Simex Extreme Trekker 35x10.5xR15
Tangki
Alumunium custom
Jok
Sparco
Seatbelt
Crow Enterprise
Winch Warn 8274 M-50
Fender
Custom
Bumper Custom
Tire hanger Custom
Side bar
Custom
Bengkel
Innotech
Jl. Cirendeu Raya no 36
Telp. (021) 747.05959