Laman

Rabu, 25 Mei 2011

Baterry Vs Aki, Beda Peruntukan!


Baterai sekali buang karena cuma sebagai part penyimpan dan penyalur energi listrik
Aki dan baterai (battery) punya kesamaan fungsi. Yakni, sebagai part penyimpan energi kimia yang menghasilkan energi listrik. Hanya saja, aki yang diambil dari kata akumulator lebih dikenal di dunia otomotif. Sedang baterai, lebih cocok di perangkat elektronik.

Meski fungsinya sama, keduanya tetap punya ciri. Terutama peruntukannya dan materil yang dimiliki. Baterai terdiri dari batang karbon, seng dan pasta sebagai elektrolit. Sedang aki yang terdiri dari Pb (anode) dan PbO2 (katode), juga didukung asam sulfat sebagai elektrolit.

Cell yang dimiliki aki dan baterai berbeda. Baterai hanya memiliki tegangan 1,5 volt. Sedang aki, setiap cell terdiri dari 2 volt. Makanya kebutuhan arus dan tegangan untuk kendaraan bermotor tidak akan mampu ditopang hanya dengan baterai. Oleh sebab itu dibutuhkanlah aki yang terdiri diri beberapa cell agar voltase dan arusnya meningkat.

"Aki masuk kategori baterai sekunder. Karena dalam pemakaiannya bisa dipakai berulang. Sedang baterai sekali pakai, jika habis langsung dibuang tergolong kategori baterai primer,” ujar Sahrudin, Technical Support PT GS Battery Indonesia.