Laman

Rabu, 25 Mei 2011

Pilih Ban Berusia Muda Agar Selamat di Perjalanan


JAKARTA -
Dengan bantuan Lili Ependi, Section Head R&D PT. Multistrada Arah Sarana (MASA), produsen ban Achilles dan Corsa, berikut tips yang bisa diaplikasikan agar tetap aman dan selamat di jalan.

Pastikan melihat tanggal produksi yang bisa dilihat di dinding ban bagian luar. Contohnya DOT 01-11 yang berarti diproduksi pada minggu pertama tahun 2011. Makin lama tanggal produksinya, ban akan semakin keras dan kurang nyaman.

“Semakin muda tanggalnya, berarti ban tersebut semakin bagus,” ujar Lili.

Umur ban yang bagus usianya tidak lebih dari tiga tahun. “Ada tiga faktor penting saat memilih yaitu kembangan, compound dan konstruksi. Kembangan berbentuk V atau garis bagus untuk di kondisi basah tapi akan sedikit berisik di kondisi kering,” imbuh Lili.

Pilihlah ban tubeless karena ban tanpa ban dalam ini lebih aman, awet dan konstruksinya lebih bagus. Harganya memang lebih mahal saat beli, tapi ingat ban biasa jika bocor harus ditambal dan jika lebih dari tiga kali ditambal harus beli ban dalam baru. Sedangkan ban tubeless selama paku yang menancap belum dicabut, maka kendaraan masih bisa jalan.