Laman

Minggu, 03 Juli 2011

Alat Dan Obat Perawatan Mobil Harian, Kantong Tak Bolong


JAKARTA -Mempertahankan kemilau eksterior mobil kesayangan, sebenarnya tak melulu harus menyambangi bengkel detailing atau salon mobil langganan. Anda bisa melakukan bersih-bersih sendiri di rumah, atau ketika sedang menunggu pasangan atau istri tersayang berbelanja.

Utamakan Kebersihan
Pemahaman yang mesti ada di benak Anda, jika ingin mempertahankan tampilan mobil baik ekterior maupun interior, adalah mengutamakan unsur kebersihan. Menurut Richard Smith, penggawang Sleek di Bintaro Jaya sektor 7, Tangerang, untuk mempertahankan kilau eksterior bodi maupun kabin mesti rajin mencuci termasuk menyeka atau ngelap.

Kemudian jangan terlalu berlebihan memperlakukan perawatan pada eksterior dan interior mobil. Seperti memakai obat-obatan dengan campuran bahan kimia yang terlampau keras, atau menggunakan sembarang lap yang justru bisa merusak permukaan cat.

Pilihan bahan untuk perawatan tampilan dapat dibeli di berbagai tempat mulai sentra-sentra onderdil dan aksesori, atau gerai khusus penyedia obat-obatan perawatan mobil.

Seperti sampo mobil, larutan pembersih dan pelapis kaca, cairan pembersih interior (jok dan doortrim), semir ban dan pasta wax untuk mengilapkan bagian bodi luarnya.

Kita mulai dari bagian luar mobil paling bawah, yaitu ban dan pelek. "Untuk membersihkan pelek yang agak kotor, bisa memakai lap handuk bersih yang sudah dibasahi air sabun," jelas Richard.

Permukaan dasbor lebih terlihat natural jika rajin dibersihkan dengan lap handuk yang sudah dibasahi air sabun
Boleh saja menggunakan lap kulit (chamois), asalkan mengeringkannya betul-betul sempurna. Sebab jika masih agak basah, saat kering akan menyisakan bercak air pada permukaan pelek, terutama pada lingkar roda model krom yang lebih terlihat mengilap.

Tampilan dinding ban juga sangat memengaruhi tampilan eksterior mobil Anda. Meski masih berstatus mobil baru, tampilan ban yang tidak pernah disemir malah menimbulkan kesan kusam pada sektor kaki.

"Pilihan semir ban cukup beragam, ada yang model cairan pakai kuas atau tipe foam. Untuk perawatan harian dan bisa dilakukan di segala tempat dan waktu, idealnya menggunakan model foam karena lebih praktis," urai Wibisono, spesialis perawatan mobil panggilan di daerah Radio Dalam, Jaksel.

Kemudian beralih ke bagian bodi luar keseluruhan. Meski masih tampak bersih, pasti terdapat debu yang melekat di sekujur permukaan bodi mobil. Sebaiknya saat senggang, Anda membersihkannya pakai kemoceng atau lap handuk bersih.

Kenapa mesti pakai lap handuk. Menurut Richard, kain penyeka model itu lebih mudah menyerap air dan mengangkat kotoran yang lengket di permukaan bodi. "Kalau debunya agak tebal bisa dibasuh pakai air dicampur sampo mobil. Kemudian diratakan pakai lap handuk bersih, dan mengeringkannya juga pakai lap sejenis," papar pria berkacamata ini.

Cara praktis ini sebenarnya bukan cuma untuk menghilangkan debu dan kotoran, tapi juga untuk membersihkan permukaan bodi luar dari kandungan minyak dan flek dari asap knalpot kendaraan lain.

Pasta wax bisa digunakan buat melapisi permukaan kaca dan bodi agar tetap mengilap
Interior
Setelah eksterior bersih, boleh dilanjutkan dengan memoles pakai bahan pasta wax. Pilihannya seperti Rain Dance seharga Rp 150 ribu per botol, atau produk Johnson Kit Metalic yang di pasaran dijual Rp 24 ribu.

Wibisono menyarankan, untuk mengilapkan eksterior tidak perlu menggosoknya dengan sekuat tenaga. "Sebab fungsi dari pasta wax ini hanya sebagai pelindung permukaan cat, mirip seperti bedak di muka agar terlihat lebih menarik," yakin pengusaha jasa asal Bandung, Jabar ini.

Bagian interior juga perlu perawatan agar tetap terlihat menarik dan baik untuk kesehatan. Seperti kondisi jok, jika sudah tebal dengan debu langsung dibersihkan saja dengan larutan khusus pembersih jok.

Menurut Lita dari Toda di Radio Dalam, Jaksel, tersedia pembersih jok sesuai bahan yang dipakai. "Kalau untuk bahan kulit asli, harus pakai pembersih khusus kulit seperti produk Primo Leather Shine yang dijual Rp 75 ribu per botol," kata perempuan ramah ini.

Cara menyemir ban seperti ini memang lebih merata ketimbang pakai foam
Terakhir bagian dasbor. Sebaiknya tidak menggunakan semir atau wax untuk mengilapkan tampilannya. Sebab efeknya justru mudah mengikat debu dan kotoran. Paling baik diseka dengan air sabun (sampo mobil) sampai terlihat natural, kemudian dikeringkan dengan lap kering atau kain handuk.

Nah, mau kinclong tak perlu sampai kantong bolong kan?