Laman

Minggu, 03 Juli 2011

Weather Shield, Awas Pengaman Bocor!


JAKARTA - Bukan barang baru atau aneh dan bahkan belakangan ini sudah menempel di mobil Anda ketika baru datang dari showroom. Weather shield atau lebih dikenal sebagai talang air memang aksesori yang paling lazim dicari orang buat dipasang di setiap pintu kiri dan kanan kendaraannya.

Fungsi utama dari peranti ini adalah menahan kucuran air saat hujan untuk masuk ke kabin. Tentunya ketika kaca jendela mobil terbuka sedikit. Banyak tujuannya, misalnya ketika mengambil tiket parkir atau membayar tol. Pun demikian buat mereka yang masih doyan ‘ngebul' (baca: merokok) di kabin mobil. Ketika hujan, perlu membuka kaca sedikit, tidak perlu takut basah karena weather shield bisa menahan air untuk masuk kabin.

Kalau hanya dijepit tanpa double tape, bisa bocor tuh
Mobil Anda belum punya dan berniat pasang? Atau sudah ada tetapi enggak pengaruh karena meski sudah pasang talang air, masih bocor juga ke dalam kabin? Atau setelah beberapa tahun pakai, talang air mulai ‘mangap' alias perekatnya terkelupas dan talang berisiko jatuh. Solusinya mudah, tinggal pasang dengan bantuan tape berperekat ganda alias double tape.

Hal ini dialami Raka pada Suzuki APV Arena 2008 miliknya. "Talang air masih bagus kok bocor ya? Kayaknya double tapenya sudah tidak bagus, nih," keluhnya sedikit mengulas masalah karena kebocorannya dari bagian dalam talang. Malah talang pintu kanan belakangnya sempat copot. Untung sempat diamankan karena mobil baru bergerak pelan di kompleks rumahnya.

Coba buka lagi talang air, atau siapkan peranti anyar bagi yang mau pasang. Buat yang baru pasang, pastikan ada double tape di bagian dalam yang akan menempel di pintu. Sebab jika hanya dipasang dengan klip, air tetap bisa menyusup melalui celah antara talang dan pintu. Tetap bocor, deh.

Double tape khusus talang air punya penampang lebih sempit(kiri). Bisa pakai double tape biasa yang lebih lebar tetapi harus dipotong(kanan).
Kemudian cari double tape di sentra onderdil atau toko perkakas terdekat. "Mau buat talang air ya? Ini ada double tape yang kecil," ujar Christian dari kios Matahari di Pasar Onderdil Palmerah, Jakbar seraya menyebut harga Rp 25 ribu.

Kalau tidak ketemu, bisa pakai double tape biasa yang lebar, tetapi penampangnya perlu dibagi dua agar pas dengan permukaan talang yang menempel di pintu. Nah, kalau sudah direkatkan dengan double tape, dipererat dengan klip tidak masalah. Kan sudah tidak bocor!