Laman

Rabu, 10 Agustus 2011

Modif Toyota Fortuner V A/T 2010, 3-Ways Implan Speaker

Modifikasi Toyota Fortuner V A/T 2010


Jakarta - Membangun audio di SUV seperti Fortuner, tentu punya karakteristik sendiri dengan mobil lainnya. Antara satu instalatur audio dengan yang lainnya, tentu punya jurus tersendiri dengan alasan yang kuat.

Fortuner, milik Edit ini salah satu yang sudah dipasangi sistem audio dengan spesifikasi SQ. Adalah Kimbun, instalatur audio Mobiltronik, jalan Angkasa, Jakarta Pusat yang punya jurus seting untuk Fortuner ini.

Salah satu formulasi yang diberikan Kimbun adalah aplikasi speaker 3-way Danish Acosutics. “Sistem 3-way lebih baik dari 2-way,” bilang Kimbun mengungkapkan alasan pemilihan speaker 3-way. Maksudnya lebih baik, karena satu gelombang frekuensi pada 3-way dibagi ke 3 speaker, sehingga masing-masing tugasnya lebih fokus.

Selebihnya, pemilihan speaker ini karena instalatur senior ini tahu karakter suara Danish Acosutics terdengar bersih dan detail. Poin penting lainnya, pemilihan ini karena Edit sudah akrab dengan SQ. “Di rumah saya punya home audio. Jadi speaker mesti yang bagus juga di mobil,” ungkap Edit.

Bagaimana dengan komposisi penempatan 3 driver-nya (speaker) di kabin depan. Tweeter dan midrange ditaruh di pojok pilar dan hampir berdempetan dengan dasbor. Penempatan dua sumber suara, tweeter dan midrange, membuat suara tinggi dan menengah (vokal) dapat utuh terdengar. Sedangkan midbass di pintu tinggal menyesuaikan dengan midrange dan tweeter., utamanya mengisi suara frekuensi rendah.

Poin berikutnya yang tak kalah penting kontrol suara speaker-nya. “Buat x-over pasif mid plus high cutting 315 Hz dengan slope 12 dB/Octave. Kalau midbass main x-over aktif 56 Hz 12 dB/Octave,” ungkap Kimbun. Dengan hal ini pemotongan frekuensi melalui x-over pasif menghasilkan mutu suara yang benar-benar tersaring.

KOMBINASI KELAS SATU

Salah satu keunggulan dari sistem ini selain speaker ada pada head unit Alpine DVI9900 dan processor Alpine PXI-H990. Produk yang lebih dikenal dengan sebutan Alpine F1 Status ini bisa bagus karena komponen yang diusungnya punya mutu baik.

Produk ini sudah satu paket dan tak bisa dipasang terpisah. Sambungan kabel antara head unit dengan prosessor menggunakan sistem kabel data Ion Bus, di mana sinyal suara yang ditransfer memiliki resolusi tinggi.