Laman

Selasa, 20 September 2011

Deteksi Kaki-Kaki Pasca Liburan, Sepuluh Titik Perlu Di Tilik (Bag.2)


JAKARTA - Tie Rod
Tugasnya mengikat roda sekaligus menuntunnya belok kiri atau kanan buat mengendalikan arah mobil. Kalau komponen ini apkir, justru jarang menimbulkan bunyi lebih dulu. Kalau sudah bunyi, berarti kondisinya sudah sangat buruk.

Efek yang terasa adalah berkurangnya pengendalian. "Mobil akan terasa melayang meski di jalan lurus," bilang Acong dari Lintang Motor, spesialis kaki-kaki di Pasar Mobil Kemayoran, Jakpus.

Mendeteksi lebih lanjut, mobil bisa didongkrak dan roda digoyang-goyang kiri-kanan. Harusnya roda tidak goyang. Kalau goyang, berarti bisa jadi tie rodnya yang kena.

Ban
Ini titik paling mudah. Ban bisa benjol menghantam lubang. Benjolannya sangat kasat mata. Pun demikian terasa ketika berjalan, bisa bunyi gluduk-gluduk berirama. Makin kencang, frekuensi bunyi kian rapat. "Kalau benjol di tapak, pasti sangat terasa. Sedangkan benjol di sidewall bisa saja tidak terasa, jadi perlu hati-hati," ujar Puguh Eko dari toko ban dan spooring Nawilis Radio Dalam, Jaksel.

Kalau sudah benjol, sebaiknya ban lekas diganti. Sedikit berbeda kalau ban sempat bocor dan ditambal. Sekali tambal tidak masalah. "Kalau ada dua tambalan, jarak terdekat 5 cm. kalau lebih dekat bisa bahaya dan sebaiknya diganti baru," saran pria asal Pasuruan ini.

Sokbreker
Paling mudah terlihat di daerah kolong. Di belakang bisa terpisah dari per. Sedangkan di depan, umumnya berupa coilover shock pada suspensi MacPherson. Kalau ada kebocoran dan tampak lelehan olinya, sudah pasti kinerja sokbreker sudah tidak bagus.

Namun kondisinya bisa saja melemah tanpa ada kebocoran. "Biasanya ayunan mobil lebih banyak. Kadang juga timbul bunyi berisik kalau kena lubang," tambah Acong yang mudik ke Palembang

Bushing Arm
Wujudnya berupa selongsong besi yang disokong karet. Selain menjadi titik pengikat lengan ayun dengan sasis, karet pada komponen ini juga berfungsi meredam getaran dari kontur jalan sebelum merambat ke sasis.

Karet bushing bisa semakin getas. Atau bisa juga pecah-pecah dan terparah sobek. Pada beberap kejadian, karetnya masih utuh tetapi sudah copot dari selongsong besinya. "Bisa bunyi kriet-kriet...," ujar Acong. Bisa juga bunyi jeduk saat mengerem keras kalau bushing sudah oblak.

Bearing
Kalau apkir, suara mendengungnya khas. Bisa berirama seiring naiknya kecepatan. Asal tidak keliru dengan suara dengung ban. Bisa coba rotasi ban dan perhatikan suara dengungnya pindah atau tidak. Kalau tidak pindah, berarti memang bearing. Pada beberapa kejadian, putaran roda terasa kasar ketika diputar dengan posisi mobil terdongkrak.