Laman

Selasa, 20 September 2011

Merawat Busi

Jangan anggap enteng masalah terhadap busi, terutama kendaraan dengan mesin bensin, sebab busi adalah elemen yang memicu api pada dapur pacu mesin bensin, sebab tanpa busi bekerja dengan baik akan menyebabkan mesin mati, atau berebet karena api tidak lancar, nah berikut kami paparkan beberapa tips untuk merawat busi pada kendaraan anda.

Cars-Spark-Plug-Cables-51. Cek Kondisi Penutup Busi

Sebelum membuka busi, cek kondisi penutup busi apakah masih layak atau tidak, dengan memeriksa longgar atau tidak apabila sudah longgar lebih baik anda ganti dengan yang baru, karena biasanya kepala busi yang longgar akan mengakibatkan mudah lepas sehingga mesin mati, dan bahkan penutup busi yang longgar akan mengakibatkan mudah kemasukan cairan seperti air atau oli.

SparkPlugNewWorn2. Bersihkan Lubang Busi

Buka busi dengan kunci busi, ingat jangan sesekali buka dengan kunci pas, bukalah busi dengan kunci busi, sesuai dengan ukuran kunci busi anda, kemudian bersihkan dengan kain katun bersih yang kering, untuk membersih kotoran pada dinding lubang busi.

3. Bersihkan Busi

Setelah busi dilepas, bersihkan dengan minyak tanah menggunakan kikir plat tipis, atau menggunakan amplas, bersih kan dengan seksama, penggunaan minyak tanah dimaksudkan agar kotoran atau kerak mudah mengelupas, setelah dibersihkan dengan bersih segera keringkan busi dari minyak tanah.

images4. Atur Celah Busi

Kendaraan yang sudah lama tidak dibersihkan biasanya akan mengakibatkan ukuran celah busi renggang, sehingga akan mengakibatkan pengapian berkurang yang pada akhir menyebabkan peforma mesin akan kedodoran serta bensin akan menjadi lebih boros dari pada ukuran celah busi normal, atur celah busi sesuai dengan standar pabrik sekitar 0,8 mm / 1,2 mm (busi mobil) untuk motor sekitar 0,6 mm / 0,8 mm. tapi bila anda kurang yakin segera cek ke montir langganan anda, tapi untuk busi dengan kualitas yang bagus tidak perlu diatur celahnya karena biasanya busi tersebut sudah memang dirancang agar tidak dapat berubah ukurannya.

5. Periksa Busi Anda Secara Teratur Periksa busi anda setiap 5000km pemakaian kendaraan anda, usahakan juga menggunakan kompresor (bila ada) sikat besi (yang kecil), jangan ragu untuk mengganti busi kalau memang sudah tidak layak pakai, karena biasanya walaupun sudah dibersihkan dengan bersih busi yang sudah tidak layak bakal mengakibatkan peforma mesin turun.