Laman

Selasa, 20 September 2011

Panduan Ringan Memilih Mobkas, Perhatikan Bagian Audio


JAKARTA - Dari banyak fitur di dalam kabin yang sering ditukar pemilik mobil sebelum transaksi adalah peranti audio. Maklum saja, peranti pemanja telinga ini masih terbilang bagus harganya di bursa audio seken. Alhasil, andaikan itu terjadi, Anda harus jeli menguji in car entertainment itu agar tak perlu keluar banyak biaya lagi.

“Cara pengujian head unit pada mobil bekas adalah dengan mengecek penerimaan radio,” bilang Andrei Widjaya, juragan Bassindo Audio, di kawasan Kelapa Gading, Jakut. Lanjutnya, caranya adalah dengan mengetahui auto seek (pencarian siaran radio otomatis) bisa scanning atau tidak. “Nah, bila kurang maksimal, berarti tuner radio sudah lemah,” ujarnya.

Berikutnya, bagi yang punya layanan CD, bisa diperiksa dengan cara masukan kepingan CD ke dalam slot. “Lalu perhatikan, apakah optik dapat membaca CD dengan baik atau tidak muncul respon ‘error disc’ atau ‘no disc’. Bila hal ini dijumpai, berarti optik CD sudah lemah.

Sementara itu untuk speaker, bisa periksa dengan cara menyetel lagu yg agak ngebeat, bila terdengar suara cacat pada speaker, berarti voice coil pada speaker sudah terbakar.