Laman

Kamis, 27 Oktober 2011

Tren Upgrade Tampilan Toyota Great Corolla, Makin Luks Makin Di Kejar


OTOMOTIFNET - Kalau dibilang main mobil Jepang selalu selalu ada celahnya bisa jadi ada benarnya. “Bisa tambah komponen spek Jepang bisa, pilih detail Eropa juga bisa,” buka Britma Argandhi. Salah satu kampiun utak-atik Toyota Great Corolla (Greco) ini bahkan menyebut Corolla generasi ke-7 terbilang terbanyak variannya.

Di Jepang saja ada 6 varian (mulai versi 1.300 cc sampai station wagon). Untuk Indonesia, pakai nama Great Corolla, dalam sejarahnya ada dua varian (1.300 cc dan 1.600 cc). Ini belum termasuk varian yang beredar di Amerika Serikat, Eropa, dan Australia.

BUMPER DEPAN
Beda varian, pasti beda spesifikasi detailnya. Tapi secara umum bisa diurut berdasarkan sektor eksterior maupun interior. “Yang jelas komponen versi luar terlihat lebih eye catching,” sebut Britma. Ia contohkan pada Greco tahun 1995 miliknya. Disitu ada paket bumper versi Jepang, detail maupun gril dan bumper lebih sporty. Plus fog lamp bulat kecil.


Panel tambahan di dasbor, langka dan mahal

Lampu depan diamond cut, lebih mewah dengan versi station wagon

Konsol tengah versi lokal,tak selengkap ini

Pola itu jamak dipilih juga buat Greco milik fans tulennya seperti Masagung Nugroho, Eko Wahyuaji, dan Indrawan Tanjung. “Semuanya plug in, enggak ada modifikasi dudukan dan sejenisnya,” yakin Agung, panggilan Masagung, empunya mobil versi 95.

Geser ke buritan, dudukan pelat nopol di tengah juga jadi pilihan favorit. Nah, sebenarnya main di dua sektor ini saja terbilang sudah efektif bikin sebuah Greco bak mobil sejenis versi CBU. Lalu bisa main-main ke pernik macam lampu belakang-belakang dan lampu sein depan. “Saya pakai lampu belakang versi yang lebih tua, tahun 92 tapi spek Eropa,” timpal Agung.

KABIN LEBIH LUKS

Indrawan, pemilik Greco 95, tersirat juga bangga akan detail baru di kabin. Ia kasih urutan mulai di center facia. “Ada cup holder, tempat koin, sampai arm rest,” kata fans tulen Greco ini. Kalau mau lebih lengkap lagi, Britma sebutkan item langka yaitu tatakan di atas dasbor sebelah kiri yang tidak permanen. “Kalau mau lebih lengkap lagi, bisa pasang speaker kecil di pintu (tweeter, red) dan tempat sampah kecil,” urai warga bilangan Bintaro Tangsel ini.

Niatan untuk bikin Greco terlihat makin mewah lagi bisa pilih jok depan berbagai versi Corolla generasi ke-7. “Pakai punya Sprinter,” tunjuk Agung.

ANGGARAN BUAT NAIK SPEK
Memang tak ada patokan harga yang pasti akan harga beli dari komponen-komponen impor tadi. Namun umumnya mereka bisa didatangkan berasal dari Singapura, Malaysia, Hongkong, Jepang, bahkan Australia. Dan tak perlu juga terburu-buru buat pasang semua opsi.

Nah biar mudah bikin ancar-ancar, untuk bemper depan yang lengkap bisa makan biaya antara Rp 6-7 jutaan. Bemper belakang, anggaran penuhnya bisa sampai Rp 5 jutaan. “Untuk interior, kalau sampai jok bisa Rp 7 jutaan.

MESIN, TANDA PARIPURNA
"Mesin Greco yang beredar kodenya 4A-FE, ini mesin ekonomis," sebut Radi Azwari. Pria yang acap dirujuk fans komponen impor Greco ini kasih pilihan yang tanpa ubah dudukan. "Bisa pakai 4A-GE spek Silver Top maupun yang Black Top," kata Radi yang acap memasok kebutuhan berbagai komponen Greco ini. Pakai punya Toyota Levin, AE101, juga dapat dipertimbangkan jika Anda mau Greco lebih galak tenaganya. Atau pilih AE111BZR dengan transmisi 6 percepatan. Siapkan anggaran, mulai Rp 15 jutaan. "Tapi pakai mesin standarnya saja bisa lari sampai 200 km/jam kok," tegas Indrawan.