Laman

Recent Posts

Selasa, 08 November 2011

Atasi Karpet Bagasi Mobil Lebih Rapi Dan Kuat



JAKARTA - Sedan maupun hatchback, menempatkan roda cadangan di lantai bagasi. Lantas ditutupi oleh alas yang berfungsi juga sebagai ‘lantai' untuk bagasinya. Namanya lantai, tentu bertugas menahan beban yang ada di atasnya. Nah, karena lokasinya di bagasi, tentu beban barang bawaan sudah pasti menjadi ‘target operasi'. Namun sayang, alas bawaan pabrik terkadang kurang kuat menahan beban serta acap kotor. Tak perlu khawatir, ada cara menyiasati kondisi ini.

LEBIH KERAS
Selain roda cadangan, beberapa peranti lain seperti dongkrak dan tools kit mendapat tempat di dek bagasi. Biasanya bagian ini terdapat celah seukuran ban dan perkakasnya pun ditempatkan di sana.

Agar terlihat rapi dan rata, maka diberi alas dari bahan padat dan dilapisi karpet untuk melapisinya. Tetapi, bahan standar buat beberapa pengguna masih terasa kurang maksimal penggunaannya. "Jika terkena beban berat sering melengkung, belum lagi kalau terkena basah, makin lembek," ujar Wawan, pengguna Nissan March 2011.

Memang, pabrikan tentu merancang tidak untuk menempatkan benda terlalu berat dan memang tak untuk terkena basah. Tetapi, penggunaan ruang barang itu tentu tergantung dari pemilik tunggangan masing-masing, tentunya.

Namun, tak perlu khawatir, ada beberapa cara bisa dilakukan, seperti menggunakan bahan atau memberikan alas lagi di atas penutup roda cadangan itu. Pilihannya ada yang menggunakan barang aksesori. Biasanya disebut Lug Tray.

Bahannya bermacam-macam, ada yang terbuat dari fiberglass, ada juga yang dari bahan semacam karet. Tujuannya untuk meletakkan barang-barang yang kotor, seperti sepatu boots setelah hiking atau mengandung pasir setelah bermain di pantai.

Salah satu Lug Tray sebagai aksesori genuine Nissan March dijual Rp 396 ribu (gbr.1). Namun, pemasangannya ditaruh di atas penutup roda cadangan asli. Kalau ingin mengganti dengan bahan yang lebih keras, tentu bisa dipilih alternatif lainnya.

Seperti membuatnya di beberapa gerai audio yang memang terbiasa membuat kosmetik audio. "Bisa menggunakan bahan dari kayu dan diberi lapisan beludru atau kulit sintetis (gbr.2)," ujar Jasum dari Pesona Audio, di kawasan Pos Pengumben, Jakbar.

Tinggal di mal sesuai ukurannya lalu dibentuk dan diberi lapisan (gbr.3). "Beludru atau kulit sintetis, bisa dipilih, kalau bahan beludru, di bagian bawahnya diberi lapisan karet, dan pilihan beludrunya bisa pakai yand tidak mudah gundul," ungkapnya.

Untuk model seperti ini, bisa ditebus dengan harga sekitar Rp 600 ribuan. Tentu penampang lapisan penutup roda cadangannya akan terbuat dari bahan lebih tebal.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...