Laman

Selasa, 08 November 2011

Awas, Perlakuan Kasar Bikin Melar Cover Panel Interior

JAKARTA - Biasanya kalau pernah membongkar interior, cover panel di beberapa bagian kabin tidak bisa kembali rapat seperti semula. Meski sudah ditekan berulang kali, posisinya masih agak berongga dan mudah ditarik pakai tangan. kondisi seperti ini umumnya dipicu dari perlakuan kasar saat membuka panel penutup tadi di awal (Gbr.1), yang mengakibatkan beberapa komponen seperti klip atau kancing pengunci melar.

"Kalau enggak bisa balik seperti semula, biasanya ada klip atau kancing yang tidak mengunci dengan baik. Bisa jadi kurang masuk ke dudukannya, atau memang kancingnya sudah melar," urai Tono dari Jaya Bekleding di Jl. Raya Sarua, Ciputat.

Beberapa panel kabin yang rentan menganga jika pernah dibuka seperti cover pilar belakang dekat plafon, penutup tulangan frame pintu bagian bawah serta lis bagasi dekat pengait kunci kap bagasi atau backdoor.

Cek semua pengait pada panel cover yang masih menganga tadi. Beberapa bagian dinding kabin biasanya terdapat kancing pengunci plastik. Menurut Tono, kalau cara membukanya terlalu kasar, bodi kancing mudah melar bahkan bisa rusak (Gbr.2). Kalau sudah rusak, mau ditekan sekuat apapun tidak akan bisa rapat kembali seperti semula. "Solusinya harus ganti kancing baru yang masih bagus, harganya sekitar Rp 1.000-2.000 per buah," ujar pria asal Bima, NTB ini.

Setelah mengganti kancing pengunci, jangan langsung ditekan untuk memasangnya kembali. Ujung kancing tidak boleh meleset dari lubang, supaya bodi kancing tidak gampang luka yang bisa mengakibatkan daya penguncian kurang sempurna.

Periksa juga pengait panel cover yang terdapat di bagian tulangan frame pintu bagian bawah (Gbr.3). Fungsi peranti ini sebagai pegangan antara penutup plastik dengan pelat, sehingga tidak mudah bergerak meski terinjak kaki. Bagian ini juga terdapat kancing di bawahnya yang menyatu dengan pengait.

"Kalau kancingnya sudah agak rompal biasanya panel penutup mudah bergeser. Karena di pasaran enggak ada yang menjualnya, bisa diakali dengan menambah seal tape supaya tambah rapat dengan lubang dudukan," saran Tono.

Jangan lupa merapikan karet lis pintu yang agak melar karena pernah dibuka.Tekan bagian dalam yang terdapat lapisan pelat tipis pakai jari tangan (Gbr.4), supaya karet bisa menggigit kuat seperti semula.