Laman

Selasa, 08 November 2011

Deteksi Gejala Bearing Bermasalah



JAKARTA - Bunyi yang ditimbulkan bearing jika sudah aus, relatif berbeda dengan komponen lain pada kaki-kaki. Jika yang lain menunjukkan gejala lewat suara keras yang mengganggu, maka untuk bearing akan terdengar mendengung. Atau pada kecepatan rendah akan terdengar seperti bunyi logam tergerus. Hanya, hati-hati membedakannya dengan bunyi ban. Sebab beberapa kembang ban pun bisa menimbulkan bunyi.

Tapi supaya lebih yakin, “Coba belokin roda pas mobil jalan. Perhatikan, kalau suara hilang waktu mobil dibelokkan ke kiri, berarti bearing roda kiri sudah jelek. Sedangkan yang kanan masih bagus. Begitu juga sebaliknya,” Erwan. Intinya, saat dibelokkan ke kiri, roda kanan dapat beban lebih dan beban roda kiri berkurang. Dan karena beban kiri berkurang, maka bunyi pada laher ini pun hilang.
Untuk mengeceknya, semua roda mesti didongkrak.

Lantas putar roda memakai tangan hingga agak kencang, dan dengar bunyi yang muncul saat roda berputar. Bearing yang rusak akan menimbulkan bunyi gemuruh saat roda berputar. Lakukan pengecekan di keempat roda.