Laman

Selasa, 08 November 2011

Panduan Ringan Deteksi Kerusakan Tierod Dan Long Tierod


JAKARTA - Setir terasa bergoyang dan lebih enteng? Atau jika setir dilepas pada jalan yang lurus, seperti melenceng ke kanan atau ke kiri. Jangan anggap enteng mengingat itu indikasi awal kerusakan pada komponen tierod dan long tierod. Hal seperti itu biasanya disebabkan karena komponen tersebut tidak bekerja secara maksimal karena aus.

“Waspadai gejala setir yang tidak stabil,” bilang Septa Dian Wahyudi, Service Advisor Tunas Daihatsu Mampang, Jaksel. “Hal itu berbahaya karena komponen tierod sudah aus”, jelas pria ramah ini. Komponen ini bekerja berat, lantaran terus menerus membelokkan arah ban sesuai kemauan pengemudi. Apalagi jika jalan yang dilewati berlubang dan bergelombang. Makanya kemungkinan aus karena faktor usia dan beban putaran roda.

Untuk mendeteksinya sangat gampang. Bisa seperti yang disebutkan di atas, atau juga bisa secara visual. Lihat komponen tersebut dan perhatikan apakah ada yang rembesan gemuk atau tidak. Kalau ada cairan gemuk yang keluar berarti karet pelindung sudah bocor. Bisa juga dengan mengangkat mobil dengan dongkrak dan ban bergerak secara bebas. Goyangkan ban ke kiri dan kanan. Kalau ban terasa longgar seperti tidak pas atau oblak, sudah pasti tierod dan long tierod bermasalah. “Kalau sudah begitu, bawa saja langsung ke ahlinya untuk segera ditangani”, kata Septa lagi.

Nah, silakan mencoba sendiri.