Laman

Selasa, 08 November 2011

Panduan Ringan, Waspada Ancaman Banjir pada Mobil


JAKARTA - Untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak. Pepatah tersebut berlaku jika kebetulan daerah rumah kita terletak di dataran rendah yang menjadi langganan banjir ketika musim penghujan tiba. Tak berarti juga kita pasrah membiarkan kendaraan kesayangan terrendam air. Setidaknya ada cara jitu yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan mobil tercinta.

“Kalau bisa diungsikan, segera lakukan,” ujar Usman Adie, After Sales General Manager Tunas Toyota Pasar Minggu. Kalau tidak bisa, persiapkan tempat yang paling tinggi untuk menyimpan mobil agar tidak terendam, atau dengan kata lain garasi ditinggikan pondasinya.

Bisa juga dengan membangun tanggul untuk mencegah air masuk, bisa permanen menggunakan tembok atau sementara menggunakan karung pasir. Cara lain adalah siapkan balok kayu untuk mengganjal mobil. Ketebalan balok disesuaikan dengan ketinggian air hingga mencapai jarak aman.

Hal lain yang juga penting dilakukan ketika banjir datang adalah mencabut kabel aki negatif. “Hal ini harus dilakukan agar menghindari terjadinya arus pendek atau korsleting”, jelas Usman lagi.

Nah, kalau sudah begini anda sudah siap menghadapi banjir yang datang.