Laman

Selasa, 08 November 2011

Roof Box, Tambah Bagasi Libur Kian Maksi



JAKARTA - Sudah merencanakan akan kemana liburan nanti? Atau akan mengajak siapa saja? Wah, pasti menyenangkan, ya! Asal jangan lupa berhitung kapasitas ruang kabin. Terlalu banyak yang diajak, kursi terisi penuh, lalu barang taruh di mana? Alamak!

Urusan kabin memang selalu menjadi kompromi antara penumpang dengan barang bawaan. Ambil contoh Toyota Kijang Innova yang masih nyaman buat 7 penumpang. Namun ruang tersisa hanya di belakang kursi baris ketiga. Hitung-hitung, paling muat beberapa koper atau tas saja.

Salah satu solusi praktis adalah menaruh barang di atas mobil. Banyak caranya, namun perlu diperhatikan safety baik buat barang maupun terhadap pengendalian mobil. Untuk itu, roof box bisa jadi pilihan menarik.

Beban Maksimal 50 Kg
Kotak bagasi tambahan di atas mobil memang fungsional. Bagaimana seluk beluknya untuk memasang pada mobil kesayangan? Bisa dimulai dari tipe mobil yang memiliki bentuk atap berbeda-beda. Karena hal ini berpengaruh pada dudukan roof box itu nantinya.

Yap, dudukan itu bisa disebut roof rack. Pemasangannya bisa dibedakan jadi beberapa macam, bergantung dari model foot peg dari roof rack itu. Misalnya foot peg normal buat atap mobil biasa yang mulus-mulus saja seperti pada Toyota Innova dan Avanza. "Lalu ada juga model fixed point, atap mobil ini sudah punya lubang baut untuk dudukan roof rack," jelas Nike Savalas, brand executive Rodalink, distributor Thule car rack system. Atap seperti ini bisa ditemui rata-rata pada mobil Eropa. Mobil Jepang pun ada, seperti pada Honda CR-V.

Buat beberapa mobil yang dari pabrik sudah memiliki roof rail, bisa lebih berhemat. Karena harga foot peg pemegang load carrier bar bisa lebih murah. "Rata-rata Rp 3,5 juta, tetapi kalau yang pakai roof rail tidak sampai Rp 3 juta," urai Nike. Bisa begitu karena tidak perlu kaki pemegang atap lagi, semua dikaitkan ke roof rail. Khusus buat mobil lama, tidak perlu khawatir, karena tetap ada kaki penahan roof rack buat atap dengan rain gutter (baca: talang air).

Mirip dengan Thule, Rhinorack pun dibanderol dengan harga serupa. "Sebelum pasang boks, dudukan Rhinorack sekitar Rp 2.750.000. Kami juga menyediakan versi lokal yang hanya Rp 1 juta," bilang Herman Canopy dari Motoritz, distributor Rhino Rack dan Hapro.

Kalau sudah pasang roof rack, tinggal pilih boksnya. Bisa disesuaikan dengan dimensi mobil, atau kebutuhan dan tentunya budget. Soal model sih, tidak banyak terjadi ubahan ataupun tambahan.

Misalnya Hapro, kapasitas paling besar yang tersedia adalah Carver 6.5 430 liter seperti yang nangkring di atas Innova pada cover depan. Sementara seri paling tinggi Zenith 6.5 dimensinya lebih tipis, sehingga kapasitasnya hanya 390 liter. Keduanya punya harga relatif mirip, antara Rp 11-12 jutaan.

Box buka kiri sesuai karakter setir kanan
Sementara itu buat entry level, Hapro punya Roady 350 yang hanya Rp 3,750 juta. Bahkan sempat ada promo di bawah 3 jeti. Kapasitasnya hanya 300 liter dengan beban maksimum 50 kg. Lebih kecil dari Zenith dan Carver yang mampu mengusung 75 kg. sayangnya, Roady ini dibuka dari belakang tidak dari samping.

Sedangkan Thule hadir di pasar lokal dengan tiga varian, yaitu Pacific, Atlantis dan Spirit. Pacific 100 punya volume 370 liter dan Pacific 200 460 liter, beban maksimumnya 50 kg. sedangkan Atlantis 780 punya isi 480 liter dan Spirit 780 lebih tipis hanya 380 liter. Beban maksimumnya 75 kg.

Asyiknya, tipe Atlantis dan Spirit bisa dibuka dari kiri maupun kanan. Sedangkan model Pacific hanya bisa dibuka dari satu sisi. "Namun sudah disesuaikan untuk Indonesia, bisa dibuka dari sisi kiri mobil," tambah Nike.

Daftar Harga Boks

Thule
Pacific 100 Left
Rp 6,698,000

Pacific 200 Left
Rp 7,898,000

Atlantis 780
Rp 11,280,000

Spirit 780
Rp 12,980,000

Rodalink 021-45866224

Hapro
Zenith 6.5 Black
Rp 12.000.000

Carver 6.5 White
Rp 11.000.000

Carver 4.5 MF Antra
Rp 7.500.000

Carver 4.5
Rp 7.000.000

Roady 350 Antra
Rp 3.750.000

Roady 311
Rp 3.500.000

Motoritz 021-7208888