Laman

Selasa, 08 November 2011

Trik Agar Steering Remote Control Tetap Fungsi Meski Ganti Head Unit


Jakarta - Ada beberapa mobil baru, sudah dilengkapi remote setir buat mengontrol sistem audio (menu, track, volume) pada head unit standarnya. Namun pemilik terkadang kurang puas dengan kualitas reproduksi suara yang dihasilkannya.

Kemudian mengganti driver pemutar keping CD audio bawaan mobilnya dengan versi aftermarket. Namun jika ingin fungsi remote setir tetap berfungsi, perlu mencermati fitur yang tersedia pada head unit pengganti.

Steering remote control yang sudah built in pada head unit umumnya tersedia pada produk bermerek seperti Caska, Clarion dan Kenwood. Bahkan monitor cungkuo (Cina) sekalipun kini sudah dibekali fitur sejenis, lantaran banyaknya permintaan pasar audio, seiring bermunculannya mobil baru yang sudah dibekali remote control pada setir standarnya.

Sebenarnya tidak sulit menentukan head unit atau monitor mana yang sudah dilengkapi fitur steering remote control ini. "Paling mudah lihat data spesifikasi pada kemasan," anjur Abbas dari Wiki Wiki di Gading Kirana Timur, Jakut.

Biasanya pada produk Cina, fitur ini ditunjukkan dengan tulisan steering control smart match atau Intelligent Steering control learning. Kedua istilah ini memiliki pengertian yang sama, yaitu fungsi remote setir bisa digunakan bareng head unit tersebut.

Misal yang terdapat di monitor Varity tipe universal. Pengguna cukup mengaktifkan fitur steering control pada head unit, dengan melakukan beberapa langkah mudah (Baca Boks Samping).

Pada produk OEM ternama seperti Caska, menurut Aming dari Roma Audio selaku pengagennya, hampir semua model dobel DIN sudah dilengkapi fitur ini. Misal tipe universal yang bisa dipasang di semua mobil, pada kemasannya sudah tertera tulisan steering control smart match-intelligent steering control learning.

Pilihan lain seperti Kenwood, dengan jelas menunjukkan tersedianya fitur steering remote control lewat simbol bertuliskan OEM wired remote. Kode ini menunjukkan bahwa sistem pada head unit, memungkinkan untuk digunakan bersama remote control pada setir standar. Tipe yang menyediakan fasilitas ini seperti DDX4038, DDX5034, DDX7034BT serta DDX8034BT.

Sementara head unit Clarion tipe VZ709A, dengan logo bertuliskan OEM Remote Ready, bisa digunakan tanpa harus mengorbankan fungsi remote pada setir standar mobil Anda.