Laman

Selasa, 08 November 2011

Upgrade Audio Harian, Hasil Memukau Tetap Terjangkau

JAKARTA -
Urusan kualitas sound system mobil sudah dijadikan syarat mutlak bagi kebanyakan instalatur car audio, ketika mengupgrade sistem tata suara kabin konsumennya. Namun begitu tidak jarang para pemilik kendaraan enggan memodifikasi sistem audio standarnya, lantaran takut jika budget yang dibutuhkan terlalu mahal. Padahal masih banyak alternatif pilihan untuk bisa menciptakan suara yang memukau dengan biaya tetap terjangkau.

Seperti dikatakan Andreas Abbas, instalatur Wiki Wiki di Gading Kirana Timur, Kelapa Gading, Jakut. “Sekarang sudah banyak pilihan produk berkualitas dengan harga tetap terjangkau. Baik untuk SQ (Sound Quality), SQL (Sound Quality Loud) maupun car entertainment,” urai Abbas sapaannya.

Seperti opsi yang ditawarkan Wiki Wiki dengan budget mulai Rp 2-3 jutaan. Berupa paket SQ yang terdiri dari head unit single disc Symbion SY-8013, speaker 2-way Hydro HY-60G serta subwoofer aktif Harmonic Drive HDT-X801 model slim. Adapula paket buat menunjang in car entertainment (ICE) yang mencakup power amplifier, speaker split, monitor double DIN dan subwoofer 12 inci berikut boks standar. “Semuanya produk Symbion series,” jelas Abbas.

Jika mendambakan suara bass lebih bertenaga secara instan bisa gunakan bass tube(kiri atas). Paket in car entertainment seharga Rp 3,75 juta dari Symbion ini cocok buat hiburan keluarga(kiri bawah). Pemasangan tweeter model plug and play lebih murah dan tak menyulitkan(kanan).
Pilihan terjangkau lainnya untuk membuat sound system kabin memukau, ditawarkan Ahong dari Prisma Autosound di arteri Pondok Indah, Jaksel. “Ada beberapa paket buat SQ maupun SQL dengan harga terjangkau, dengan kualitas tidak mengecewakan pemakainya. Intinya settingan harus benar tanpa memaksakan konsumen buat belanja barang mahal,” ungkap Hong sapaan instalatur muda ini.

Artinya konsumen awam bisa merasa senang, tanpa merugikan instalatur yang juga mengejar omset dagangan.

Jika Ingin Serius
Jika Anda ingin lebih serius mendalami dunia car audio, terutama aliran sound quality (SQ) yang mengutamakan ketajaman telinga, boleh terapkan ubahan ke arah ini menggunakan beberapa peranti tambahan namun mesti disetting dengan benar. Sebab tidak jarang pemilik mobil yang sudah memasang komponen speaker mahal, namun hasilnya tak bisa optimal seperti yang diharapkan.

Kalau punya dana lebih bisa tambah peredam di pintu depan untuk mengurangi kebisingan
Seperti ilustrasi pada gambar di atas yang menampilkan ubahan minimalis, namun bisa menghasilkan kualitas sound lebih berkelas tanpa mengurangi sisi efisiensi pada kabin depannya. Seperti dudukan tweeter dan midrange di bagian atas kanan-kiri dasbor, menggunakan sistem knock down tanpa membuat lontar (boks) di panel A untuk mengurangi budget instalasinya.

Untuk posisi midbass pada door trim, angle atau arah konus memang idealnya disesuaikan dengan posisi dengar, yaitu mengarah ke pendengar di jok pengemudi (on-axis). “Boks speaker tidak perlu terlalu besar, cukup ditambah ring pakai kayu MDF agar posisinya bisa sejajar dengan tweeter dan midrange,” jelas Peng Peng dari XXX Audio di Palembang, Sumsel.