Laman

Minggu, 18 Desember 2011

Bersihkan Emblem Mobil, Cukup Sikat Gigi


JAKARTA - Musim hujan tiba, besutan pasti sering kotor. Buat yang malas bersih-bersih, siap-siap saja mobil kesayangan jadi kotor bin dekil. Ih, amit-amit. Cuci mobil bersih deh. Eits, masih ada yang ketinggalan.

Coba lihat seputar emblem. “Iya, masih ada kotoran yang tertinggal di sela-sela emblem,” ujar Lintang Kusuma Sastrosudarmo, siswi kelas 3 SMA Negeri 78 di Kemanggisan, Jakbar seraya menoleh ke Toyota Yaris merah andalannya.

Menurut bungsu dua bersaudara ini, sela-sela emblem memang sering terlewat kalau mencuci di tempat cuci mobil. Kalaupun sempat mencuci sendiri, paling digosok-gosok pakai lap,” kekehnya.

Padahal ada jurus yang lebih sakti lagi. Karena jurus ini bisa menjangkau sela-sela emblem yang lebih sempit. Apalagi kalau yang punya jari jempol semua (baca: besar), pasti susah tuh menggosoknya pakai lap.

Cukup sediakan sikat gigi. Enggak perlu baru, yang bekas saja. Toh, sikat gigi perlu diganti rutin, kan? Eh, siapa yang belum pernah ganti sikat gigi? Buruan ganti deh, lumayan yang bekas bisa buat ngoprek mobil.

Dipakai buat gigi saja bisa menjangkau lokasi sempit, apalagi buat menggosok emblem. Ditanggung mudah, bukan? “Bisa sambil dikasih sabun supaya kotoran hilang,” lanjut Lintang lagi.
Lantas bagaimana kalau kotorannya sudah menahun dan menjadi kerak? Apa perlu digosok pakai pasta gigi juga ya? Lho, kalau mau bisa dicoba kok. Soalnya odol itu kan zat abrasif juga. Namun efeknya pasti kurang maksimal. Karena buat gigi, zat abrasifnya sangat halus.

Nah, biar kerak lekas sirna, bisa coba zat abrasif yang lebih kuat. “Lebih pas pakai kompon untuk cat mobil. Disikat saja di sekitar emblem, pasti keraknya hilang,” sambung William Harjanto pemilik gerai modifikasi W7 di Taman Palem, Jakbar.

Perlu diperhatikan, William menyarankan pakai kompon putih. “Karena kompon putih ini lebih halus dan tidak menggores cat,” imbuhnya. Bagaimana, sudah siap ganti sikat gigi, eh, menggosok emblem pakai sikat gigi?