Laman

Kamis, 01 Desember 2011

EVENT OFF-ROAD, Event Visit Bogor 4x4 2011 | Back to Basic


Event ini seolah menjadi khas off-roader kota hujan itu. Maklum, ini kali kedua Bogor 4x4 off-road community melangsungkan format berbau murni adventure dengan CR. Tak ada adu cepat, tak ada persaingan poin. Syaratnya, peserta hanya menyelesaikan 3 CR yang disuguhkan panitia dengan batasan waktu dari Jumat malam hingga hari Minggu siang (6-8 Mei). Hadiahnya sendiri lantas diundi di hadapan semua. Tentu, yang menyelesaikan CR secara komplet mendapat peluang lebih besar.



    Sekilas, ini agak berlawanan dengan kebiasaan kompetisi adventure yang tengah marak saat ini. Tapi, justru di situlah daya tariknya. Aura adventure yang dulu menjadi bibit kompetisi saat ini, dapat dinikmati dengan puas. Putar otak dan kuras otot mengalahkan rintangan, menjadi tantangan utama. Resep ini terbukti sukses, peserta datang dari Lampung, hingga Jawa Timur. Total 80-an kendaraan ikut, menunjukkan besarnya minat off-roader pada format event semacam ini.


    Dan meski formatnya jadoel, tapi kebanyakan peserta justru generasi terkini, yang belum pernah merasakan adventure sesungguhnya. Di sisi lain, tak sedikit muka lama yang menikmati off-road adventure murni ini. Soal itu, Bogor memang termasuk salah satu daerah dengan populasi off-roader yang cukup banyak. Termasuk tokoh-tokoh senior yang ikut memsukseskan acara ini.


Alam pegunungan khas Jawa Barat membawa nuansa tersendiri. Selain udara sejuk, kabut tebal juga menjadi bumbu penyedap..

Kancil

Soehardi Kancil, yang juga salah satu off-roader senior yang nongol. Pria ramah yang dulu memperkuat Suzuki Sport dengan Jimny ini memang tak menjadi peserta. Namun ia selalu siap menolong sesama off-roader yang terkena masalah teknis. Termasuk Yuma WK yang kali ini terus dirongong masalah kendaraan.

Pinus

Hutan pinus yang jadi arenaa utama, menyimpan trek yang sangat variatif. Selain kondisi tanah, juga kontur yang beragam. Ini membuat tingkat kesulitannya bervariatif, namun nikmat untuk ditaklukkan.

Maman

Jauh-jauh datang dari Lampung, Bang Maman ikut menjajal trek bersama putri tercinta, Sita Hidayat. Maman termasuk salah satu off-roader senior di Sumatera, yang mulai bermain 4x4  Mereka sebelumnya ikut kompetisi di event Kartini Off-road, juga di wilayah Bogor.

Malam

Begitu trek dibuka, semua peserta pun bela-belain menyelesaikan secepat mungkin. Termasuk berusaha menaklukkan trek pada malam hari. Namun, ternyata ini tak semudah yang dibayangkan…

Hadiah

Meski ada piala, namun hadiah sesungguhnya didapat berdasarkan undian. Tentu tidak sembarangan, sebab hanya peserta yang telah menyelesaikan jumlah CR tertentu yang namanya masuk undian. Selain itu, yang lebih cepat dan lengkap, berhak mendapat kesempatan undian yang lebih besar.