Laman

Selasa, 20 Desember 2011

Kunci Ring Peranti Buka Dan Kencangin Baut Nan Presisi



JAKARTA - Kunci ini sangat terbiasa dilafalkan setiap hari. Hampir sama dengan kunci pas yang berfungsi untuk membuka dan mengencangkan baut. Bedanya dengan konstruksi dua belas sudut (mata), memungkinkan digunakan pada ruang yang terbatas. Itu karena dindingnya yang tipis dapat digunakan pada posisi di mana kunci pas tidak dapat digunakan.

"Kunci ring sangat banyak tipe dan ukurannya. Ada kunci ring tunggal, ada kunci ring matric, kunci ring set serta kunci ring bulan set. Fungsinya selain untuk membuka dan mengencangkan baut pada mesin bidang otomotif, juga pada bidang di luar otomotif,. Yang jelas, kunci ring memang lebih presisi dibanding kunci pas," ujar Supriatna Tatang, technical supply Galaxy, Tekiro Tools.

Menurut Bebi, sapaan Supriatna, permintaan akan kunci ring ini terbilang sangat tinggi. Itu dikarenakan kebutuhan untuk itu memang besar. Bahkan kiosnya yang terletak di LTC Glodok, Lantai GF 1 C 12 No. 1 & 5, Jakarta Kota ini tak pernah sepi dari konsumen. Apalagi merek yang dijualnya sudah dikenal sebagai handtools specialist dari Jepang.

Alat yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan Boxes End Wrench ini aslinya terbuat dari bahan baja tensil tinggi. Yaitu merupakan paduan logam chrome vanadium, dengan cincin yang berdimensi heksagonal atau lebih pada lubang diameter dalamnya. Sehingga membuat kunci ring ini lebih kuat dan lebih ringan dibanding kunci pas.

Kunci ring bulat. Biasa dipakai untuk mobil SUV
"Ada pula yang terbuat dari bahan besi biasa. Yang ini tentu memiliki kualitas lebih rendah dengan harga lebih murah pula. Istilahnya ada juga yang KW. Tapi kalau untuk kepentingan yang lebih umum dan untuk jangka panjang, banyak yang memilih sekalian yang berkualitas. Karena secara harga memang bervariatif," lanjut mantan pembalap drag race ini.

Sugiman, pemilik perusahaan vendor otomotif menganjurkan agar memilih kunci ring yang asli. "Memang secara harga lebih mahal, namun lebih tahan lama. Kalau yang KW, kalau dipakai terus gampang rontok. Saya menyarankan kalau dipakai untuk kepentingan pribadi dengan kebutuhan terbatas, silakan beli yang lebih murah. Asal dipakai sendiri dan perawatan yang baik," ujar pria yang usahanya ada di daerah Pesing, Jakarta Barat ini.

Yang jelas, kunci ring memiliki kelebihan dengan memberikan cengkeraman pada seluruh kepala baut. Ini dimungkinkan karena memiliki gerigi yang lebih menonjol dan lebih kuat. Di samping itu juga memiliki ukuran yang sangat presisi berdasarkan mm dan inch.

Lebih presisi dengan gerigi yang kuat
Berdasarkan ukuran, ada yang memakai inch (inchi) dan metric (mm). Ukuran inch biasa digunakan untuk mobil-mobil Eropa seperti Mercedes-Benz, BMW dan Volvo. Sedang ukuran metric (mm) biasa digunakan untuk mobil-mobil Jepang. Harga per satuan Rp 30 ribu untuk ukuran 6x7 mm, sedang ukuran 30 x 32 mm dengan harga 30x32 mm.

Untuk satu set dengan 8 kunci ring ukuran 6-24 dengan harga Rp 382.000,-. Sedangkan satu set dengan 12 satuan untuk ukuran 6-32 dengan harga Rp 840 ribu untuk merek Tekiro. Sedangkan untuk merek Jerman, Elora, per satuan kunci ring dengan 6x7 mm dengan harga Rp 60 ribu. Dan Rp 350 ribu untuk ukuran 30 x32 mm. Merak Jerman ini per set nya harganya bisa mencapai Rp 700 ribu - Rp 2 juta.