Laman

Senin, 19 Desember 2011

Land Cruiser FJ40V 1978 | Sebuah amanah

Kepergian orang yang dicintai membawa duka yang amat mendalam. Barang-barang kesayangan orang yang pergi tersebut kadang bagai pisau bermata dua bagi mereka yang ditinggalkan. Di satu sisi dapat menjadi penawar rindu, namun di sisi lain dapat menjelma sebagai suatu memori yang cukup menyakitkan. Oleh sebab itu tak jarang barang-barang peninggalan tersebut kemudian hanya disimpan begitu saja pada suatu tempat. Inilah yang terjadi pada Land Cruiser yang satu ini. Jip Jepang yang satu ini menjadi penghuni gudang kosong belasan tahun lamanya dan tersimpan dengan apik.

“Saat paman dipanggil Yang Maha Kuasa, tante memutuskan untuk menyimpan barang-barang kesayangan paman di dalam gudang, termasuk jip yang satu ini,” tutur pria yang minta disapa Tim ini. “Suatu keputusan yang tak mudah bagi tante dan sejak itu barang-barang tersebut bagaikan masuk dalam sebuah kotak kenangan yang hanya sesekali dibuka untuk mengobati rasa rindu,” sambung Tim.

Tak terasa limabelas tahun telah berlalu, gudang beserta isinya masih lengkap tak berubah seperti apa adanya, hingga pada suatu saat sosok Toyota Land Cruiser FJ40 tersebut secara tidak sengaja tertangkap indra pengelihatan Tim. “Tanpa buang waktu saya mohon izin tante untuk melihat-lihat jip tersebut. Luar biasa, jip tersebut dalam kondisi sangat utuh, mulus nyaris sempurna. Tak ada cacat bekas tabrakan dan karat yang berhasil didapati hanyalah sebesar uang koin 500-an, ” tutur pria ramah ini. “Kondisi jip ini masih seperti dalam memoriku belasan tahun silam,” kenangnya. Tim memberanikan diri untuk beranikan diri untuk memelihara jip tersebut. Di luar dugaan sang tante malah memberikan jip ini secara cuma-cuma seraya memintanya untuk memelihara suami tercintanya ini baik-baik.

Walaupun secara umum kondisi jip tersebut masih sangat baik dan orisinal, namun merasa mendapatkan amanah, Tim pun memutuskan berupaya melakukan hal yang dinilainya baik yakni dengan merestorasi total jip ini. Semua peranti yang dapat dibeli dalam kondisi baru tanpa ampun diganti. “Bagi saya jip ini merupakan sebuah amanah yang harus saya jaga sebaik mungkin. Bagi saya jelas bahwa jip ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri, namun bagi keluarga besar jip ini merupakan sebuah kenang-kenangan dari paman,” tutupnya

Mesin

Walau umur tak bisa dibilang muda lagi, namun bicara kondisi mesin dua jempol layak dilayangkan. Saat pertama kali didapati, mesin dalam kondisi sangat prima walau telah ngaso selama tujuh tahun di dalam garasi. Kendati demikian, mesin dioverhaul total dan sejumlah penyesuaian seperti mengganti dinamo starter hi-torque dan pengapian pun dilakukan.

Transmisi girboks

Girboks 3 speed bawaan asli kendaraan tetap dipercaya sebagai penghantar tenaga mesin. Demikian pula dengan tranfecase 2 percepatan part-time bawaan aslinya. Kedua peranti tersebut kondisinya masih sangat prima.

Gardan

Tak ada yang meleset dari spesifikasi yang dipaparkan dalam katalog FJ40. Gardan dengan bonggol 9 inci berfnal gir 3.7 : 1 yang tak lain merupakan spesifikasi asli bawaan pabrik jip ini. Gardan bawaan asli dipertahankan dan tentu disertai dengan peremajaan menyeluruh pada semua bagian terutama sparepart fast movingnya.

Suspensi

Suspensi lansiran Old Man Emu menggantikan peran suspensi bawaan aslli kendaraan. Proses peremajaan ini dilakukan untuk menjaga keotimalan handling dan kenyamanan kendaraan. Tak hanya itu, suspensi dengan lift kit 2.5 inci yang dipilih karena ban yang dipergunakan pun meembengkak menjadi 33 inci.

Ban dan pelek

Pelek orisinal bawaan kendaraan tetap dipertahankan karena kondisinya msih sagat baik. Agar penampilan jip ini lebih menarik, maka selruh pelek dipasangi dengan wheel dop cab orisinal Toyota Land Cruiser yang dipasarkan di North American market alias USDM. Sedangkan untuk ban dipercayakan pada produk Toyo.

Interior


Sebenarnya sebelum diretorasi, kondisi bangku jip ini dalam keadaan utuh, namun dengan berbagai pertimbangan akhirnya keseluruhan pembungkus jok orisinal ditanggalkan dan diganti dengan bahan kulit asli yang memfokuskan untuk memaksimalkan kenyamanan kendaraan.

Original


Barang-barang orisinal mendominasi pada bagian interior maupun ekserior jip yang satu ini.

Bumper


Bumper depan bawaan asli bawaan showroom masih benar-benar dalm kondisi mulus dan utuh. Begitupun dengan bumper bagian belakangnya, utuh tanpa cela.


Spesifikasi
Mesin : 2F 6 silinder inline 4.2 liter (OEM FJ40)
Pengapian : DUI
Kabel busi : DUI
Transmisi : 3 speed manual (OEM FJ40)
Tranfecase : 2 speed Part time (OEM FJ40)
Gardan : OEM FJ40
Finalgir : 3.7 : 1 (OEM FJ40)
Per : Old Man Emu lift up 2.5 inch
Sokbreker : Old Man Emu Nitro Charger shock
Pelek : 6.5 x R15 (OEM FJ40)
Wheel dop : Original wheel dop for USDM
Ban : Toyo Open Country 33 x 10.5 x 15
Spion : OEM FJ40
Boster rem : Toyota 80 Series
Front disk brake kit : Willwood
Bengkel : Dog House Kuztom
Jl.M. Kafi 1 no 99 Ciganjur, Jagakarsa
Jakarta Selatan
T: (021) 688.690.69