Laman

Senin, 19 Desember 2011

Mazda BT50 2006 | From Reot to the Chariot


JIP - Dari semua jenis dobel kabin hasil lelangan kendaraan eks tambang yang ditawarkan padanya, justru akhirnya Mazda BT50 lansiran tahun 2006 ini yang dipilih Heri Cahyono. “Saya pilih Mazda ini karena merupakan kendaraan minoritas di pertambangan ataupun di jalanan. Jadi jarang ada yang punya,”ungkap pengusaha dalam bidang otomotif ini.

Sayang seribu sayang. Doble cabin yang diincarnya tersebut kondisinya cukup mengenaskan bin memprihatinkan. “Bisa dikatakan ancur banget kondisinya. Tapi tidak jadi masalah, malah jadi menjadi tantangan sekaligus hiburan disela-sela kesibukan saya,” sambung ayah dari Garuda Surga Dilaga Nusantara dan Bara Sang Timur ini.


Dobel cabin setengah remuk ini pun tanpa menunggu lama langsung diboyong ke bengkel miliknya. Tak tanggung-tanggung, Mazda malang inipun segera dibongkar total, mulai dari bodi, drivetrain dan termasuk juga mesinnya. “Bagian yang masih bisa diselamatkan diperbaiki lagi, sedangkan sisanya diganti dengan yang baru. Singkatnya, kendaraan ini benar-benar dioverhaul secara total di semua lini,” papar pria asal Malang ini.

Entah berapa lama waktu yang telah disisihkan untuk proses restorasi ini, Heri pun tidak terlalu memperdulikannya. Namun jika saat ini kita berjumpa dengan Mazda yang satu ini, maka yang terlihat adalah sosok gagah dengan penampilan menawan. Sebuah sosok dobel cabin yang siap mengantar Heri kemana pun ia pergi terutama untuk urusan hobi off-road dan juga travelingnya.

Tak ada bekas yang tertinggal dari sosok sebuah dobel cabin Mazda reot. Kini yang nampak adalah sebuah dobel kabin gagah bagaikan Chariot alias kereta perang. Yes….from reot to the chariot….

Mesin

Dapur pacu dan perangkat drivetrainnya kini dalam kondisi prima. Walau mesin dalam kondisi hidup, namun kondisinya sangat memilukan dan memerlukan perbaikan yang serius. Mesinpun lantas dioverhaul ulang dan direkondisi. Kini kondisinya jauh lebih baik dan performa sempurnapun dapt kembali diraih.

Suspensi


Suspensi BT50 tidak dineko-neko baik suspensi independen depannya maupun per daun pada bagian belakang. Semuanya dalam kondisi standar apa adanya. Uniknya ban Hankook berukuran 32 inci dengan lebar 11.5 inci dapat dipasangkan tanpa kendala.

Bumper



Bumper beserta footsteep carikan ARJ nampak menghiasi penampilan dobel kabin ini. Peranti rakitan anak bangsa ini dibuat secara handmade dengan menggunakan plat dengan ketebalan 3 hingga 4mm. Di dalam bumper depannya ditanam sebuah winch elektrik lansiran Warn yang dipersiapkan untuk berjaga-jaga apabila kendaraan ini stuck ataupun harua menolong orang lain.

Bak belakang



Empat buah lampu tembak ditempelkan pada rollbar yang ada pada bak belakang. Jika diperhatikan lebih jauh, braket dudukan rollbar ini memiliki desain dengan apik dan rapi. Sedangkan supaya tetap terjaga kemulusannya, maka bak belakang dipasang pelindung bak.

Spesifikasi
Bodi : Mazda BT50 double cabin 2007
Mesin : 4 silinder inline diesel 2.5 liter (OEM BT50)
Transmisi : 5 speed manual
Tranfercase : 2 speed part-time (OEM BT50)
Gardan : Depan/belakang (OEM BT50)
Per : (OEM BT50)
Sokbreker : Rancho RS5000
Pelek : Challanger 8 x 15
Ban : hankook Dynapro MT 32x11.5R15
Bumper : ARJ
Side bar : ARJ
Rollbar : ARJ
Bengkel : ARJ (Aksesoris)Jl. Kunir no. 63 (samping pusat onderdil dan variasi mobil Pondok Cabe) Pamulang
Telp: (021) 70523729/08159477679
HRA (restorasi)
Jl. Cirendeu Raya no. 2 . Ciputang Tangerang.
(021) 7401002