Laman

Recent Posts

Kamis, 01 Desember 2011

Merawat AC Dan Sistem Pendinginan Buat BMW 318i


Desain pendinginan mesin alias radiator yang menganut sistem kevakuman udara, membuat E46 dilengkapi reservoir tank yang berfungsi sekaligus sebagai bleeder untuk membuang angin dari dalam sistem pendinginan. Bila air tak pernah kurang, berarti sistem pendinginan bisa dianggap normal.

Sebaliknya, bila air selalu berkurang sehabis jalan jauh atau sekadar macet-macetan, sangat mungkin ada kebocoran di reservoir tank atau radiator. “Bisa dicek dengan alat khusus untuk kebocoran,” terang Denny. Segera ganti agar mesin tak overheat. Harganya sekitar Rp 750 ribu yang sudah termasuk biaya pemasangan di BAW.

Motor Fan

Bila seri sebelumnya memakai kipas mekanikal, E46 dibekali electric fan. Kipas akan bekerja setelah suhu mesin mencapai suhu tertentu. “Electrical parts harus rajin dicek,” jelas Tatang dari BMW Specialist di bilangan Pondok Pinang, Jaksel.

Motor fan yang sudah lemah tak bisa ditawar lagi. Segera lakukan penggantian. Versi ori BMW (assembly unit) dibanderol Rp 6,4 juta, tetapi di sentra onderdil ada versi KW (Taiwan) dengan biaya lebih murah alias pahe. “Harga sekitar Rp 2,5 juta dan daya tahan cukup bagus,” jelas Tatang lagi.

Reservoir

Motor fan

Kompresor ac

Matic oil cooler
Kompresor AC

Perangkat penyejuk kabin ini jangan diajak bercanda. Meski ukurannya kecil, kompresor  bermerek Calsonic ini sanggup menusuplai udara sejuk untuk kabin E46 yang cukup luas. Tetapi kalau sudah ngadat, tak bisa diperbaiki.

Bila kompresor sudah bermasalah, sediakan Rp 7,4 juta untuk membeli kompresor anyar. Alternatif lain, pakai produk Jepang seperti Denso dengan merombak sebagian sistem AC yang sudah ada. “Versi limbah Singapura sekitar Rp 2,5 juta,” jelas Mamat dari bengkel AC, Lin Karya di Meruya, Jakbar.

Matic oil Cooler

Sistem transmisi E46 yang sudah matik, mewajibkan sistem pendinginan pelumas yang mumpuni. Tak heran bila oli transmisi yang mendidih di dinginkan lewat matic oil cooler yang terkoneksi dengan radiator.

“Oil cooler berbahan aluminium ini memiliki masa pakai hingga 100 ribu km,” jelas Erri selaku divisi spare parts BAW (Bimmer Auto Works). Tetapi bisa saja kurang dari 100 ribu km sudah afkir. Tinggal diganti saja dengan yang baru dengan biaya Rp 1,8 juta.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...