Laman

Senin, 19 Desember 2011

Mitsubishi Strada Triton 2008 | Work Hard, Play Hard



Supaya hidup seimbang, maka seorang pekerja keras membutuhkan refreshing yang setara dengan tingkat kesibukannya. Demikian pula pria yang minta disebut sebagai Mr.T ini. Pria yang berkarier di bidang perfileman ini memodifikasi tunggangannya dengan konsep yang mendukung pekerjaan, sekaligus dapat mengumbar hobinya bertualang.

“Saya pilih d-cab, karena kendaraan jenis ini memiliki kemampuan mengangkut penumpang dan barang dengan baik, dan berpenggerak 4x4, maka ia pun bisa diajak hingga ke daerah-daerah yang susah ditembus kendaraan lain,” tutur pria yang memiliki hobi bertualang ini.
Meski Mr.T sudah memilih jenis kendaraan yang tepat, namun ia tak begitu saja puas dengan kondisi standar d-cab ini. “Tak hanya sigap melahap pekerjaan dan hobi, tapi juga tak melupakan penampilan,” imbuhnya.

Untuk menerjemahkan keinginannya tersebut, maka Mr.T pun lantas menghubungi Auto Medic untuk melakukan beberapa ubahan. “Yang jelas fungsi utama d-cab ini tidak pudar oleh modifikasi yang dilakukan,” tutur Widitya Prayudi, salah seorang punggawa Auto Medic. “Pemasangan ban berukuran 33 inci tak hanya berdampak bertambahnya ground clearance, namun harus juga diikuti sejumlah ubahan, terutama pada suspensinya,” sahut Pangeran Mogadia, bagian teknik Auto Medic.

Dengan modifikasi yang dilakukan tersebut, serta merta sosok tunggangan menjadi lebih gagah dan kemampuan on –road maupun off-roadnya pun meningkat. “Tugas kerjaan terakomodir, hobi pun tetap tersalurkan...work hard, play hard gitu,” kekeh Mr T sembari menutup obrolan.

Mesin

Mesin 4 silinder diesel turbo commonrail berkode 4D56T tidak diutak-atik sedikitpun. Mesin legendaris Mitsubishi ini dianggap masih mumpuni mengikuti modifikasi yang dilakukan pada D-cab ini. (tr)

Ban dan pelek

Pelek aluminium plus ban bawaan asli dipensiunkan. Sebagai gantinya pelek aftermarket dari bahan kaleng lansiran Avantech, bersinergi dengan karet bundar Maxxis Big Horn 33 inci yang dipercaya untuk mengakomodir kebutuhan di jalanan aspal maupun medan off-road.(tr 1)

Bumper dan Winch


Termehek-mehek dengan gaya Baja Off-road, maka bumper pun terinspirasi tampilan tunggangan balap di semenanjung Baja, Meksiko ini. Minimalis dan sedikit brutal. Dengan sedikit penyesuaian, maka di bagian moncong dapat ditambatkan sebuah winch Warn M8000. (tr 2& 3)

Interior

Agar penampilan di dalam kabin menjadi lebih resik dan segar, maka jok lantas dibungkus ulang dengan bahan semi kulit yang memadukan warna cerah doortrim dengan abu-abu tua. Perpaduan warna yang diambil dari dasbor D-cab ini.(tr 8 & 9)

Suspensi dan per


Agar ban berukuran 33 inci dapat dipasang dengan baik dan aman, maka suspensi Triton ini perlu sedikit penyesuaian. Untuk meninggikan suspensi bagian depan, perangkat suspensinya pun perlu diganjal. Sedangkan pada bagian belakang cukup dengan mengganti sakel per dengan yang lebih panjang. (Tr 4, 5 & 6)


Gardan

Gardan depan dan belakang OEM tetap dipercaya menjadi andalan d-cab ini. Mitsubishi Triton ini mempunyai kemampuan off-road yang bagus, salah satunya dikarenakan Limited Slip Differential (LSD) yang tertanam di bonggol gardan belakang. (tr 11)

Overfender

Overfender asli Triton diungsikan ke dalam gudang. Posisinya digantikan oleh overfender customized dari pelat besi dengan desain menyerupai overfender racikan Bushwacker. (tr 17)

Lampu pelat nomor

Letak pelat nomor dipindah ke pintu bak. Tidak hanya itu, nampak juga lampu mundur tambahan yang dipasang menyatu dengan lampu pelat nomor tersebut. Suatu inovasi menarik. (tr 10)

Side step

Di sisi kanan dan kiri Triton ini ditambahi dengan side step yang dibuat dari bahan pipa. Selain untuk menambah gaya dan memudahkan penumpang masuk ke dalam kabin, batang ini juga melindungi dari hantaman benda keras seperti batu ataupun akar yang kerap menghajar saat off-road (tr 13)

Spesifikasi
Mesin : 4D56T 4 silider inline 2.476cc turbo commonrail
Girboks : 5 speed manual OEM Triton
Transfercase : 2 speed OEM Triton
Gardan : OEM Triton
Pelek : Avantech 15 inci
Ban : Maxxis Big Horn 33 x 12.5 x R15
Sokbreker : OEM Triton (depan) Procomp ES 9000 (belakang)
Per : OEM Triton
Extra lamp : Warn
Overfender : Customized by Auto Medic
Winch : Warn M8000
Bumper : Customized Tube by Auto Medic
Bengkel : Auto Medic Jl. Sukun No 6&7 Kampung Utan Raya Ciputat
Telp: (021) 934-72925 & 926-08074