Laman

Recent Posts

Senin, 19 Desember 2011

NISSAN TERRANO 1996 | KEBABLASAN


Bagi sebagian orang, tampilan SUV standar dirasa kurang gagah. Cara termudah mendongkrak penampilan dengan cukup mengadopsi ban besar dan kembangan kasar. Tapi pergantian ban tetap harus dipertimbangkan. Pasalnya “Handling mobil berubah drastis, plus ban bakal mentok kemana-mana,” ujar William Halim, pengusaha asal Padang yang mengganti ban ukuran 33.

“Memang mengganti ban ukuran besar memang terlihat mudah, tapi harus menyesuaikan kontruksi di bagian kaki-kaki itu yang lumayan njelimet,” papar Boy Gaz, yang dipercaya menangani ubahan ini.


Hasilnya, begitu tiba di Padang, jip langsung digiring ke workshop 801 GZ untuk kembali rombak di sector kaki-kaki. Selesai masalah kaki-kaki dan handling, Will—demikian pria ini dipanggil—kedatangan masalah lagi. Kali ini performa jip ikut terbebani. Karena sudah kepalang tanggung, will pun mengganti perbandingan final gir sekaligus ganti mesin tipe TD27 eks Nissan Pathfinder. Itupun dipasang lengkap berikut transmisi matik-nya.

“Tidak ada kendala berarti saat proses transplantasi mesin baru. Hanya dituntut ketelitian saat penyambungan kabel-kabel di ECU nya agar mesin maupun transmisi maticnya dapat bekerja optimal,” papar Boy si bengkel


Sampai disini Will mengaku puas. Sebagai finishing touch body di labur warna Evory Light (Sahara-red) uniknya sengaja pengecatan dibuat bertekstur ala kulit jeruk di seluruh body. Ketika ditanya teknik pengecatannya Boy hanya tersenyum simpul, “ Tekstur ini saya buat bukan pada saat mengecat, namun pada saat proses epoxy sehingga tekstur yang dihasilkan cenderung lebih keras.”

Well, tampilan sudah gagah dan performa mumpuni. Ajak keluarga main off-road dong.


Ban Pelek

Dari sinilah semua cerita ini berasal he..he..he. Gara-gara ganti ban Maxis bighorn 33x12,5 R15 LT, semuanya jadi berulah dan berubah.

Mesin

Tidak mau tanggung, untuk tetap mengembalikan performa yang hilang akibat penggunaan ban 33’. Mesin dari saudara sedarahnya Nissan Pathfinder yang berkode TD27 dibenamkan di ruang mesin menggusur mesin lamanya. Performa yang dihasilkan dirasa lebih mumpuni.

Kaki-kaki


Diakui Boy Gaz bagian ini yang dirasa cukup menyita pikiran. Dibagian depan dudukan arm dibuatkan baru, tepatnya 5 cm dari posisi yang lama begitu juga pemegang gardannya plus lobang dudukan bushing. Dengan ubahan ini jika sewaktu-waktu ingin di kembalikan kondisi standar dapat dilakukan dengan mudah. Mengingat dudukan-dudukan aslinya tidak ada yang dirubah. Di buritan tidak serumit depan, hanya mengubah dudukan arm plus pengganjal per setinggi 5cm. Dengan semua ubahan ini karakter handling mendekati kondisi standarnya.

Cat

Selain warna body yang eye catching, ternyata tekstur ala kulit jeruk menambah kesan garang pada tampilan Terrano ini.

Transmisi

Wah.. sudah matik nih..


DATA SPESIFIKASI
Mesin : TD 27 (OEM Nissan Pathfinder ) Turbo Diesel
Kapasitas : 2700 cc 4 silinder
Girboks : Matic OEM Nissan Pathfinder
Transfercase : OEM Nissan Pathfinder
Gardan : OEM Nissan Pathfinder
Final Gear : 9 :37
Shock : Procomp MX
Velg : Modular 15x10Ban
Ban : Maxis bighorn 33x12,5 R15 LT
Snorkel : Air Show Safari
Spot light : Warn, Hella
Winch : Warn M8000
Bumper : Custom by 801 GZ
TyreHanger : Custom by 801 GZ
Roofrack : Custom by 801 GZ
GPS : Digi In
Turbo Timer : Pivot
Bengkel : 801 GZ
Jln. Dr Soetomo No. 22 Lakuak Padang
0751-7864243
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...