Laman

Selasa, 26 April 2011

Tiga Hal yang Wajib Dicermati Sebelum Ganti Oli


Kotoran di dalam mesin bisa terjadi karena saat proses pembakaran, timbul oksidasi dan menjadi kerak bahkan korosi pada logam. “Oli yang digunakan harus berkualitas dan sesuai dengan karakter mesin,” Wilianto, Service Advisor Top Motor, sentra otomotif Mega Glodok, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (21/3).

Menurut Wilianto, salah memilih oli bisa menyebabkan mesin mengalami overheat, macet. Bahkan silinder, piston, klep, laher akan rusak. Begitu pun dengan pompa oli, dan terjadi kebocoran saluran oli.

Lantas apa saja yang wajib dipertimbangkan sebelum mengganti oli?

1. Pahami perbedaan oli mineral dan sintetis

Oli sintetis dibuat dari bahan Poly Alpha Olefin (PAO)dan campuran zat aditif tertentu. Masing-masing produsen memiliki standar komposisi yang berbeda-beda. Oli sintetis memiliki karakter tahan terhadap temperatur tinggi sehingga tidak cepat menguap, tidak cepat membeku kala suhu udara dingin, sehingga cepat mengalir ke seluruh bagian mesin sesaat setelah mesin diaktifkan.

Selain itu, oli ini mampu mencegah terjadinya endapan karbon pada mesin dan tahan terhadap oksidasi sehingga memilikimasa pakai lebih lama. Bahkan, zat deterjen yang ada di oli tersebut mampu membilas kerak atau kotoran yang ada di dalam mesin saat oli diganti.

“Sehingga mobil keluaran tahun 2000 ke atas sangat disarankan menggunakan oli sintetis baik yang sintetis murni atau semi sintetis,” tutur Wili.

2. Kekentalan bukan ukuran kualitas

Selama ini kebanyakan konsumen atau pemilik mobil hanya percaya saja dan pasrah kala mereka akan mengganti oli mesin kendaraannya di suatu bengkel dan mekanik tersebut merekomendasikan oli tertentu. Pemilik mobil semakin percaya manakala mekanik mengimbuhinya dengan bumbu bahwa oli tersebut memiliki kekentalan tertentu sehingga mutunya bagus.

Padahal, kekentalan bukanlah satu-satunya faktor yang mendukung kinerja dan perawatan mesin. Zat aditif yang ada di oli yang jauh lebih penting dalam menentukan baik tidaknya untuk perawatan mesin.

Oli dengan tingkat kekentalan yang lebih encer banyak direkomendasikan karena di dalam mesin terdapat banyak celah-celah kecil yang harus dengan cepat mendapatkan pelumasan. Oli encer juga menjadikan mesin irit bahan bakar.

Namun, oli jenis ini kurang dalam hal perlindungan terhadap mesin bahkan cenderung memperpendek usia mesin.Oleh karena itu, pabrikan mencampurinya dengan zat aditif yang khusus memberikan perlindungan terhadap mesin.

Begitu pun dengan oli yang kental. Oli ini mampu melindungi bagian-bagian mesin, tetapi menjadikan mobil boros bahan bakar. Oleh karena itu, produsen mencampurnya dengan zat aditif tertentu.

Hanya sayang, hampir semua produsen tidak mencantumkan jenis dan komposisi zat aditif tersebut. “Oleh karena itu,sangat disarankan untuk menanyakan langsung ke ahli dari produsen mobil tentang oli yang cocok untuk mobil yang bersangkutan,” kata Wili.

Produsen biasanya mencantumkan tingkat kekentalan dengan kode SAE dan diikuti angka tertentu. Selain itu oli yang telah diremendokasikan oleh lembaga tertentu antara lain API (American Petroleum Institute), ACEA (Association Des Constructeurs Europeens d' Automobiles), ILSAC (Eropa), JASO (Japan Automotive Standard Organization)

3. Jangan terpaku pada waktu atau pemakaian

Satu hal yang patut diperhatikan dalam penggantian oli adalah kapan saatnya mengganti oli. Idealnya penggantian dilakukan setiap 10 ribu kilometer (km) dengan catatan mobil hanya digunakan untuk pergi pulang ke kantor.

“Namun, sebaiknya jangan terpaku pada jarak atau interval waktu. Karena itu sangat relatif,” kata Wili.

Artinya, meski belum mencapai jarak tersebut namun waktu penggunaan telah melampui tiga bulan sebakinya diganti. Pasalnya, meski oli saat ini dirancang memiliki usia pakai panjang namun saat penggantian bisa saja udara atau kotoran masuk ke ruang mesin.

Walhasil, pada kurun waktu tertentu berpotensi menyebabkan oksidasi dan menyebabkan kualitas turun. Begitu pula, meski usia oli masih beberapa minggu tetapi kalau mobil telah melakukan perjalanan lebih dari 10 ribu kilometer atau perjalanan ke luar kota dengan jarak jauh sebaiknya juga diganti,

Sebab suhu yang panas dengan karakter lintasan yang dilalui beragam, tentu kerja mesin juga berat.

“Gesekan antar komponen pun juga semakin berat. Karenanya, untuk antisipasi sebaiknya diganti walau sebagus apapun oli itu,” kata Wili.

Ini Dia Cara Tepat Berganti Oli Merek Lain



studydriving.com

Berganti oli dengan merek lain memang tidak memiliki potensi risiko yang tinggi. Risikonya memang sangat kecil. Namun, hal itu dengan catatan bila proses penggantian tersebut dilakukan cermat dan tepat.


“Berganti oli dengan merek lain tidak bermasalah. Meski demikian untuk mencegah terjadinya risiko prosesnya harus benar dan spesifikasi atau jenis oli yang digunakan sama. Misalnya 10W – 40 juga harus diganti dengan oli dengan spesifikasi itu,” kata Ahmadi, Supervisor Shop & Drive, Jalan Hasyim Asyhari, Cipondoh, Tangerang, Ahad (27/3).

Potensi risiko akan muncul bila zat aditif oli lama yang tersisa di sela mesin memiliki sifat kimiawi yang bertentangan dengan zat aditif oli baru dari merek lain. Terlebih bila jumlahnya cukup banyak, maka mesin akan cepat panas atau overheat, menimbulkan kerak dan lain-lain.

Lantas apa saja yang harus diperhatikan sebelum berganti merek oli? Bagaimana cara mengganti oli dengan mereka lain yang benar? Berikut Ahmadi berbagi tips untuk Anda.

1. Bersihkan mesin dengan engine flushing


Langkah ini wajib dilakukan karena kendati semua produsen oli menggunakan bahan dasar yang sama atau base oil yang sama namun masing-masing memiliki zat tambahan atau zat aditif yang berbeda. Komposisinya pun berbeda.

Terlebih, unsur zat aditif berikut besaran komposisinya juga menjadi misteri. Pasalnya, masing-masing produsen menganggapnya ramuan kunci yang menjadi rahasia dapur mereka.

Namun yang pasti, kata Ahmadi, setidaknya ada tiga unsur zat aditif yang umumnya dicampurkan ke oli. Pertama, zat untuk membentuk lapisan film pada komponen -komponen di mesin sehingga melindungi peranti itu saat saling bergesekan kala mesin diaktifkan.

Kedua, zat aditif yang berfungsi untuk menjaga suhu tetap terjaga di titik optimum atau suhu yang ideal. Walhasil, tingkat kekentalan atau keenceran oli tetap terjamin.

Ketiga, zat aditif yang bersifat deterjen untuk membersihkan kotoran atau kerak di mesin.

“Karena, selain sebagai pelicin gesekan antar komponen mesin, oli juga mempunyai fungsi pendingin sekaligus pembersih kotoran. Fungsi tersebut akan maksimal bila ada mediator yaitu zat aditif,” tandas Ahmadi.

Oleh karena itu, sebelum menuangkan oli baru merek lain ke mesin lakukan pembersihan mesin dengan menggunakan zat khusus engine flushing. Biarkan cairan tersebut berada di dalam mesin hingga 15 menit agar menyelusup ke bagian-bagian yang sulit terjangkau.

“Selain membersihkan dan menetralisir sisa zat aditif oli lama, cairan flushing itu juga berfungsi untuk menggerus kerak di dalam mesin,” kata Ahmadi.


2. Lakukan pembersihan di saat suhu mesin panas

Selama ini banyak orang beranggapan bahwa proses penggantian oli yang baik dilakukan pada saat suhu mesin dingin. Ternyata anggapan seperti itu justru salah.

“Sebab, pada saat kondisi suhu mesin masih panas maka oli akan tetap encer. Pada saat itulah sisa-sisa oli termasuk zat aditifnya lebih mudah untuk dibersihkan,” terang Ahmadi.

Pada saat seperti itu, oli juga cepat melumasi atau lebih cepat terdistribusi ke seluruh bagian atau komponen mesin sesaat setelah mesin diaktifkan. Walhasil, pengemudi tidak perlu menunggu lama untuk melakukan pemanasan mesin mobil.

Selain itu, seluruh komponen yang ada di mobil juga langsung beradaptasi dengan oli baru. Terutama dengan zat aditif baru yang barangkali berbeda dengan zat aditif oli sebelumnya.


3. Gunakan oli dengan spesifikasi yang sama

Satu hal yang patut diingat dalam melihat spesifikasi oli adalah tingkat kekentalan atau viskositas-nya. Kekentalan tersebut bisa Anda ketahui dengan melihat kemasan oli, pasalnya di bagian itulah biasanya produsen mencantumkan kode huruf dan angka yang memperlihatkan tingkat kekentalan atau keenceran oli.

Misalnya, SAE 40, SAE 50, SAE 90, dan seterusnya. SAE singkatan dari Society of Automotive Engineers atau Ikatan Ahli Teknik Otomotif. Lembaga itu menetapkan standar kekentalan oli pada suhu 100 derajat Celsius.
Biasanya produsen menetapkan tingkat kekentalan pada suhu terendah dan suhu tertinggi. Contohnya, SAE 10W-40 merupakan kekentalan yang bisa berubah-ubah sesuai suhu di sekitarnya.

Huruf W di belakang angka 10 adalah singkatan Winter atau musim dingin. Artinya oli tersebut mempunyai tingkat kekentalan yang setara dengan SAE 10 saat udara dingin atau suhu rendah, dan udara panas kekentalannya sama dengan SAE 40.

Dengan kondisi seperti ini, oli akan memberikan perlindungan optimal saat mesin start pada kondisi suhu ekstrim sekalipun.

Bila oli sebelumnya menggunakan oli spesifikasi itu, maka oli baru dengan merek apa pun juga harus menggunakan spesifikasi yang sama. Penetapan penggunaan oli dengan spesifikasi itu dilakukan oleh produsen mobil sesuai dengan karakter mesin.

Daily Tips: Musim Hujan, Perhatikan Kondisi Mobil

hujan

Musim hujan telah tiba. Jalan tergenang, basah dan licin akan makin sering ditemui. Lantas sudahkan mobil anda siap "tempur". Mumpung ada waktu sebaiknya periksa kendaraan agar bisa "ready" di kala hujan.

Apa yang harus diperhatikan pada mobil anda :

1. Periksalah keempat ban, apakah masih layak atau tidak.
Alur ban harus baik, hal ini untuk mencegah terjadinya gejala “aquaplanning” (hilangnya traksi ban ke aspal). selain itu periksa pula tingkat keausan ban, tingkat keausan ban yang tinggi akan sangat berbahaya. Hal ini bisa berakibat kendaraan kehilangan traksi dan dapat mengakibatkan hal yang tidak diinginkan. Cek tekanan angin ban, atur sesuai petunjuk pabrikan. Selajutnya pilih ban yang sesuai dengan kondisi jalan, untuk musim hujan gunakan ban dengan spesifikasi All Terrain (AT).

alur-ban

2. Mesin Kendaraan memerlukan pasokan listrik agar dapat beroperasi, maka perhatikan sistem kelistrikan pada mobil.
Hindari dari air hujan, pasalnya air bisa menyebabkan konsleting, hal ini amat berbahaya. Adapun bagian penopang sistem kelistrikan yang perlu diperhatikan : ECU, CDI, Alternator, Koil, Kabel Busi dan Busi, Accu/battery, Distributor, Air Filter (filter udara) bisa bikin air masuk ke dalam mesin, Karburator, Injektor, Platina.

3. Periksa kondisi karet pintu, "si hitam" jangan sampai getas, lupa sedikit bisa mengakibatkan air hujan masuk ke kabin.

karet-pintu

4. Cek pula kondisi motor wiper, karet wiper dan kaca depan kendaraan.
5. Perhatikan sistem pendingin (AC), apakah sudah sempurna. Bila AC mati akan berakibat terjadinya kabut/embun pada kaca, di kala hujan.
6. Periksa kelayakan lampu kabut (fog light).


Transmisi 8 percepatan

crGroup Chrysler akan mendanai produksi sistem transmisi delapan percepatan sebesar $300 juta pada salah satu lokasinya di Kokomo, Indiana, Amerika Serikat. Transmisi delapan percepatan ini akan lebih hemat bahan bakar dibandingkan lima dan enam percepatan yang sudah konvensional.

Chrysler telah mengantongi lisensi produksinya dari perusahaan Jerman ZF Group dan produksi akan dimulai tahun 2013. Chrysler mengatakan investasi sebesar itu akan digunakan untuk membangun fasilitas produksi tranmisi barunya di Kokomo, Indiana.

Terobosan teknologi ini akan menjadi sebuah terobosan yang cukup besar mengingat sistem transmisi delapan percepatan secara teori sudah pasti meningkatkan efisiensi dengan rasio gigi yang mengizinkan mobil melaju lebih cepat pada RPM mesin yang sama.

Teknologi : Knalpot Bersuara Ganda

knalpot

Muffler yang suaranya dapat diubah sewaktu-waktu tentu menarik perhatian dunia. Meski tampak seperti cerita dongen namun kini, perusahaan Cobra Technology & Lifestyle, dari Jerman berhasil menciptakan "make believe" muffler yang dapat diubah suaranya dan diberi nama COBRA N+ Sports Kit.

Cobra Technology & Lifestyle telah membuat sebuah sistem yang bisa mengubah suara knalpot di mesin Nissan 370Z. Nissan 370Z memang memiliki indentitas Sports Car sehingga wajar bila suara knalpotnya juga meraung sadis. Nah Produk baru bernama COBRA N+ Sports Kit ini sanggup membungkam "kebisingannya" seketika hanya dengan sebuah tombol.

Tentu saja perubahan suara ini tidak bersifat permanen,sehingga pengemudi dapat tetap menikmati apapun mood dan environment sekitarnya. Biasanya, innovasi sebuah perusahaan akan diikuti oleh innovasi perusahaan lain baik sama, atau malah lebih baik. Kita tunggu Mugen, TRD, Nismo, dll untuk menggempur pasaran knalpot multi identity ini. All right guys?

Komponen Vital di Mobil Saat Menerjang Banjir




Curah hujan sekarang ini lagi jarang, bukan berarti musimnya sudah berhenti. Malah sampai Februari nanti masih berlangsung dan diramalkan bakal terjadi banjir paling parah. Nekad menerjang dengan mobil, siap-siap kantong dikuras untuk memperbaiki kerusakannya.

Ada beberapa komponen yang bisa rusak, bahkan kerusakannya fatal dan dana yang dikeluarkan cukup banyak. Inilah komponen berikut kerusakan sereta estimasi biaya perbaikan.

Water Hammer
Air masuk ke dalam ruang bakar saat mesin bekerja. Akibatnya, piston yang mengompres udara dan bahan bakar tercampur air. Karena air zat yang tak bisa dikompres, maka akan terjadi tekanan sangat tinggi di ruang bakar yang mengakibatkan piston berlubang, setang piston patah serta blok mesin pecah.Sialnya, kerusakan akibat water hammer tidak termasuk risiko yang ditanggung asuransi. Biaya perbaikannya mencapai puluhan bahkan sampai ratusan juta rupiah.

Rem berkarat
Kampas dan piringan rem mudah berkarat dalam kondisi lembab. Saat kita menarik rem tangan, kampas belakang bisa menempel dengan piringannya. Gejalanya terasa ketika melepas rem tangan, laju mobil tertahan. Jadi, upayakan setiap habis menerjang banjir, injaklah pedal rem (denngan kaki kiri) sedikit sembari tetap menekan pedal gas. Langkah ini akan membuang air serta menimbulkan panas pada rem sehingga air menguap. Potensi kerugian Rp1-Rp5 juta.

Oli tercampur air
Kala menerjang banjir, air berusaha masuk melalui celah-celah. Salah satu bagian yang rentan disisipi air adalah transmisi. Oli yang bercampur air akan kehilangan daya lumasnya dan lebih rentan terkena karat. Namun sebelum karat muncul, daya lumas oli yang berkurang menjadikan aus secara dini. Pada transmisi otomatis, pelumas yang terkontaminasi air akan menyebabkan kerusakan pada pelat kopling berlapisnya.
Cara mencegah kerusakan periksa warna oli setelah menerjang banjir. Oli yang tercampur air akan berwarna lebih muda dan bersifat lebih cair. Segera ganti olinya, bila sampai terjadi kerusakan, potensi kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

Kopling Menempel
Untuk mobil bertransmisi manual, setelah menghajar banjir jangan langsung parkir. Karena, air yang merembes ke kopling membuat komponen tersebut dan dekrupnya menjadi lembab yang mengakibatkan adhesi yang kuat antara pelat kopling dan dekrup. Jangan kaget kalau esoknya transmisi sulit dioperasikan. "Karena plat kopling dan dekrup menempel dan berkarat," terang Teddy Rev, pemilik bengkel dari Rev Engineering yang sering menemukan gejalan seperti itu. Potensi kerugian Rp2-Rp5 juta.

Alternator korslet
Fungsinya mengubah putaran mesin menjadi arus listrik. Sebetulnya, komponen ini rentan rusak bila terkena air. "Taoi sekarang ini banyak mobil menggunakan alternator canggih dengnan IC (integrated circuit) di dalamnya. Nah, ini bisa rusak bila terendam air," jelas Atek, pemilik Galeri Alternator diHaji Nawi, Jakarta Selatan. Potensi kerusakan Rp1-Rp3 juta.

5 Poin Perlu Kita Perhatikan Saat Melibas Genangan


Saat musim hujan, seringkali pengendara terjebak kemacetan di jalan raya. Wajar, karena saat hujan turun pada umumnya pengendara akan menurunkan kecepatan. Apalagi jika melewati daerah-daerah yang rawan tergenang banjir. Bukan tanpa alasan jika para pengendara mengubah gaya berkendara saat melibas genangan. Memperlambat laju kendaraan, salah satunya ditujukan agar gerak mobil tidak membuat genangan air bergelombang.

Memang, selain menurunkan kecepatan, berikut ini 5 (lima) poin yang sebaiknya kita perhatikan:

  1. Perhatikan ketinggian genangan air, bisa dengan berpatokan pada tinggi trotoar atau melihat kedalaman ban mobil yang terendam. Kendaraan tidak didisain untuk melewati genangan air yang tinggi. Batas aman melibas genangan adalah bila ketinggian air tidak lebih dari setengah tinggi roda (standar) mobil kita.
  2. Gunakan gigi rendah (1 atau 2). Pada transmisi matik pindahkan tuas ke posisi L atau 2.
  3. Atur RPM mesin secara konstan, antara 1.500 s/d 2.000 RPM. Jangan khawatir air masuk dari (terhisap) knalpot, karena tendangan dari gas buang pada saat RPM idle pun sudah mampu mendorong air.
  4. Jaga jarak dengan kendaraan di depan dan tetap melaju dengan kecepatan rendah. Tujuannya, untuk tetap memberi ruang gerak bagi mobil Anda jika sesama pengguna jalan di depan berhenti mendadak.
  5. Perhatikan juga kendaraan yang melaju dari arah berlawanan. Laju mereka menyebabkan gelombang air yang akan menuju arah depan kendaraan kita. Akan sangat berbahaya bila gelombang air sampai ke saluran udara mesin. Untuk point 4 dan 5 ini, alangkah baiknya jika kita mengetahui posisi dan ketinggian saluran hisap udara mesin kendaraan kita. Hal ini akan menambah akurasi perhitungan kita saat melibas genangan. Biasanya saluran hisap ini terletak sedikit di atas grill kendaraan. Pada beberapa kendaraan, posisinya terletak tidak menghadap ke arah depan langsung, sehingga peluang air terhisap semakin kecil.

Pertolongan Pertama Bila Mobil Anda Terendam Banjir

terendam-banjir

Mungkin anda telah membaca artikel Tips Mobil Menerjang Banjir dan juga Komponen Vital Mobil Menerjang Banjir. Namun tetap saja petaka datang dan mobil anda "kembung" terendam air banjir. Berikut ini ada tips pertolongan pertamanya.

Tips untuk meminimalkan kerusakan yang fatal pada mesin atau efek negatif lainnya akibat mobil anda terendam banjir antara lain:

  1. Segera lepaskan kabel positif aki, hal ini bertujuan untuk menghindari hubungan arus pendek (korsleting) dari arus listrik yang dapat merusak komponen elektronik didalamnya.
  2. Jika memungkinkan untuk memindahkannya, lakukan dengan cara mendorong, jangan coba-coba untuk menyalakan mesin karena bisa menyebabkan adanya korslet dan air banjir bisa terhisap banyak masuk ke dalam mesin.
  3. Segera non-aktifkan rem tangan lalu gunakan batu atau masukkan persneling ke gigi 1 untuk menghindari kanvas rem melekat terutama pada mobil yang masih menggunakan rem tromol.
  4. Cek semua oli ataupun minyak baik itu transmisi, mesin dan yang lainnya setelah banjir tidak lagi merendam mobil, karena kemungkinan oli ataupun minyak yang dipakai pada mobil telah tercampur air, jadi sebaiknya kuras semua oli maupun minyak tersebut dengan yang baru.
  5. Kuras juga tangki bensinnya agar memastikan bensin tidak bercampur air dan menghindari karat pada bagian dalam tangki.
  6. Keringkan busi, saringan udara (Air Filter), karburator, koil, alternator, delco (distributor) kabel-kabel dan seluruh bagian atau komponen mobil yang berhubungan dengan kelistrikan, pastikan semua sampai benar-benar dalam kondisi kering lalu lakukan pemeriksaan semua fungsi-fungsinya masing-masing komponen tersebut.
  7. Cek fungsi audio sistem terutama head unit, untuk speaker sudah pasti akan rusak jika terendam banjir, karena bagian depan atau konusnya terbuat dari bahan yang tidak boleh terkena air.
  8. Copot atau keluarkan karpet, jok, doortrim dan bagian interior lainnya yang telah basah akibat banjir lalu cuci dan keringkan agar tidak menyebabkan timbulnya jamur dan bau tidak sedap serta menghindari terjadinya karat pada bagian dalam kabin.
  9. Bila terjadi pada mobil yang sudah menggunakan komponen ECU, sebaiknya langsung lakukan pemeriksaan ke bengkel resmi, karena komponen ECU sangat sensitif dan kemungkinan mengalami kerusakan akibat telah terendam banjir.
  10. Setelah mesin dapat menyala, lakukan pemeriksaan seperti mendengarkan suara mesin, apakah terdengar ada suara mesin yang aneh atau tidak seperti biasanya. Jalankan mobil dengan sedikit menginjak pedal rem untuk mempercepat pengeringan sistem rem.

Kondisi mobil yang telah terendam banjir pastinya memang akan mengalami kerusakan, tapi dengan tips diatas, kondisi mobil bisa lebih baik dan setidaknya terhindar dari kerusakan secara total yang akan membuat SO'mers mengalami kerugian yang sangat banyak.

Solusi darurat saat Fuel Pump Tersumbat

kepik-dalam

Kalau mobil anda terkena dampak bensin premium kotor, anda bisa ikuti langkah darurat yang dicetuskan olehFranz Heru dari komunitas mobil Karimun. Caranya simple, tidak mahal dan bisa dilakukan siapapun yaitu menggunakan "Tangki Jinjing". Mobil yang kekeringanpun segera mendapat supply bensin lagi.

Yang harus disiapkan antara lain jerigen besar yang lubangnya besar, selang, pentil besi, klem, pipa sambungan sok, colokan lighter mobil, dan motor fuel pump. Setelah semuanya tersedia, tinggal dirakit, dengan pola yang sama seperti yang terpasang pada mobil, bedanya, tangkinya terbuat dari jirigen dan bisa dijinjing.

Untuk listriknya, lighter mobil tersebut tinggal dicolokkan pada dashboard mobil, sehingga bisa mengaktifkan motor fuel pump tangki jinjing tersebut. Jadi, bila sewaktu-waktu mobil anda fuel pump nya ngadat, tinggal diganti switch saluran bensinnya, dari bawaan mobil ke tangki jinjing. Kalau mau lebih sederhana dan murah, ada lagi. Meskipun dari tampilan sangat tidak enak untuk dilihat. Yakni, menggunakan botol air mineral dan selang untuk menyedot bensin.

Tinggal membolongi tutup botol air mineral untuk dipasangi pentil, agar bisa disambung dengan selang. Jadi, saat kematian fuel pump tiba-tiba, tinggal sedot bensin dari tangki dengan slang, tampung di botol air mineral tadi. Kemudian, lepas selang bensin dari pipa di ruang mesin, jangan lupa sumbat pipa yang muncul dari bawah bodi, maka mobil siap diajak jalan kembali.

"Infus hanya berguna untuk mobil seperti Karimun kotak, sementara tangki jinjing dapat digunakan untuk mobil-mobil dengan sistem karburator atau injeksi," ujar Heru.

Tangki Jinjing lanjut Heru menjadi perlengkapan yang ada di mobil "emergency team" Karimun Club. Jadi ketika ada mobil member yang mogok akibat fuel pump ngadat, langsung bisa beraksi.

Bensin Premium Kotor - Merusak Fuel Pump dan bikin Mogok Seketika

Bensin Premium Kotor merusak Fuel Pump (Pompa Bensin, bukan Pom Bensin) sedang marak dibicarakan di semua media. Bahkan armada TAXI Blue Bird kocar kacir karena unit-unitnya terserang wabah bensin kotor ini. Pihak pertamina menyangkal kemungkinan adanya bensin kotor seperti yang diberitakan dengan alasan "Kami selalu periksa setiap hari kualitas bensin di Pertamina". Ungkapan ini disampaikan padahal pihak pertamina belum melakukan uji kelayakan di lapangan.

Bahkan di pagi hari berita ini sudah menyebar melalui Blackberry Messenger. Pada awalnya pesan tersebut dikira pesan bodong alias spam. Namun pemberitaan makin marak bahkan media media main stream (TV, Koran, media elektronik besar) ikut-ikutan membahas. Berarti issue ini benar-benar hot dan bukan sembarang iseng broadcast dari teman ke teman.

Bensin kotor ini menyebabkan Fuel Pump tersumbat dan akan membuat mobil mogok. Menurut Iwan, pujangga dari salah satu bengkel Modifikasi di Jakarta "penyakit" ini tidak akan menimbulkan gejala melainkan langsung mati tanpa peringatan. Namun bisa juga terjadi proses secara perlahan (pada awalnya) dimana mesin jadi tidak responsif berhubung kotoran baru mulai menyumbat namun gejala ini sulit dirasakan bila pengemudi kurang sensitif. Setelah kotoran mulai menimbun barulah mati total sehingga pengemudi terbingung-bingung.

Beberapa orang memberikan saran pribadi agar teman-temannya beralih ke BBM merek lain untuk sementara ini sampai keadaan jernih. Ada baiknya anda ikuti nasihat-nasihat pribadi ini.


Oli Mineral VS Oli Synthetic - Mana yang lebih bagus?

oli4

Oli mesin mempunyai fungsi dasar sebagai pelumas untuk memperkecil gesekan atau keausan dari sejumlah komponen di dalam mesin yang bekerja dan bergerak saat mesin kendaraan hidup. Pelumas yang bekerja secara efektif sesuai fungsinya akan memperpanjang usia mesin sehingga lebih awet masa pakainya.

Oli mesin juga tidak hanya berfungsi sebagai pelumas saja, melainkan juga sebagai pendingin, anti karat, penutup celah mesin dan pembersih mesin. Pelumas yang baik harus bisa membuat kinerja mesin lebih ringan dan bertugas sebagai pelindung komponen metal dari friksi akibat gesekan terus-menerus dalam waktu lama.

Dari bahan dasarnya, oli mesin yang umum beredar terbagi 2 jenis, yaitu :

  1. Oli Mineral (Base Oil) : Diperoleh dari hasil tambang minyak bumi yang diolah menjadi oli dan ditambah bahan aditif untuk menambah mutu pelumas menjadi lebih baik.
  2. Oli Sintetis (Synthetic Oil): Oli Sintetis biasanya terdiri atas Polyalphaolifins yang datang dari bagian terbersih dari pemilahan dari oli mineral, yakni gas. Senyawa ini kemudian dicampur dengan oli mineral. Inilah mengapa oli sintetis bisa dicampur dengan oli mineral dan sebaliknya. Basis yang paling stabil adalah. Pada dasarnya, oli sintetis didesain untuk menghasilkan kinerja yang lebih efektif dibandingkan dengan oli mineral.

Oli Mineral VS Oli Synthetic
Keunggulan oli synthetic dibandingkan oli mineral :

  • Lebih stabil pada temperatur tinggi (less volatile) sehingga kadar penguapan rendah
  • Mengontrol/mencegah terjadinya endapan karbon pada mesin
  • Sirkulasi lebih lancar pada waktu start pagi hari/cuaca dingin
  • Melumasi dan melapisi metal lebih baik dan mencegah terjadi gesekan antar logam yang berakibat kerusakan mesin
  • Tahan terhadap perubahan/oksidasi sehingga lebih tahan lama sehingga lebih ekonomis dan efisien
  • Mengurangi terjadinya gesekan, meningkatkan tenaga dan mesin lebih dingin
  • Mengandung detergen yang lebih baik untuk membersihkanmesin dari kerakOli mineral biasanya dibuat dari hasil penyulingan sedangkan oli synthetic dari hasil campuran kimia.

Bahan oli synthetic biasanya PAO (PolyAlphaOlefin).Oli synthetic biasanya disarankan untuk mesin-mesin berteknologi terbaru (turbo, supercharger, dohc, dsbnya) juga yang membutuhkan pelumasan yang lebih baik (racing) dimana celah antar part/logam lebih kecil/sempit/presisi dimana hanya oli synthetic yang bisa melapisi dan mengalir sempurna.

Jadi untuk mesin yang diproduksi tahun 2001 keatas disarankan sudah menggunakan oli yang bertipe synthetic baik semi synthetic (campuran dengan mineral oil) atau fully-synthetic.

Perbandingan harga Oli Mineral - Semi Synthetic - Full Synthetic
Oli fully synthetic harganya bisa 2X - 4X lebih mahal dari yang semi synthetic, sedangkan
Oli semi synthetic harganya bisa 2X lebih mahal dari oli mineral.


EZ Matic : Konversi Transmisi Manual ke Matic

ez matic1

Transmisi manual dan otomatis memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing dan peminatnya sendiri-sendiri pula. Namun bukan tidak mungkin anda berubah pikiran... terlanjur beli mobil dengan trasmisi manual (manual transmission) dan ingin konversi alias merubah menjadi transmisi otomatis (automatic transmission) Bisa, tidak sulit, dan tidak terlalu mahal kok.


Tapi saat ini buat SO'Mers yang memiliki mobil bertransmisi manual telah dapat melakukan konversi jenis tranmisinya menjadi matic tanpa harus merubah transmisi originalnya dan tanpa harus mengeluarkan uang Seperangkat alat konversi transmisi ini bernama EZ Matic atau bisa juga disebut EasyClutch. EZ Matic sendiri merupakan sebuah sistem kopling otomatis multifungsi yang mampu mengubah transmisi manual menjadi matic dan dapat diaplikasikan pada semua jenis mobil yang bertransmisi manual, tanpa harus merubah transmisi orisinil mobil secara mekanikal.

Telah banyak pemilik mobil yang menggunakan EZ matic sebagai solusi aman dan nyaman dalam mengendarai mobil manual, karena memang perangkat ini sebenarnya sudah lama ada dan dikenal, karena telah hadir di Indonesia kira-kira sudah hampir 15 tahun.

Keunggulan teknologi EZ Matic

Bisa dibilang EZ Matic ini semacam transmisi Triptonic (semi automatic) dimana kopling yang seharusnya ada dikaki kiri pindah pengoperasiannya di girknob (Shift Knob). Selain itu pada sistem EZ Matic juga memiliki fitur switch mode yang bisa diletakkan disebelah kanan setir yang dapat berfungsi sebagai switch pengubah dari mode EZ Matic ke mode full manual seperti transmisi orisinilnya. Jadi apabila pengemudi bosan menggunakan mode automatic, transmisi dapat diubah kembali ke mode manual tanpa perlu melepas perangkat EZ Matic yang sudah terpasang.

Dengan menggunakan EZ Matic, pengemudi memang tetap harus melakukan perpindahan gigi melalui shift knob, akan tetapi tidak perlu menginjak pedal kopling untuk melakukannya, yang diperlukan hanya tinggal menekan tombol shift sebagai yang terdapat pada shift knob dari EZ Matic, lalu lakukan perpindahan gigi seperti biasa.

Menggunakan EZ Matic, juga bisa dipastikan konsumsi bahan bakar akan lebih hemat dibandingkan dengan kendaraan yang bertransmisi full automatic dan tetap dapat memanfaatkan Engine Break (pengurangan kecepatan dengan bantuan putaran mesin) saat ingin memperlambat laju mobil, sehingga kanvas rem kendaraan tetap awet. Semua pekerjaan kaki kiri (menekan pedal kopling) akan dilakukan oleh perangkat ini dengan bantuan komputer yang canggih, jadi tidak perlu khawatir lagi dengan umur kanvas kopling.

Berbeda dengan kendaraan bertransmisi full automatic ketika mobil mogok tidak bisa didorong untuk menghidupkan mesin mobil, maka untuk mobil transmisi manual yang memasang piranti EZ Matic, mendorng mobil tetap masih dapat dilakukan dengan hanya mengubah mode switch ke posisi manual, kemudian mobil didorong untuk menghidupkan mesinnya. Walaupun piranti ini dipasang didalam kompartemen mesin tapi tidak usah khawatir kalau piranti ini dapat rusak atau terendam air karena memang sudah didesain untuk mengantisipasi hal-hal seperti itu.

Pemasangan
Satu set komponen produk dari EZ Matic / EasyClutch terdiri dari komponen berteknologi canggih, seperti penggerak/actuator (motor pegas cam, kopling-posisi sensor, silinder/peyangga kabel) unit pengontrol dengan CPU, tuas gear (tombol shift, tombol hill), mode switch, akselerasi/tombol pedal kopling, pipa hidrolik/kabel kopling pengikat kabel kelistrikan, fixing brackets, dan sensor kecepatan sebagai pilihan (optional).
ez matic2


CPU pada perangkat EZ Matic merupakan komponen yang mampu menganalisa RPM mesin dan kecepatan sinyal, fungsi pedal, pergerakan gear knob serta membantu kelistrikan motor dari komponen aktuator EZ Matic yang terpasang di ruang mesin untuk pengaturan pengoplingan dan tidak mengopling, jadi CPU merupakan otak / pengendali dari EZ matic. Remapping EZ Clutch dari CPU pun harus dilakukan namun hanya perlu dilakukan selama 6 bulan sampai setahun sekali saja.

Untuk pemasangannya, antara mobil lansiran Asia dengan lansiran Eropa dan Amerika terdapat perbedaan. Dikarenakan mobil-mobil lansiran Asia memiliki mesin dengan sistem elektrikal yang tidak terlalu rumit dan sensitif, maka pengerjaannya hanya membutuhkan waktu 1 hari. Sedangkan untuk mobil-mobil lansiran Eropa dan Amerika membutuhkan waktu selama 2-3 hari dikarenakan perlengkapan elektriknya lebih sensitif, sehingga diperlukan kehati-hatian dan ketelitian lebih didalam pengerjaannya. Hal ini pun berimbas dengan ongkos pemasangan, dimana untuk mobil-mobil lansiran Asia harga yang dipatok sebesar 8.5 juta dan untuk mobil-mobil Eropa dan Amerika dipatok harga sebesar 10 juta.

Test Drive

Berbeda dengan mobil yang memakai transmisi full automatic dimana pada saat putaran mesin rendah, tarikan awal terasa berat dan mobil transmisi full manual yang memiliki jeda perpindahan gigi. Ketika SO ikut berkendara menggunakan mobil manual yang sudah memasang EZ Matic, SO merasakan tarikan awal menjadi lebih responsif, begitupun ketika mobil dipacu dalam putaran rendah hingga tinggi, pada saat perpindahan gir terasa tidak ada jedanya dan membuat laju mobil lebih halus dan responsif melesat.

EZ Matic memang dirancang secara khusus untuk kemudahan dan kenyamanan berkendara untuk semua jenis mobil yang bertransmisi manual, karena tidak perlu adanya perubahan dibagian mesin ataupun girboks, transmisi mampu dibuat menjadi matic. EZ Matic mampu menggabungkan kelebihan mobil bertransmisi manual dan matic.

Info :
EZ CLUTCH
Jakarta EasyClutch Service Center
Jl. Kelapa Hybrida Raya Blok PE 10 No. 6
Kelapa Gading Permai, Jakarta – Utara
Phone : (021) 4504454 / 4526378 / 4531905


Click to open image! Click to open image! Click to open image!


Click to open image! Click to open image! Click to open image!


Click to open image! Click to open image! Click to open image!


Click to open image! Click to open image! Click to open image!


Click to open image!

Daily Tips : Tangkal Pencurian Spion dengan "Sandblast"

sandblast

Harga kaca spion bisa mencapai jutaan rupiah, jangan heran kalau barang kecil ini juga ada asuransinya. Asuransi ini lumayan banyak peminatnya mengingat aksi pencopotan spion mobil mewah marak terjadi. Ikuti tipsnya agar spion mobil tidak dicopot si maling.

Yang menjadi langganan pencurian spion adalah spion mobil-mobil mewah yang memang harganya tinggi di pasaran seperti Toyota Harier, Toyota Alphard, Nissan Elgrand, Mercedes Benz, BMW, dll. Kalau spion mobil yang umum (non lux) harganya tidak bagus di pasar gelap sehingga sedikit kasus pencuriannya.

Ada banyak cara untuk "membunuh" niat mencuri si maling spion, diantaranya:

1. Menggrafir atau sandblast kedua kaca spion
2. Kamuflase seolah spion anda rusak. Caranya dengan menempelkan isolasi, dijamin si maling malas mencuri spion anda. Namun nilai estetika mobil anda juga pasti berkurang.
3. Jika ada orang yang dicurigai mendekati mobil tekan klakson dengan keras, karena itu akan memancing perhatian orang banyak di sekitar mobil anda dan pastinya mengganggu si pencuri secara psikologis.

Diantara solusi diatas, yang paling daat diandalkan dan tetap menjaga estetika adalah Sandblast. Dengan sandblast, kaca spion akan diberi ukiran/grafir nomor pelat mobil anda. Grafiran ini tidak dapat dihapus sehingga identitas kepemilikan spion menjadi permanen. Biayanya mrah, hanya Rp 50.000 perbuah.

Rata-rata pencuri spion akan menjual spion curiannya ke penadah di berbagai area pasar aksesoris mobil seperti senen, kemayoran, fatmawati, dan lain-lain. Harganya variatif. Namun kaca spion yang sudah disandblast harganya anjlok atau bahkan tidak akan diterima si penadah dengan alasan beresiko (penggerebekan) dan sulit cari konsumen yang mau membeli kaca spion "beridentitas" seperti itu.

Jadi, Rp 50.000 mungkin menjadi asuransi terbaik anda untuk melindungi si kaca spion.

Ditembak Dari Belakang?? Jangan Panik!


Spion MobilPernah dibuat kesal oleh pengemudi mobil di belakang anda saat berkendara di malam hari? Yup, mungkin mobil tersebut memasang lampunya terlalu tinggi atau dia sengaja “menembak” anda. “Tembakan” itu terasa menyakitkan mata kita dan sangat menggangu kenyamanan mengemudi.


Pada mobil-mobil mewah biasanya pabrikan sudah mengemas spion tengah (rearview) yang dapat meredup secara otomomatis bila mendeteksi intensitas cahaya yang dapat mengganggu kenyamanan pengemudi. Spion jenis ini disebut juga Auto Dimming Rearview (ADR) . Berhubung bukanlah sebuah alat yang bersifat “harus” maka kebanyakan pembuat mobil tidak memasukan spion mewah ini kedalam built in featurenya untuk menekan harga jual mobilnya.

Nah buat anda yang tidak memiliki spion mewah ini, jangan khawatir dan jangan buru-buru beli. Mungkin anda tidak sadar tetapi sebenarnya kebanyakan spion tengah memiliki kemampuan yang mirip dengan Auto Dimming Rearview diatas. Hanya saja milik anda ini tidak bekerja otomatis dan tidak sebaik versi mewahnya.

Pada kebanyakan spion tengah terdapat sebuah tuas kecil di bagian bawahnya. Bila anda mainkan tuasnya (tilt up/down) maka anda akan mendapatkan pantulan yang sama tetapi dengan intensitas yang berbeda. Effek ini mirip dengan fature ADR diatas. Jadi saat pengemudi di belakang anda “menembak” anda tinggal mainkan saja tuasnya dan anda terbebas dari gangguan cahaya silau.

Spion mobilMemang tidak terlalu cool, tapi kalau anda memangtidak sering-sering “ditembak dari belakang” rasanya tidak perluanda membeli ADR.Spion mobil

Radiator Coolant VS Air AC

main

Sebuah pegujian sederhana yang dilakukan oleh salah satu anggota forum Serayamotor membuktikan bahwa air AC (apa lagi air keran) tidak baik untuk radiator mobil karena bersifat korosif dibandingkan radiator coolant. Bila dibiarkan berkepanjangan maka bagian dalam radiator yang termakan karat akan menipis dan berpotensi bocor. Berikut pengujiannya.

Dua wadah berbeda yang satu diisi dengan air AC dan satunya lagi dengan Radiator Coolant (merk tidak disebutkan). Kemudian pada kedua wadah tersebut dimasukan paku payung hingga terendam seluruhnya dan dibiarkan selama satu minggu.

Efek korosif pada hari pertama kedua cairan:

1

2

Pada hari kedua material logam ditambah dengan memasukan paku berkarat pada masing-masing cairan.

Efek korosif pada akhir pengujian:

3

4

5

6

Hasil pengujian ini menunjukan bahwa radiator coolant efektif menjaga kondisi logam dalam artian sebagai pencegah korosi (karat). Wadah yang berisikan air AC terlihat sangat keruh dan terdapat endapan karat logam, sedangkan wadah yang berisikan radiator coolant relatif tidak berubah; hanya sedikit berubah warnanya namun tidak keruh dan tidak terdapat endapan karat.

Oleh karena itu sangat disarankan agar setiap pemilik kendaraan menjaga kondisi mobil, bukan hanya interior dan exterior saja namun juga "jeroan" mobil agar tidak kecolongan yang akan menelan dana besar. Merawat selalu lebih baik daripada mengobati.


Mobil Boros gara-gara Air-Fuel-Ratio tidak optimal

afr

Settingan mesin untuk Air-Fuel-Ratio adalah perbandingan asupan bahan bakar dengan udara saat terjadi pembakaran didalam mesin. Rasio campuran yang salah menjadikan mobil anda boros dan tidak bertenaga. Bagaimana caranya kita tahu AFR kita sudah optimal?

Tiga macam kondisi Air-Fuel-Ratio

  1. RICH: Rasio perbandingan campuran menjadi “rich” bila pasokan bahan bakar ke ruang bakar lebih besar dari yang dibutuhkan alias berlebihan. Kadar bahan bakar yang berlebihan tidak menjadikan pembakaran lebih baik, sebaliknya justru kurang optimal baik dari tenaga yang dihasilkan maupun efisiensinya.
  2. LEAN: Sedangkan kondisi dimana bahan bakar kurang dan kadar udara berlebih disebut "lean".
  3. STOICH: Dan kondisi dikatakan ideal bila jumlah asupan udara sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan untuk membakar semua bahan bakar dan kondisi ini disebut "stoichiometric" dan sering disingkat "stoich".
Pada mobil bensin rasio campuran antara udara:bensin yang optimal adalah antara 14.7:1 hingga 14.1:1.

Indikasi praktis AFR sudah optimal atau belum
Nah, ada cara praktis untuk mengetahui pas atau tidaknya pengaturan AFR. Salah satunya dapat kita deteksi dengan memperhatikan RPM mesin pada posisi idle (diam ditempat dengan mesin menyala). Jika RPM mesin turun naik, ini pertanda pengaturan perbandingan bahan bakar dan udara yang kurang pas.

Karena itu, waspadai mesin yang tidak stabil dalam posisi idle. Selain mengakibatkan konsumsi yang lebih boros, sangat mungkin mesin tiba-tiba mati saat mobil tengah kita pacu di tengah di jalan.

Cara yang lebih baik untuk mengetahui bila AFR tidak pas adalah melalui uji emisi gas buang. Bila hasil uji emisi menunjukan kadar HC dan CO yang terlalu tinggi, berarti bahan bakar yang masuk ke ruang bakar terlalu berlebih.

Pengaturan ulang rasio campuran bahan bakar dan udara (AFR) biasa disebut setting CO dan dapat dilakukan oleh para mekanik di bengkel-bengkel perawatan mobil pada umumnya.



Air filter racing lebih baik dari air filter standard

Air filter racing atau saringan udara racing bisa dibilang lebih baik daripada air filter standard yang terbuat dari kertas. Kenapa?

Air filter standard yang terbuat dari bahan kertas sangat baik menyaring udara, sangat rapat sehingga partikel halus di udara akan tersaring dengan sangat baik. Namun tingkat air flow alias jumlah udara yang melewati filter tersebut juga ikutan tertekan, akibatnya supply udara tidak optimal. Bersih namun kurang lancar. Bayangkan bagaimana rasanya bila anda bernafas di udara yang sangat bersih tetapi jumlahnya dibatasi. Pasti tetap tidak nyaman.

Air filter racing hadir dengan berbagai macam teknologi. Nah air filter racing pada umumnya dibuat dengan bahan Cotton Gauze (bahannya seperti bahan kain berserat) memiliki serat yang sangat halus sehingga mengizinkan kombinasi tingkat filtrasi udara dan supply udara lebih baik daripada air filter standard berbahan kertas.

air-rep1

Berbagai produsen meng-claim produknya (air filter racing cotton gauze) sanggup memberikan performa tambahan sekaligus memperhemat pemakaian bahan bakar. Dari lebih lancarnya supply udara ini di-claim bisa memasok tenaga tambahan mencapai 2-3 horse power (daya kuda), sedangkan penghematan BBM bisa mencapai 10%. Harga air filter racing memang lebih mahal namun air filter racing juga awet dan dapat digunakan berkali-kali.

Air filter racing dikenal juga dengan nama replacement filter. Jangan heran juga bila anda mendengar istilah open air filter. Open air filter adalah istilah yang digunakan untuk sebuah air filter yang "tidak memiliki rumah". Lihat gambar dibawah ini.

openair1



10 Tips Driving Skills For Life

dsfl1

Tahun ini PT Ford Motor Indonesia (FMI) kembali melanjutkan kampanye dari program Driving Skills For Life (DSFL) yang digelar beberapa waktu lalu di Driving Track Lemdiklat POLRI CIKEAS, Cibubur.

Dalam pelaksanaan program DSFL ini FMI menawarkan edukasi dan pelatihan pengemudi mobil secara cuma cuma bagi masyarakat, mengajarkan keahlian praktis dan teknik – teknik untuk menguasai cara berkendara yang aman dan irit bahan bakar.

Dalam pelatihan ini, DSFL kembali memberikan 10 tip kepada para peserta. Berikut tipsnya :

1.Selalu gunakan sabuk pengaman (seat belt / safety belt) setiap waktu meskipun saat sedang memarkir
2.Untuk membantu jarak pandang aturlah kaca spion, lihat samping dan lihat belakang
3.Jadilah pengemudi yang defensive, mengemudi dengan tenang, selalu waspada dan siap menghadapi setiap keadaan.
4.Jauhkan diri dari gangguan saat mengemudi yang dapat menggangu konsentrasi mengemudi, (contoh : penggunaan handphone, menonton TV dan merokok)

Merokok Sambil Mengemudi

5. Perhatikan jarak aman dengan kendaraan lain. Pengemudi defensif selalu menyediakan ruang di sekitar kendaraan. Jangan terlalu dekat dengan kendaraan di depan. Semakin banyak ruang tersedia, semakin banyak pula waktu yang tersedia untuk bereaksi menghindari tabrakan atau benturan..
6. Lakukan perpindahan gigi pada RPM yang ideal.
7. Gunakan momentum gerak kendaraan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar
8. Matikan mesin kendaraan saat sedang berhenti, contoh : ketika berhenti lebih dari 10 detik
9. Periksa dan atur tekanan angin ban sesuai dengan rekomendasi pabrik
10. Turunkan bobot kendaraan agar hemat BBM



Tips Simpel Agar Mesin Injection 'Tokcer' Lagi

ferdy1-1Performa mesin mobil pastinya sangat dipengaruhi kondisi sistem pembakaran bahan bakar. Jika kondisi sistem pembakaran tidak sempurna dapat dipastikan tenaga mobil bakal loyo dan kondisi ini tidak hanya dapat terjadi pada mobil-mobil lawas saja dengan sistem pembakaran konvensional, akan tetapi mobil yang teranyar dengan sistem injection juga dapat mengalaminya.


Memang kondisi pembakaran dapat kembali dioptimalkan dengan melakukan servis berkala, akan tetapi kebanyakan pengguna mobil, yang mungkin termasuk SO'mers masih sangat mengandalkan bengkel umum atau resmi, namun terkadang masih banyak yang tidak melakukan servis berkala secara rutin akibat kesibukan.

Sebenarnya untuk mengoptimalkan kembali sistem pembakaran masih dapat dilakukan sendiri, jika tidak ada masalah dengan komponen-komponen didalam mesin. Berikut sebuah tips simpel untuk mengoptimalkan kembali sistem pembakaran injection agar mesin mobil kembali bertenaga dari Ferdy, mekanik bengkel Garage Autotech yang bermukim di kota Bandung :

Siapkan Peralatan (Tools)

Sebelum melakukannya siapkan terlebih dahulu beberapa peralatan, yaitu :
- Cairan foam injection cleaner yang beredar dipasaran, salah satunya seperti merk G-ZOX,UCU atau DCS
- Kunci 10 mm
- Kunci busi
ferdy1

Langkah Pengerjaan
Untuk melakukannya, sebaiknya dlakukan ditempat terbuka dan sore hari atau ketika mobil sedang tidak dipakai. Selanjutnya ikuti beberapa tahap pengerjaan dibawah ini :

Buka kap mesin, lalu gunakan kunci 10 mm untuk membuka baut selang filter udara yg menuju TB (Throttle Body)
ferdy2

Panaskan mesin mobil sekitar 10 hingga 15 menit
Sambil mobil dibiarkan menyala semprotkan cairan foam injection cleaner ke arah TB. Usahakan mesin terus dalam keadaan menyala ketika sedang melakukan penyemprotan tersebut.
ferdy2

Semprotkan cairan tersebut secara merata sampai kira-kira habis setengah kaleng, setelah itu tahan gas di putaran rpm 3000 sekitar 10 menit lalu biarkan mesin idle sebentar.

Langkah selanjutnya, injak pedal gas mobil sebanyak 2 kali hingga posisi jarum rpm mendekati redline mobil. Hal ini dilakukan untuk membuang sisa kerak kotoran didalam saluran BBM dan ruang bakar mesin.

Biarkan mesin mobil idle sebentar lalu matikan mesin.
Setelah mesin mati, buka busi dengan menggunakan kunci busi, lalu semprot semua lubang busi dengan menggunakan cairan foam injector cleaner.
ferdy3

ferdy5
Bersihkan busi menggunakan sikat kawat,disarankan ganti dengan yg baru agar pembakaran semakin optimal.
Pasang kembali busi seperti sebelumnya dan jangan lupa selang filter udara juga dipasang kembali dengan rapat dan kuat.
Diamkan mobil semalaman dan ketika pagi hari nyalakan mesin mobil dan biarkan idle.
Injak pedal gas dan tahan di rpm 3000 sekitar 5 menit lalu biarkan mesin kembali dalam posisi idle sebentar lalu matikan.

Setelah melakukan semua langkah-langkah diatas, mobil siap digunakan dan rasakan bedanya.


Tips membersihkan headlamp agar sinar lampu mobil lebih terang Baca Selengkapnya: Tips membersihkan headlamp agar sinar lampu mobil lebih terang | Ge

headlamp-kotor

Cahaya lampu mobil yang kurang terang belum tentu disebabkan oleh wattage (daya) yang kurang besar. Misalnya daya lampu halogen yang 55 watt jangan langsung dinaikan ke 90 watt. Mungkin saja penyebabnya terletak pada headlamp yang kotor sehingga pancaran sinar lampu terhalang.

Coba perhatikan apakah batok headlamp anda kotor? Bagaimana dengan reflektornya (bagian berwarna chrome yang memantulkan sinar bohlam ke depan)? Kalau anda rasakan kotor, silahkan simak tips berikut yang ditulis oleh salah satu member forum SitusOtomotif.com (Om Dhani alias =Ki-Q=)

Perlengkapan yang digunakan antara lain:

  1. Hair dryer atau "Hot Gun" yang biasanya digunakan oleh teknisi Kaca Film, sticker dan installer audio mobil.Tetapi perlu dicatat bila menggunakan hot gun sebaiknya lebih berhati-hati untuk menghindari parts berbahan fiber agar tidak meleleh.
  2. Obeng + dan - untuk mencongkel kaca/acrylic dan untuk melepas headlamp dari dudukannya.
  3. Sealer bening yang sering digunakan untuk akuarium, sering juga dikenal sebagai lem kaca. Gunanya untuk merekatkan kembali kaca/acrylic setelah proses selesai. Sediakan secukupnya saja (sekitar 2 tube berukuran sedang).
  4. (Optional) Akan lebih baik hasilnya bila perekatan menggunakan threebond ketimbang sealer bening. Tapi siap-siap untuk merogoh kocek lebih dalam karena pemakaiannya pasti lebih banyak; sekitar dua kali lipatnya.
  5. Sealer hitam 1 tube kecil untuk menutupi sela-sela headlamp dan lampu sign/sein agar kedap air.
  6. Palu

Dalam proses pengerjaan anda harus extra hati-hati bila batok headlamp terbuat dari acrylic/mika tebal karena bahan ini lebih mudah retak dan tergores dibandingkan batok headlamp yang berbahan kaca.

Untuk mempermudah proses pembukaan sebaiknya dikerjakan oleh dua orang untuk dimana satu orang mengarahkan hot gun memanasi sealant agar lunak/meleleh dan satu orang lagi membuka headlamp dengan dicongkel dan direnggangkan.

buka-dari-dudukan

Setelah batok headlamp terlepas bersihkan dulu sisa-sisa sealant bawaan headlamp baik yang ada di dudukannya maupun yang menempel di headlampnya (dan sign). Anda bisa gunakan obeng, silet, atau cutter. Usahakan pembersihannya rata dan menyeluruh agar saat pemasangan kembali nanti bisa sempurna (rapat).

Tahap selantjutnya adalah membersihkan reflektor. Sebaiknya gunakan saja lap kering selama kotoran reflektor tidak terlalu membandel. Jangan terpancing untuk menggunakan cairan thinner atau minyak tanah karena keduanya dapat mengelupas lapisan reflektor sehingga menimbulkan kerusakan permanen.

congkel-pelan2-sambil-dipanasin-hairdryer

Untuk membersihkan bagian dalam batok headlamp. Untuk yang berbahan kaca bisa gunakan sikat gigi dan shampo mobil. Sedangkan yang berbahan acrylic sebaiknya tidak menggunakan sikat gigi, cukup menggunakan lap basah dan shampo mobil saja untuk menghindari batok headlamp tergores.

Kemudian bersihkan dudukan di headlamp dengan sikat gigi dan shampo mobil, lalu dikeringkan. Bisa diangin-anginkan atau dibantu dengan hot gun agar lebih cepat.

Setelah semua kering, dudukan acrylic/kaca di headlamp dan lampu sign, gunakan sealant bening/threebond yang sudah disiapkan sebelumnya pada sambungan sekeliling dudukannya. Bubuhi agak banyak agar hasilnya maksimal dan lebih kuat. Setelah itu pasang kembali batok acrylic/kaca, jangan lupa kunci kembali klip-klip penahannya.

copot-klip-penahan

Diamkan headlamp yang sudah diproses beberapa lama untuk menunggu sealant/threebond kering total. Jangan terburu-buru memasangkannya kembali ke mobil agar proses bonding tidak terganggu pergerakan/pergeseran (bila langsung dipasangkan kembali ke mobil).

Nah, dijamin headlamp anda lebih bersih, cahaya lampu lebih maksimal dan pandangan juga lebih enak, terutama saat dipakai berkendara malam hari.

b-a

Semoga tips ringan ini bermanfaat bagi kita semua, kalo anda memiliki tips seputar topik yang sama mohon ilmunya dibagikan :D


Catatan Tambahan: Pada proses diatas penulis melakukan penyemprotan cat putih pada bagian dalam lampu sign/sein dikarenakan kondisi lampu sign yang dinilai sudah cukup parah. Hasilnya bisa dilihat bahwa bagian lampu sign setelah di-treatment jauh lebih cerah dan terlihat seperti baru.