Laman

Kamis, 27 Oktober 2011

Tips Mobil, Cat Mobil Bisa Mengindikasi Bodi Bebas Dempul Atau Tidak


JAKARTA - Sebenarnya, selain memperhatikan bodi kendaraan sudah alami dempulan atau tidak, bisa juga dengan memperhatikan warna cat. Maklum saja, tampilan cat bisa menjadi indikasi bodi kendaraan itu bebas dempul atau sebaliknya.

Perhatikan dengan seksama, apakah ada warna yang menipis atau menebal dari beberapa bagian bodi. Bisa juga dengan melihat warna buram pada bagian eksterior tersebut.

Akan lebih mudah terlihat pada bodi mobkas bila kendaraan itu hanya dicat sebagian saja. Biasanya warna aslinya akan sulit disamai. Nah, kalau sudah begitu tinggal lakukan pengetukan pada bodi apakah kendaraan itu bebas dempul atau tidak.

Tips Mobil,Ubahan Agar Kopling Opel Blazer Lebih Empuk



JAKARTA - Nginjek kopling Opel Blazer aslinya memang rada berat. Setidaknya butuh tenaga ekstra untuk menekan pedal kopling buat ganti gigi. Tapi bukan berarti selamanya mesti menguras keringat. Ada ubahan yang bisa bikin kopling mobil produksi GM ini jadi empuk.

Solusi ditawarkan bengkel BD yang berpredikat spesialis Opel dan Chevrolet ini adalah dengan penggantian sistem kopling milik Izusu Panther. Bawaan pabrikan semuanya digusur. Mulai dari master kopling, wadah oli, plus selang-selangnya.

Selain itu dibuatkan juga adaptor custom agar bisa terpasang rigid di kabin mesin. Buat semua ubahan ini, Didi alias si komandan bengkel, mengenakan banderol Rp 1,1 juta. Duit segitu sudah komplit semuanya.

”Fungsinya agar kopling empuk saat diinjak sehingga pergantian gigi menjadi nyaman. Kalau bawaan awalnya memang berat,” sahut Didi. Biar komplit informasinya, bawa saja Blazer kesayangan ke markasnya di Jl. TB Simatupang No 23, Jakarta Selatan. Kontaknya 0811-855057.

Tren Upgrade Tampilan Toyota Great Corolla, Makin Luks Makin Di Kejar


OTOMOTIFNET - Kalau dibilang main mobil Jepang selalu selalu ada celahnya bisa jadi ada benarnya. “Bisa tambah komponen spek Jepang bisa, pilih detail Eropa juga bisa,” buka Britma Argandhi. Salah satu kampiun utak-atik Toyota Great Corolla (Greco) ini bahkan menyebut Corolla generasi ke-7 terbilang terbanyak variannya.

Di Jepang saja ada 6 varian (mulai versi 1.300 cc sampai station wagon). Untuk Indonesia, pakai nama Great Corolla, dalam sejarahnya ada dua varian (1.300 cc dan 1.600 cc). Ini belum termasuk varian yang beredar di Amerika Serikat, Eropa, dan Australia.

BUMPER DEPAN
Beda varian, pasti beda spesifikasi detailnya. Tapi secara umum bisa diurut berdasarkan sektor eksterior maupun interior. “Yang jelas komponen versi luar terlihat lebih eye catching,” sebut Britma. Ia contohkan pada Greco tahun 1995 miliknya. Disitu ada paket bumper versi Jepang, detail maupun gril dan bumper lebih sporty. Plus fog lamp bulat kecil.


Panel tambahan di dasbor, langka dan mahal

Lampu depan diamond cut, lebih mewah dengan versi station wagon

Konsol tengah versi lokal,tak selengkap ini

Pola itu jamak dipilih juga buat Greco milik fans tulennya seperti Masagung Nugroho, Eko Wahyuaji, dan Indrawan Tanjung. “Semuanya plug in, enggak ada modifikasi dudukan dan sejenisnya,” yakin Agung, panggilan Masagung, empunya mobil versi 95.

Geser ke buritan, dudukan pelat nopol di tengah juga jadi pilihan favorit. Nah, sebenarnya main di dua sektor ini saja terbilang sudah efektif bikin sebuah Greco bak mobil sejenis versi CBU. Lalu bisa main-main ke pernik macam lampu belakang-belakang dan lampu sein depan. “Saya pakai lampu belakang versi yang lebih tua, tahun 92 tapi spek Eropa,” timpal Agung.

KABIN LEBIH LUKS

Indrawan, pemilik Greco 95, tersirat juga bangga akan detail baru di kabin. Ia kasih urutan mulai di center facia. “Ada cup holder, tempat koin, sampai arm rest,” kata fans tulen Greco ini. Kalau mau lebih lengkap lagi, Britma sebutkan item langka yaitu tatakan di atas dasbor sebelah kiri yang tidak permanen. “Kalau mau lebih lengkap lagi, bisa pasang speaker kecil di pintu (tweeter, red) dan tempat sampah kecil,” urai warga bilangan Bintaro Tangsel ini.

Niatan untuk bikin Greco terlihat makin mewah lagi bisa pilih jok depan berbagai versi Corolla generasi ke-7. “Pakai punya Sprinter,” tunjuk Agung.

ANGGARAN BUAT NAIK SPEK
Memang tak ada patokan harga yang pasti akan harga beli dari komponen-komponen impor tadi. Namun umumnya mereka bisa didatangkan berasal dari Singapura, Malaysia, Hongkong, Jepang, bahkan Australia. Dan tak perlu juga terburu-buru buat pasang semua opsi.

Nah biar mudah bikin ancar-ancar, untuk bemper depan yang lengkap bisa makan biaya antara Rp 6-7 jutaan. Bemper belakang, anggaran penuhnya bisa sampai Rp 5 jutaan. “Untuk interior, kalau sampai jok bisa Rp 7 jutaan.

MESIN, TANDA PARIPURNA
"Mesin Greco yang beredar kodenya 4A-FE, ini mesin ekonomis," sebut Radi Azwari. Pria yang acap dirujuk fans komponen impor Greco ini kasih pilihan yang tanpa ubah dudukan. "Bisa pakai 4A-GE spek Silver Top maupun yang Black Top," kata Radi yang acap memasok kebutuhan berbagai komponen Greco ini. Pakai punya Toyota Levin, AE101, juga dapat dipertimbangkan jika Anda mau Greco lebih galak tenaganya. Atau pilih AE111BZR dengan transmisi 6 percepatan. Siapkan anggaran, mulai Rp 15 jutaan. "Tapi pakai mesin standarnya saja bisa lari sampai 200 km/jam kok," tegas Indrawan.

Headlamp Toyota Great Corolla, Pakai LED Tampilan Maksi


JAKARTA - Toyota Great Corolla Anda butuh sentuhan? Ganti saja dengan model yang lebih sporty. Dengan dilengkapi reflektor dan LED pada sisi bawahnya, mampu menampilkan kesan sporty bagi Great Corolla. Produk tersebut hanya untuk tahun keluaran 1992 hingga 1996.

Dapat ditebus seharga Rp 1,95 juta. Tersedia di Rezeki Auto Lamp Plaza Atrium Senen Lt. V Blok A5-6 Jakarta Pusat. Tertarik? Tanya-tanya saja dulu di 0818825682.

Sabtu, 15 Oktober 2011

Panduan Ringan Merawat Karburator Mobil, Lakukan Saat Mesin Hidup


JAKARTA - Karburator merupakan salah satu peranti vital bagi kendaraan. Merawat komponen yang satu ini ternyata tidak sulit, hanya butuh ketelitian dan disiplin dari pemilik kendaraan, serta secara rutin membawa ke bengkel untuk diservis secara berkala. Jangan tunggu sampai parah, karena kerak yang mengendap dapat mempengaruhi kinerja mesin secara keseluruhan.

Seperti yang diutarakan Saiman, pemilik bengkel Acoy Carburator di kawasan Kalimalang, Jaktim, kalau komponen yang satu ini sampai disepelekan perawatannya, tentu berpengaruh kepada tarikan mesin. Salah satu cara sederhana dapat menggunakan carburator cleaner yang banyak beredar di pasaran.

Penyemprotan dengan carburator cleaner dilakukan pada kondisi mesin hidup. Naikkan gas hingga dua kali. Pada saat rpm tinggi, semprot karburator. Cukup dua kali saja. Bisa diperhatikan setelah penyemprotan perbedaan sebelum dan sesudah disemprotkan carburator cleaner.

Nah, kalau mesin masih batuk, hampir bisa dipastikan sudah ada penyempitan dalam karburator. Untuk itu bawalah ke ahlinya.

Silakan mencoba.

Benda Keras yang Bisa Merusak Ban


JAKARTA - Banyak pemilik mobil yang mengabaikan masalah benda keras yang terselip di sela kembangan ban. Padahal bila dibiarkan akan merusak permukaan ban.

Benda-benda tersebut seperti batu kecil hingga pecahan kaca yang terkadang tidak tercermati oleh mata. Nah, bila anda menemukan kondisi seperti tersebut di atas, jangan ragu membuangnya dengan segera.

Panduan Ringan Langkah Mencuci Mobil Dengan Benar



JAKARTA - Langkah pertama, silakan parkir mobil di tempat yang teduh. “Tapi lebih baik kalau tidak di bawah pohon karena biasanya justru banyak kena imbas kotoran burung atau daun. Selain itu, jangan pula di lokasi yang sedang membangun rumah atau gedung karena bisa terkena dampak butiran semen,” bilang Awie juragan AW Auto Detailing, sentra spare part BSD, Tangerang.

Selanjutnya bisa emprot air dengan tekanan cukup kuat ke bagian kolong, kaki kaki, sepatbor dan ban, karena pada bagian itulah kerak menumpuk. “Bila kotoran terlalu kuat menempel, Anda bisa gunakan sikat untuk membersihkan nya, tapi bukan pada bagian bodi. Kotoran di ban akan mudah hilang jika dibantu dengan sabun colek.

Untuk bagian bodi, bubuhkan shampo di bagian atap dan bagian samping hingga merata dan kemudian bilas dengan air hingga bersih. “Segera bilas busa shampo agar tidak sampai kering dan meninggalkan bercak,” ujar Awie lagi. Langkah terakhir bersihkan sisa-sisa air pakai chamois. Lalu dikeringkan dengan menggunakan kain microfibre.

Panduan Ringan Memilih Mobkas, Khusus Mobil Yang Sudah Berumur



JAKARTA - Panduan ringan membeli mobkas sudah beberapa kali diulas dari beberapa sisi. Namun, calon peminat mobkas harus sering diingatkan pentingnya memilih sesuai panduan agar tak menyesal di kemudian hari. Khusus untuk mobil yang sudah berumur, banyak faktor yang harus diperhatikan agar tidak keliru membeli ‘kucing dalam karung’.

Seperti anjuran Saiman, pemilik bengkel Acoy Carburator berikut ini. “Mobil yang sudah lawas memerlukan ketelitian ekstra dari calon pembeli, kalau bisa harus dapat track record perawatan mobil,” bilangnya. Lanjutnya, mobil jangan dilihat dari penampakannya saja. “Tampang memang penting, tapi jangan sampai terbuai oleh penampakan yang kinclong,” jelas pria ramah ini.

Cara sederhana yang dapat dilakukan adalah melihat sektor kaki-kaki, karena mobil rawan tekor di sektor ini. Mobil bisa diangkat oleh pompa hidrolik yang lazim ada di tempat cuci mobil. “Perhatikan bagian sasis, kalau ada sambungan berarti sudah pernah patah. Kalau sudah begini, Anda harus siap mengganti karena umurnya biasanya tidak lama,” jelasnya. Lalu untuk bagian mesin, cara sederhana bisa dilakukan dengan mengganti oli baru. Bisa dibandingkan suaranya sebelum dan sesudah dilakukan penggantian oli.

Cara sederhana terakhir, bawa mobil ke jalan yang tidak rata. Tandai bagian-bagian yang berdecit. Kalau memang Anda sudah terlanjur cinta, siapkan dana untuk mensubstitusi bagian tersebut. Nah, selamat mencoba.

Nih, Cara Mengatasi Jamur di Cat Mobil


JAKARTA - Untuk kendaraan yang sudah berusia di atas setahun biasanya mudah menemukan jamur di cat mobil. Apalagi kalau si pemilik termasuk malas merawat tampilan kendaraan. Munculnya jamur biasanya akibat tetesan air, getah pohon atau kotoran burung yang dibiarkan lalu mengering.

Celakanya, jika water spot dibiarkan akan terkontaminasi dengan udara yang bisa berubah menjadi alkaline spot. Nah, pada akhirnya, tidak menutup kemungkinan akan menjadi acid spot.

Menurut Awie, agar noda yang menyebalkan ini tidak terjadi, sebaiknya segera dibersihkan sisa air, getah, dan kotoran hewan yang menimbun di atas permukaan cat kendaraan. Untuk water spot sebenarnya bisa dengan mudah dihilangkan. Namun kalau sudah berbentuk alkaline spot atau acid spot sebaiknya dipoles lebih keras atau serahkan ke yang ahlinya.

Makanya, sebaiknya dihindari bukan?

Perawatan Mesin Berkala

Perawatan Mesin Mobil

Jangan Lupa, Perawatan Berkala!!!

Berbicara tentang mesin, pasti hal yang pertama ada di benak kita adalah rumit. Padahal dengan sedikit kemauan “membaca” mesin bukan sesuatu yang menakutkan koq!


Info Automotive-Istilah-istilah seperti “mogok”, “mberebet”, “tarikan kurang” dan lain-lain adalah isitilah yang sering kita dengar tentang mesin mobil kita. Semua istilah tadi bias dikategorikan sebagai “penyakit” yang menakutkan tentunya. Tentu saja dengan sedikit pemahaman, kita tidak akan dianggap terlalu bodoh untuk masalah mekanik mesin ini.



















Perawatan Berkala

Hal wajib yang harus dipatuhi oleh semua pengguna mobil adalah service dan perawatan berkala. Ini menjadi hal sangat penting lantaran mesin juga mempunyai system mekanisme tersendiri yang juga membutuhkan refreshment seperti udara segar, air, pelumas dan juga kebersihan.

Dalam service rutin ada beberapa catatan khusus yang harus diperhatikan yaitu air filter, gas filter, ruang bakar dan oli. 4 hal ini haram untuk di lupakan. Air filter menjadi sangat penting ketika ia berfungsi menyaring kualitas udara yang nantinya akan tercampur di ruang bakar bersama bensin. Ibaratnya seperti lubang hidung dan paru-paru kita. Saringan bensin juga demikian. Kita tidak pernah tahu kualitas sebenarnya dari bahan bakar yang kita beli. Jika ada kotoran masuk, maka lubang-lubang mikro pada karburator / injection akan terganggu. Sedangkan oli sangat berperan aktif dalam “melancarkan” semua pergerakan mekanis logam dalam mesin mobil.










Traffic jam, buruknya kualitas bahan bakar, suhu bumi serta kealpaan kita dalam merawat mobil merupakan beberapa faktor penting yang mampu mempercepat kerusakan mesin mobil. Dalam keadaan macet, beban mesin menjadi sangat berat mengingat system pendinginan dari udara bergerak tidak didapatkan walaupun sudah ada electric fan untuk itu. Ini diperparah dengan suhu sekitar mesin yang menjadi sangat panas, penggunaan AC dan system kelistrikan lain pada mobil yang bisa menyebabkan air dalam system radiator lebih cepat panas dan menguap. Jelas ini akan menyebabkan over heat yang menyebabkan mesin knocking / macet.

Untuk mengurangi beban kinerja mesin mobil, bisa diringanan dengan menambah secara rutin air radiator dan juga pemilihan oli yang tepat dan berkualitas. Kedua hal tadi menjadi sangat penting mengingat oli dan air merupakan pertahanan terakhir mesin ketika terjadi beban berat. W124

Piggy Back

Bisa Diadaptasi Sesuai Kebutuhan

Fungsi perangkat canggih yang satu ini mempunyai daftar yang lumayan panjang. Dari sekedar meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga penggunaan untuk kompetisi.

4yfi0asMenghadapi mobil yang sudah dilengkapi dengan sistem ECU (Electronic Control Unit-RED) memang tidak segampang ketika kita menghadapi mesin karburator. Mobil yang sudah dilengkapi dengan sistem injection pastinya sudah dibekali sistem komputer yang difungsikan untuk mengatur pasokan jumlah bensin, kapasitas udara yang dibutuhkan untuk pembakaran dan lain-lain. Bahkan untuk beberapa mobil canggih rakitan anyar, ECU juga mampu mengatur pola perjalanan melalui ratio gear box yang optimal untuk pemakaian sehari-hari atau kompetisi sekalipun.

pict0012Jika pada sistem karburator kita bisa serta-merta mengganti ukuran spuyer serta beberapa nosel lain untuk mengatur besar kecilnya pasokan udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar, maka tidak dengan mesin injection. Semua yang berhubungan dengan kapasitas angka diatur melalui engine management dengan data akurat yang sudah diproses oleh pabrikan masing-masing. Sulit untuk kita dapat mengakses data-data tersebut jika tidak melalui bantuan alat pintar.

pict0013Nah, Piggyback merupakan sebuah micro computer yang mampu mengakses data-data ECU tadi. Piggyback mampu mampu secara instant mengubah nilai-nilai yang dibutuhkan untuk dapat mengoptimalkan kinerja serta performance mesin. Cara kerja piggyback secara umum adalah “memanipulasi” data-data yang masuk ke ECU yang selanjutnya akan diproses menuju injector, gear box dan lain-lain. Piggyback mampu mengubah waktu dan campuran udara dan bahan bakar pada proses pembakaran menjadi jauh lebih optimal dibanding versi pabrikan.

greddyemanageultimateew6“Di pasaran, banyak sekali piggyback yang dijual dengan rentang harga 2 juta hingga 5 jutaan. Fungsi dan kemampuannya juga sangat beragam, tergantung budget serta kebutuhannya” demikian terang Rudy, pentolan workshop RS Tuning di bilangan Veteran Jakarta selatan. Secara umum, biasanya piggyback dapat mengakkses data-data umum seperti campuran udara dan pasokan bahan bakar. Namun, kini juga ada piggyback yang mempunyai kemampuan lengkap hingga dapat mengakses ratio gear box matic yang kini memang sudah diatur oleh ECU. GReedy, HKS, A’PEX-i, Unichip adalah beberapa pabrikan piggyback yang ada di after market saat ini. Jelas kemampuannya dan harganya dastek_1_673sangat beragam lantaran masing-masing pabrikan mempunyai spesifikasi sendiri-sendiri. Piggyback juga dipercaya sebagai mode modifikasi mesin paling praktis dan efektif. Ini lantaran semuanya terukur secara otomatis dan komputerisasi. Paling tidak kita bisa membuktikan secara dyno test sebelum dan sesudah mobil dipasang piggyback.

Dengan menggunakan piggyback, secara otomatis tingkat efisiensi akan meningkat tajam sampai 20% bahkan lebih. Selain campuran bensin akan bisa menjadi lebih optimal, tarikan dan akselerasi juga meningkat. Mesin dengan sistem injeksi akan mempunyai karakter tenaga yang lebih merata pada semua lini. Ini lantaran injeksi mempunyai kontrol elektris yang lebih bisa dikontrol value-nya secara komputerisasi. (data ini bisa diubah melalui piggyback). V70T5

Twincharger Mesin Masa Depan

Teknologi ini memungkinkan mesin dengan kapasitas kecil mampu menghasilkan tenaga output diluar dugaan dan merata pada hampir semua lini putaran.

Sudah menjadi rumus dasar jika kita ingin memiliki mesin yang bertenaga,maka biasanya vw-golf-gt-twincharger-enginejumlah silinder akan kita perbanyak seiring dengan meningkatnya kapasitas mesin. Ini adalah pendekatan yang dilakukan dahulu ketika orang belum memikirkan teknologi twincharge.

Sekarang dengan hanya 4 silinder segaris, sebuah mesin modern bisa menghasilkan tenaga hingga 170 hp dengan kapasitas torsi yang juga tinggi hingga 240 Nm pada putaran yang relative rendah yaitu 2000-3500 rpm. Prestasi ini sepadan dengan angka yang didapat pada mesin-mesin V8 era 60-70an atau V6 pada era 90an.

info-automotive.com_mesin_twinchargerNah logikanya adalah menggabungkan system super charged yang terhubung dengan belt pada turbin charged dengan Turbocharged sekaligus. Seperti kita tahu, supercharged handal pada putaran bawah sedangkan turbocharged sangat bagus pada putaran tinggi. Teknologi twincharged inilah yang dikembangkan oleh Volkswagen.

Cara paling maksimal untuk mereduksi konsumsi bahan bakar adalah dengan memangkas jumlah silinder dan kapasitas mesin. VW kali ini memilih 4 silinder segaris dengan kapasitas 1400cc. namun otomatis mesin membutuhkan daya tahan 3x lipat dibanding mesin-mesin biasa lantaran angka kompresi yang sangat tinggi serta nilai boost turbo yang meningkat tajam. Biasanya pada mesin VW_twinchargedturbo pabrikan,angka boost yang “wajar” adalah pada kisaran 0,5 bar. Namun angka segitu tentu tidak bisa mencapai prestasi optimal. Maka VW mengembangkan bahan material khusus yang kuat dan ringan yaitu gray cast iron dengan paduan lamellar graphite yang mampu tahan hingga 150 bar. Dan untuk menyempurnakan mesin in VW juga memboyong teknologi direct injection .

vw_twinchargerSistem direct injection ini memungkinkan nosel injector dengan 6 lubang per nosel bertekanan hingga 2,5 bar masuk ke ruang bakar dengan cepat dan sempurna. Ini memungkinkan rasio penggunaan bahan bakar yang efisien hingg 1:13,8 km dengan angka raso gas buang hanya 173 g/km yang sesuai dengan standar Euro 4.

Ini artinya mesin berkapasitas 1.4 liter sepadan bahkan lebih baik dari mesin 2.5 liter bahkan lebih. VW juga akan mengembangkan teknologi ini pada mesin-mesin dengan kapasitas silinder yang lebih banyak. Jadi teori tentang mobil kencang harus boros,pupus sudah. Free_Ride

Teknologi Forged

Teknologi Forged Pada Velg

Kuat, Stabil dan Ringan

Jika diartikan dalam bahasa kamus, Forge berarti tempa / ditempa. Nah, sesuai dengan bahasa kamus tersebut, kurang lebih sama dalam proses pembuatan velg forged, yaitu logam mentah yang dipakai bukan berasal dari logam cair yang dicetak sedemikian rupa, melainkan logam padat yang dicetak dengan tekanan yang luar biasa.

Info Automotive-Dalam proses forging, logam padat yang dipakai hanya bisa menggunakan logam-logam dengan karakter bahan yang kuat serta ringan. Tipikal logam seperti ini biasanya digunakan oleh teknologi dari material pesawat udara (campuran aluminium, magnesium dll). Tekanan yang digunakan dalam setiap proses forging ini adalah 5000 Kg/cm2. Ini sebabnya mengapa velg dengan proses forged “biasanya “ mempunyai bentuk dasar yang kaku dengan detail garis siku-siku yang dominan.

Velg forged ini juga terbagi atas single pieces dan multipieces forged. Velg dengan tipikal single pieces forged biasanya digunakan untuk mengejar fungsi serta karakter yang ringan. Bahan dasar yang dipakai biasanya aluminium. Ini lantaran logam ini mempunyai sifat dasar yang kuat dan ringan. Volk Racing TE37, TE37X, LE37T atau CE28N adalah contoh velg single pieces forged yang mempunyai tingkat keringanan serta durability yang sudah terbukti dalam berbagai ajang racing akbar kelas dunia seperti BTCC, DTM, JGTC, GT500, GT300 bahkan ITCC.

Selanjutnya, untuk forged multipieces biasanya digunakan untuk kepentingan dress up dan fashion. Biasanya velg kategori ini juga akrab disapa velg custom lantaran komunitasnya yang sangat terbatas di dunia. Secara design, velg forged fashion mempunyai bentuk yang lebih beragam. Finishingnya juga lebih beragam, yaitu dari chrome, painting hingga polish. Kini hampir semua pabrikan terkemuka dunia seperti Modullare, HRE, Vellano, Wald, J-Line atau Radenergie sudah memiliki teknologi Forged ini. Design yang terus berkembang serta teknologi terkini membuat para Forged mania mempunyai banyak sekali pilihan.

Namun jika kita berbicara tentang Forged Wheel maka kita tidak bisa melupakan “jasa” pabrikan HRE dimana sejak tahun 70-an sudah berkecimpung di dunia forged. Maka tidak heran jika HRE adalah merk yang menjadi leading dalam industri forged custom ini. Jumlahnya yang sangat terbatas, menjadikan velg ini menjadi incaran para kolektor.EURO

Periksa Ban Serep Anda

Masalah klasik ban serep adalah hal butuh tidak butuh, bagi sebagian para pengendara kendaraan roda empat, padahal ban serep sebenarnya sangat penting, yup memang sangat penting, jadi tidak ada kata-kata tidak butuh ban serep dalam kasus ini.

Jadi mengapa jadi kebutuhan yang kadang tidak penting, oke kita telisik dengan beberapa faktor :

skills-tire-change-470-09081. Ban serep adalah ban yang jarang dipakai;

Anggapan memang benar apalagi kalau ban kita yang sedang dipakai masih bagus dan baru, orang-orang kita punya kebiasaan buruk yaitu barang yang tidak dipakai sangat tidak penting, padahal untuk kasus ban serep ini bukan masalah pakai atau tidak pakai, yang jelas harus ada ketika digunakan, so segera cek kendaraan apakah masih ada ban serepnya?

aaa tire change2. Ban yang saya pakaikan masih bagus;

Tapi apakah ban yang 100% baru dari pabrikan tidak bisa bocor, jawabannya bisa bocor karena apapun kondisi ban, ban bisa terjadi kebocoran, karena apa banyak material tajam yang sering bertebaran dijalan baik itu material tajam yang memang tercecer dijalan secara alamiah (seperti jalanan deket lahan project bangunan biasanya terdapat paku, kayu, dll) atau memang material tajam yang sering ditebar oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, belum factor pentil ban yang kadang bermasalah yang mengakibatkan angin berkurang, so ban masih bagus, baru, kembang ban masih tebal, bukan jaminan kita tidak perlu akan ban serep.

spare3. Saya jalan didaerah perkotaan, jadi akan gampang menemukan tukang tambal ban;

Oke saya setuju dengan itu ditiap prapatan, gang, jalan, dikota besar semacam Jakarta kita sering menemukan tukang tambal ban, tapi ingat bagaimana kalau kejadian ban bocor dijalan tol, atau tiba-tiba anda keluar kota kedaerah terpencil, atau ban anda tiba-tiba bocor diparkiran suatu basement mall atau apartemen atau ban boncor pada malam hari pada saat tukang tambal tutup. Pusingkan jangankan tukang tambal ban, cari orang untuk minta tolong mungkin juga akan ribet karena bakalan menyusahkan orang lain, jadi intinya kendaraan anda ya tanggung jawab anda, dan lebih baik lagi urusan ban ketika ganti dengan serep, anda juga harus bisa, mengingat modus kejahatan yang terjadi karena masalah ban banyak terjadi, dan khusus untuk wanita apabila memang tidak bisa, jangan lupa no telpon orang2 penting yang siap membantu anda kalau terjadi masalah ban (suami, pacar, saudara, teman atau orang tua).

spare-tire-mount-14. Ban serep saya ada kok, yang penting ada anginnya.

Ini yang sering dilupakan, merasa ban serep tersedia dan merasa anginnya juga cukup, tapi tidak pernah dicek, ban serep perlu dilakukan pengecekan berkala minimal sebulan sekali, ingat memakai kendaraan kita tidak cukup dengan perasaan tapi kesiapan perlu, apabila tekanan angin normal ban 35 psi, lebih kan sekitar 2 psi untuk ban serep anda, karena apa? ban yang jarang dipakai biasanya tekanannya akan berkurang.

Jadi segera periksa ban serep apakah masih layak atau tidak, periksa dengan seksama kualitas ban serep anda baik itu kondisi ban atau kembangnya, dan jangan lupa bawa selalu alat-alat untuk mengganti ban seperti dongkrak, kunci ban, dan segitiga pengaman, serta jangan lupa no telpon penting yang dapat dimintakan bantuan apabila anda tidak bisa menyelesaikannya sendiri.

Merawat Busi

Jangan anggap enteng masalah terhadap busi, terutama kendaraan dengan mesin bensin, sebab busi adalah elemen yang memicu api pada dapur pacu mesin bensin, sebab tanpa busi bekerja dengan baik akan menyebabkan mesin mati, atau berebet karena api tidak lancar, nah berikut kami paparkan beberapa tips untuk merawat busi pada kendaraan anda.

Cars-Spark-Plug-Cables-51. Cek Kondisi Penutup Busi

Sebelum membuka busi, cek kondisi penutup busi apakah masih layak atau tidak, dengan memeriksa longgar atau tidak apabila sudah longgar lebih baik anda ganti dengan yang baru, karena biasanya kepala busi yang longgar akan mengakibatkan mudah lepas sehingga mesin mati, dan bahkan penutup busi yang longgar akan mengakibatkan mudah kemasukan cairan seperti air atau oli.

SparkPlugNewWorn2. Bersihkan Lubang Busi

Buka busi dengan kunci busi, ingat jangan sesekali buka dengan kunci pas, bukalah busi dengan kunci busi, sesuai dengan ukuran kunci busi anda, kemudian bersihkan dengan kain katun bersih yang kering, untuk membersih kotoran pada dinding lubang busi.

3. Bersihkan Busi

Setelah busi dilepas, bersihkan dengan minyak tanah menggunakan kikir plat tipis, atau menggunakan amplas, bersih kan dengan seksama, penggunaan minyak tanah dimaksudkan agar kotoran atau kerak mudah mengelupas, setelah dibersihkan dengan bersih segera keringkan busi dari minyak tanah.

images4. Atur Celah Busi

Kendaraan yang sudah lama tidak dibersihkan biasanya akan mengakibatkan ukuran celah busi renggang, sehingga akan mengakibatkan pengapian berkurang yang pada akhir menyebabkan peforma mesin akan kedodoran serta bensin akan menjadi lebih boros dari pada ukuran celah busi normal, atur celah busi sesuai dengan standar pabrik sekitar 0,8 mm / 1,2 mm (busi mobil) untuk motor sekitar 0,6 mm / 0,8 mm. tapi bila anda kurang yakin segera cek ke montir langganan anda, tapi untuk busi dengan kualitas yang bagus tidak perlu diatur celahnya karena biasanya busi tersebut sudah memang dirancang agar tidak dapat berubah ukurannya.

5. Periksa Busi Anda Secara Teratur Periksa busi anda setiap 5000km pemakaian kendaraan anda, usahakan juga menggunakan kompresor (bila ada) sikat besi (yang kecil), jangan ragu untuk mengganti busi kalau memang sudah tidak layak pakai, karena biasanya walaupun sudah dibersihkan dengan bersih busi yang sudah tidak layak bakal mengakibatkan peforma mesin turun.

Hati-hati Menggunakan Sabuk Pengaman

www.info-automotive.com Safety belt (sabuk pengaman) bagi para pengendara roda empat merupakan hal yang sangat wajib, betapa tidak sangsi tegas akan diberikan pada pengendara roda empat yang tidak memakai benda ini saat berkendara, walaupun seharusnya tanpa sangsi ketika berkendara para pengendara kendaraan roda empat wajib menggunakan, karena menyangkut keamanan mereka sendiri.

Nah pada perkembangannya safety belt sudah menjadi gaya hidup berkendaraan roda empat yang aman, tapi yang menjadi pertanyaan apakah benar-benar aman? Oke mari kita bahas mengapa safety belt yang harusnya menjadi keamanan kita malah mengakibatkan jadi tidak aman, terutama bagi anak-anak.

info-automotive.comSafety belt yang ada pada kendaraan roda empat anda adalah standar safety belt orang dewasa. Yup benar karena si pengemudi pasti bukan anak-anak pasti lha orang dewasa, makanya hati-hati mengenakan safety belt pada anak terutama pada bagian depan (samping supir) sebab apa, sebenarnya memang tidak boleh.

Yang jadi pertanyaannya kenapa tidak boleh? Karena Safety belt standar pabrikan adalah khusus untuk orang dewasa, maka apabila terjadi kecelakaan (tabrakan / hantaman pada bagian depan) maka yang terjadi adalah safety belt ini akan melilit pada leher anak (karena badannya yang masih kecil), bahkan pada kasus-kasus yang mengerikan dapat terlempar keluar.

babyseatcar-info-automotive.comAnak-anak harusnya memang ditempatkan pada bagian kabin bagian belakang, tentunya dengan penggunaan safety belt, adanya kursi depan masih dapat menahan benturan (tentunya mobil yang sudah airbag, sensor airbag akan aktif), apabila anda takut anak anda tiba-tiba membuka pintu kendaraan, aktifkan penggunaan “child lock” yang terdapat pada bagian kait pintu mobil, sehingga anak anda tidak dapat membuka pintu belakang.

Tapi agar lebih aman, anda bisa membeli kursi khusus anak untuk dikendaraan roda empat (biasanya untuk balita), tentunya dengan adanya safety belt khusus anak, dan satu hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan sesekali memangku anak terutama balita pada bagian depan (samping supir), karena memang benar-benar tidak aman, apabila ingin memangku, sebaiknya pada kursi kabin belakang supir.

Fitur Hill Descent Control Pada SUV Modern

Menuruni jalan terjal berbatu dengan kendaraan 4x4 atau SUV ternyata tidak semudah yang kita kira. Salah melakukan manuver,mobil bisa menggelinding tidak terkendali.

www.info-automotive.com_hilldescent control (3)

Hill Descent Control (HDC) adalah teknologi serupa dengan hill climb assist, HDC memungkinkan kita menuruni bukit terjal tanpa takut mobil hilang kendali alias ngeloyor nggak karuan. HDC memerintahkan system rem ABS untuk melakukan pengereman berkala yang di pantau oleh traction control sekaligus memerintahkan modul kontrol traksi untuk melakukan penjagaan pada keempat roda agar melakukan engine brake.

www.info-automotive.com_hilldescent control

Ini jelas sangat membantu kita menuruni jalanan perbukitan dengan cara yang aman dan mudah karena, kita dengan santai tidak usah melakukan kontrol rem secara manual.

www.info-automotive.com_hilldescent control (2)

HDC memang diciptakan untuk kemudahan, keamanan dan kenikmatan kita untuk berkendara tanpa harus mempunyai skill mengemudi yang diatas rata-rata. Namun memang fitur ini tidak serta merta didapat dari semua SUV yang ada di muka bumi karena memang hanya ada pada beberapa SUV premium seperti BMW X series, Audi Q series, Mercedes ML atau Porsche Cayenne. free_ride

www.info-automotive.com_hilldescent control (1)

Tips memilih Kaca Film Yang Murah Dan Tepat

Walaupun sekarang di pasaran sudah banyak sekali merk-merk kaca film yang menawarkan spesifikasi dan kelebihannya, namun ternyata tidak banyak kaca film yang mempunyai kualitas yang memadai.

kita semua akan bingung ketika datang ke sebuah gerai/toko asesoris mobil yang menawarkan kaca film lantaran pihak toko dijamin www.info-automotive.com_kacafilmmobil (5)akan menawarkan barang dagangannya nomor satu alias berkualitas wahid. Tetapi pertanyaannya apakah benar seperti itu?

Ada beberapa hal penting yang harus diingat ketika kita akan memilih kaca film, seperti : kemampuan menolak sinar UV/ UVT (Ultraviolet Transmittance) yaitu cahaya UV yang merusak yang bisa membuat kerusakan jangka panjang pada interior mobil, pemudaran warna bahkan dituduh sebagai salah satu biang kerok kanker. Jadi cari kaca film yang mempunyai tolak UV yang besar (biasanya hingga 99%). Tidak hanya itu, juga perhatikan VLT (Visible Light Transmittance) yang berarti kemampuan kaca film mengurangi efek terang dari cahaya atau bisa disebut juga presentasi kegelapan dari kaca film. Terang gelapnya kaca film memang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera tentunya. Untuk beberapa kaca film intensitas kegelapan kaca film juga berpengaruh pada daya tolak panasnya. Namun hati-hati jika memilih kaca film yang terlalu gelap karena di satu sisi akan mempertingginilai privacy kita namun pada fungsi tertentu akan terganggu terutama pada visibiltas dimalam hari.

Perhatikan juga IRR (infra Red reflectance /Rejected) yang berarti kemampuan kaca film menolak radiasi panas dari sinar matahari. www.info-automotive.com_kacafilmmobil (4)Semakin besar nilai IRR semakin baik kualitasnya. Tidak hanya itu kaca film juga mempunyai TSER (Total Solar Energy Rejected) yaitu kemampuan kaca film menolak panas yang masuk dalam kabin mobil secara total. Jadi ini salah satu yang mempengaruhi kaca film untuk menolak panas.

Dan salah satu yang terpenting adalah jangan tertipu oleh masalah harga. Belum tentu kaca film yang branded, terkenal atau mahal menjadi jaminan mutu sebuah kaca film. Jika kita teliti sebelum membeli, ada produk kaca film yang mempunyai harga jual yang sangat kompetitif namun tetap mempunyai spesifikasi yang sama bahkan “lebih” dibanding kaca film yang lebih mahal.

Disamping kemampuan menolak panas, sinar UV dan lain-lain ada kaca film yang juga menawarkan sesuatu yang “berbeda” yaitu Spectrum Windows Film. Kaca film pabrikan Amerika ini menawarkan sistim perekat bertekanan tinggi yang sangat bening yang dapat mencegah “efek warna kuning” yang banyak menjangkiti banyak merek lain. Jelas ini tidak ada di merk lain selain Spectrum. Belum lagi Spectrum Windows Film menawarkan harga jual yang sangat kompetitif dengan garansi full selama 5 Tahun. Spectrum adalah kaca film dengan performa tinggi diproduksi dengan cara sputtering metal dipermukaan clear polyester. Spectrum Window Film™ terdiri dari berbagai varian dan kegelapan, memberikan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara yang bisa diset up sesuai kebutuhan. free ride

www.info-automotive.com_kacafilmmobil (2)

www.info-automotive.com_kacafilmmobil(1)

Fitur Hill Climb Assist pada SUV

Dalam sekejab, fitur ini bisa membuat Orang Bodoh Sepintar Off roader Sejati. Mendaki gunung terjal atau menuruni bukit berlumpur? Hmm, bukan perkara sulit sekarang. Bahkan ibu-ibu paruh baya pun bisa melakukannya,dijamin!

www.info-automotive.com_hill-climb-assist

Inti dari sebuah teknologi adalah mempermudah sesuatu pekerjaan. Dahulu, mungkin tidak banyak orang yang mampu dan bisa mengendarai mobil di track yang tidak biasa seperti jalanan pegunungan berbukit yang licin dan mungkin berlumpur, bahkan dengan mobil 4x4 sekalipun. Karena ujung-ujungnya adalah kemampuan kita mengendalikan mobil berbeda dan tidak semua lincah mengendarai mobil berpenggerak 4x4.

www.info-automotive.com_hill-climb-assist (1)

Hill climb assist memungkinkan orang awam bisa mendaki bukit terjal dan licin sekalipun jika menggunakan fitur cangguh ini. Hill climb Assist (HCA) adalah sebuah fitur pengontrol traksi roda yang akan berfungsi ketika mobil dalam keadaan menanjak.bahkan beberapa teknologi HCA di klaim mampu beroperasi optimal pada kemiringan hingga 45 derajat. Bekerja sama dengan ABS dan traction control, HCA memungkinkan mobil tidak akan mundur ketika berada di tanjakan pada waktu kita melepas pedal rem dan hendak melakukan control pada pedal gas. Pada saat yang bersamaan, HCA melakukan kontrolpada traksi keempat roda SUV untuk melakukan percepatan dengan cara yang sangat smooth agar ban tidak kehilangan kendali atau slip. Walaupun secara sengaja kita melakukan kick down pada pedal gas, namun traksi roda tetap terukur dan terjaga dengan baik.

www.info-automotive.com_hill-climb-assist (2)

Ini lah bedanya kita dengan para offroader yang kakinya sudah terlatih dan sudah punya “sensor” tersendiri , jadinya kontrol tenaga dan traksi pada keempat roda tidaklah berlebihan dan membuat slip yang berakibat pada hilangnya kontrol mobil atau membuat disorder pada posisi mobil.

www.info-automotive.com_hill-climb-assist (3)

Fitur ini bisanya ada pada SUV kelas menengah hingga premium seperti Porsche cayenne, BMW X Series atau Volvo XC. free_ride

Jumat, 14 Oktober 2011

Sejarah Toyota Land Cruiser FJ40

Siapa yang tidak kenal dengan produk Toyota yang satu ini. Tangguh, bandel dan easy maintenance. Yup,Land Cruiser atau biasa dikenal dengan Toyota FJ menjadi salah satu produk legenda yang ikut mewarnai dalam berbagai kegiatanfj_40brosur penting di dunia.

Orang Jepang sendiri biasa menyebutnya Rando Kuruza yang di produksi pertama kali pada tahun 1954. Ketika Jepang menginvasi Filipina pada 1941,mereka terinpirasi oleh Bantam MKII yang merupakan kendaraan pengangkut dengan kemampuan multiguna.

Akhirnya untuk mendukung kampanye perang pasifik, pemerintah Jepang memerntahkan Toyota untuk membangun sebuah mobil multifungsi yang tangguh dengan perwatan yang mudah (miripdengan kebijakan pemeintah Jerman pada VW dan Jeep di Amerika). Akhirnya AK10 diciptakan dengan mesin 2259 cc,4 silider 3 percepatan dengan 2 percepatan 4x4 pada brosur_fj40_lama1942. Ini adalah cikal bakal Toyota Land Cruiser.


Pada tahun 1954 technical director Toyota Hanji Umehara member nama “Land Cruiser” pada produk lanjutan dari AK10 yang menjadi BJ dan FJ Series. Produk ini juga mendapat saingan berat dari Inggris yang merilis Land Rover di tahun yang sama. Nama Land Cruiser sendiri sebenarnya sudah digunakan pada produsen sedan mewah Amerika Studebaker Land Cruiser.Namun ternyata pihak Studebaker mengijinkan.

Dari pengembangan seri BJ,maka pada 1955 Toyota memperkenalkan salah satu mesin tangguhnya yaitu F series dengan daya 3.9 liter 6 silinder berbahan bakar bensin. Pada tahun yang sama Toyota juga mengembangkan system per daun yang lebih tipis, ringan namun kuat dan nyaman. Tonggak teknologi ini lah yang akan di masukan pada Toyota seri FJ dimana peruntukannya adalah selain untuk kendaraan multiguna, namun juga angkutan barang serba bisa (light truck) dengan kapasitas penumpang yang juga besar.

FJ_40_daleman

1960 merupakan tonggak bersejarah buat FJ series dimana “the classic FJ 40 diperkenalkan dengan berbagai kelebihan seperti mesin F 3.9 liter, design yang fashion dan abadi serta konstruksi chassis yang kuat namun tetap lentur dengan topangan kaki-kaki khas FJ series. Hanya 5 tahun, FJ 40 mampu menembus angka 50.000 unit penjualan dan 3 tahun berikutnya pada 1968 angka 300.000 unit mampu terjual pada pasaran dunia.

sejarah_lancruiser_toyota_diindonesia

FJ40 bertahan hingga tahun 1983 dimana beberapa improve penting dilakukan seperti menggunakan mesin 2F 4.2 liter yang lebih efisien dan bertenaga. Selain itu di beberapa Negara seperti Brazil FJ40 dibekali mesin Mercedes Benz Diesel bertenaga 79Hp dan versi militer yang digunakan tentara Irlandia. Toyota juga memperkenalkan mesin Diesel 4 silinder B series (cikal bakal mesin truck Dyna) untuk mengakali import masuk barang yang tinggi untuk mesin 6 silinder. all_mountain

info-automotive_offroad

info-automotive.com_fj40