Laman

Recent Posts

Minggu, 25 Desember 2011

Tim Cameron Crawls the Unclimbable WFO Trail in ShowTime

Dodge on 54 inch boggers~ Pipeline 08

Bobby Tanner Insane Climb

Blazer on 49s gets owned by a rock buggy - Aetna

007 Raw 4x4 Rock Crawling Buggies & Jeep

Shamokin Trailride 11-16 (4)

Jimmy Smith on Tub Rock

Wes rolling on RocknRoll at Morris Mountain

Wes Kean on V-Notch at Morris Mountain

Aetna boys at Morris Mountain

Suicide Hill

WarPath New Mexico Extreme Rock Crawling Part 1

Mission to Snow

SRT8 7 Liter 426 HEMI Jeep "Orange Crush"

Nissan Navara

Nissan Navara. Picture of 2006 Nissan Navara,
  • Picture of 2006 Nissan Navara,



  • Nissan Navara. South Pole playing: SA Nissan
  • South Pole playing: SA Nissan



  • Nissan Navara. havepicture nissan navara
  • havepicture nissan navara



  • Nissan Navara. 2006 Nissan Navara - D40
  • 2006 Nissan Navara - D40



  • Nissan Navara. Nissan Navara
  • Nissan Navara



  • Nissan Navara. South Pole playing: SA Nissan
  • South Pole playing: SA Nissan



  • Nissan Navara. New Nissan Navara Extra Cab
  • New Nissan Navara Extra Cab



  • Nissan Navara. Nissan Navara Review
  • Nissan Navara Review



  • Nissan Navara. Nissan D40 Frontier
  • Nissan D40 Frontier



  • Nissan Navara. Nissan Navara Reviews
  • Nissan Navara Reviews



  • Nissan Navara. Nissan Navara
  • Nissan Navara



  • Nissan Navara. Nissan Navara D40 COR
  • Nissan Navara D40 COR



  • Nissan Navara. Nissan Navara Frontier
  • Nissan Navara Frontier



  • Nissan Navara. 2011 Nissan Navara : Geneva
  • 2011 Nissan Navara : Geneva



  • Nissan Navara. Nissan Navara
  • Nissan Navara



  • Nissan Navara. Nissan Navara 2009
  • Nissan Navara 2009



  • Nissan Navara. 2010-Nissan-Navara-right-view.
  • 2010-Nissan-Navara-right-view.



  • Nissan Navara. 2011 nissan navara facelift
  • 2011 nissan navara facelift



  • Nissan Navara. Nissan Navara
  • Nissan Navara
  • Selasa, 20 Desember 2011

    Kunci Ring Peranti Buka Dan Kencangin Baut Nan Presisi



    JAKARTA - Kunci ini sangat terbiasa dilafalkan setiap hari. Hampir sama dengan kunci pas yang berfungsi untuk membuka dan mengencangkan baut. Bedanya dengan konstruksi dua belas sudut (mata), memungkinkan digunakan pada ruang yang terbatas. Itu karena dindingnya yang tipis dapat digunakan pada posisi di mana kunci pas tidak dapat digunakan.

    "Kunci ring sangat banyak tipe dan ukurannya. Ada kunci ring tunggal, ada kunci ring matric, kunci ring set serta kunci ring bulan set. Fungsinya selain untuk membuka dan mengencangkan baut pada mesin bidang otomotif, juga pada bidang di luar otomotif,. Yang jelas, kunci ring memang lebih presisi dibanding kunci pas," ujar Supriatna Tatang, technical supply Galaxy, Tekiro Tools.

    Menurut Bebi, sapaan Supriatna, permintaan akan kunci ring ini terbilang sangat tinggi. Itu dikarenakan kebutuhan untuk itu memang besar. Bahkan kiosnya yang terletak di LTC Glodok, Lantai GF 1 C 12 No. 1 & 5, Jakarta Kota ini tak pernah sepi dari konsumen. Apalagi merek yang dijualnya sudah dikenal sebagai handtools specialist dari Jepang.

    Alat yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan Boxes End Wrench ini aslinya terbuat dari bahan baja tensil tinggi. Yaitu merupakan paduan logam chrome vanadium, dengan cincin yang berdimensi heksagonal atau lebih pada lubang diameter dalamnya. Sehingga membuat kunci ring ini lebih kuat dan lebih ringan dibanding kunci pas.

    Kunci ring bulat. Biasa dipakai untuk mobil SUV
    "Ada pula yang terbuat dari bahan besi biasa. Yang ini tentu memiliki kualitas lebih rendah dengan harga lebih murah pula. Istilahnya ada juga yang KW. Tapi kalau untuk kepentingan yang lebih umum dan untuk jangka panjang, banyak yang memilih sekalian yang berkualitas. Karena secara harga memang bervariatif," lanjut mantan pembalap drag race ini.

    Sugiman, pemilik perusahaan vendor otomotif menganjurkan agar memilih kunci ring yang asli. "Memang secara harga lebih mahal, namun lebih tahan lama. Kalau yang KW, kalau dipakai terus gampang rontok. Saya menyarankan kalau dipakai untuk kepentingan pribadi dengan kebutuhan terbatas, silakan beli yang lebih murah. Asal dipakai sendiri dan perawatan yang baik," ujar pria yang usahanya ada di daerah Pesing, Jakarta Barat ini.

    Yang jelas, kunci ring memiliki kelebihan dengan memberikan cengkeraman pada seluruh kepala baut. Ini dimungkinkan karena memiliki gerigi yang lebih menonjol dan lebih kuat. Di samping itu juga memiliki ukuran yang sangat presisi berdasarkan mm dan inch.

    Lebih presisi dengan gerigi yang kuat
    Berdasarkan ukuran, ada yang memakai inch (inchi) dan metric (mm). Ukuran inch biasa digunakan untuk mobil-mobil Eropa seperti Mercedes-Benz, BMW dan Volvo. Sedang ukuran metric (mm) biasa digunakan untuk mobil-mobil Jepang. Harga per satuan Rp 30 ribu untuk ukuran 6x7 mm, sedang ukuran 30 x 32 mm dengan harga 30x32 mm.

    Untuk satu set dengan 8 kunci ring ukuran 6-24 dengan harga Rp 382.000,-. Sedangkan satu set dengan 12 satuan untuk ukuran 6-32 dengan harga Rp 840 ribu untuk merek Tekiro. Sedangkan untuk merek Jerman, Elora, per satuan kunci ring dengan 6x7 mm dengan harga Rp 60 ribu. Dan Rp 350 ribu untuk ukuran 30 x32 mm. Merak Jerman ini per set nya harganya bisa mencapai Rp 700 ribu - Rp 2 juta.

    Senin, 19 Desember 2011

    Vitara 2 doors 1998 | Buah manis dari kesabaran



    Panggil saja namaku dengan Ogie dan aku masih …..tahun.Aku akan bercerita tentang ayahku tercinta dan jipnya. Tapi,..sayang ayah pemalu yang enggan disebutkan namanya. Ayahku itu sangat menyukai dunia otomotif bahkan dari saat ia masih muda. Ia menyukai hampir semua yang berbau otomotif termasuk Jip.

    Suatu saat seorang temannya menawari sebuah Vitara 2 pintu yang sangat langka. Kontan ayahku pun langsung tertarik lantaran Vitara 2 pintu merupakan jip yang telah ia idolakan sejak lama. Kondisi barang sangat mulus, bahkan ayah tak ragu terbang ke Aceh untuk melihat langsung kondisi idolanya itu. Namun ia terpaksa menahan keingiannya dikarenakan Vitara idolanya itu belum bisa dibaliknamakan dan dimutasi menjadi nomor polisi ke tempat kami tinggal. Konon kabarnya, salah satu berkas-berkas suratnya belum ditemukan. Kasihan ayah…aku lihat kekecewaan dan kekesalan bergelantung di wajahnya. Bahkan ayah sempat bilang jika ia harus berusaha melupakan kendaraan impiannya itu.



    Pada suatu pagi, entah setengah tahun kemudian atau mungkin lebih, tiba-tiba ayah menghampiriku saat sarapan pagi dan bercerita padaku, tentang Vitara 2 pintu yang tempo hari gagal diboyong. Wajahnya berseri-seri dan mengatakan bahwa SUV idamannya itu sekarang sudah beres semua surat-surat dan berkasnya. Ayah mengatakan bahwa SUV itu segera dapat kami nikmati. Usut-punya usut, semenjak gagal memboyong Vitara tersebut ke rumah, nampaknya ayah tidak pernah putus semangat untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Dengan telaten dan sabar, iapun terus menjalin informasi tentang perkembangan SUV tersebut. Nampaknya kesabaran ayah berbuah manis. Apa yang selama ini ia impikan berhasil diboyong pulang.

    Namun dasar penggemar modifikasi, ayah pun langsung merestorasi total kendaraan tersebut dan sekaligus memodifikasinya. Dan untuk itu kembali ia harus bersabar menunggu proses restorasi selesai.



    Sekitar tiga bulan kemudian SUV idamannya selesai direstorasi. Iapun mengajak aku untuk menggambil di bengkel kepercayaannya. Aku takjub melihat kondisi SUV itu yang menjadi sangat gagah. Ayah kemudian bertanya padaku dengan nada setengah berbisik.. “Ogie…kamu suka dengan SUV itu,”? Dengan serta merta aku pun mengangguk tanda mengiyakan. “Sekarang..mobil ini bukan hanya milik ayah, namun juga milik kamu…jadi kita berdua bertanggungjawab untuk memeliharanya,” ujar ayah dengan serius. Aku seolah tak percaya dengan apa yang kudengar…..seperti mimpi rasanya.
    Itulah kisahku, ayah dan Vitara.

    Mesin

    Mesin injeksi bawaan asli kendaraan dalam kondisi sehat saat berpindah tangan. Hanya saja karena sudah berumur, maka diputuskan untuk melakukan overhaul untuk peremajaan dan mempertahankan performa.

    Girboks

    Girboks otomatik 4 percepatan dan tranfercase 2 speed part-time bawaan kendaraan tetap dalam kondisi standar. Peranti ini memang sempat direbuilt, namun bukan lantaran ada kerusakan melainkan untuk proses peremajaan dan penyegaran komponen penyalur daya mesin kendaraan tersebut.

    Kaki-kaki


    Pada dasarnya suspensi Vitara sudah cukup nyaman, namun lantaran ingin menggunakan ban dengan ukuran lebih besar, maka sejumlah gubahan pun segera dijabani. Suspensi lift pun dilakukan sebagai salah satu jurus. Termasuk menggunakan swing arm depan aftermarket lansiran Calmini.

    Intrerior




    Doortrim dan jok dibungkus ulang dengan menggunakan bahan semi kulit berwarna senada membuat tampilannya terlihat apik dan rapi. Tampilan semakin sedap dengan hadirnya lingkar kemudi lansiran Nardi yang dilengkapi dengan quick releast ala kendaraan balap.

    Suzuki Genuine Accessories


    Kehadiran peranti Suzuki Genuine Accessories (SGA) khusus untuk SUV ini bisa terlihat pada sun visor dan roffroack yang menyatu dengan air controler pada bagian belakang. Perlu kesabaran dan keuletan untuk mendapatkan peranti yang tergolong langka di Indonesia ini.

    Snorkel

    Tak mau tanggung-tanggung, sebuah snorkel racikan Safari Snorkel pun dipasangkan sebagai persiapan menjelajah daerah dengan kedalaman air yang cukup tinggi. Uniknya saat snorkel ini dipasang dan dilakukan dynotest, tenaga Vitara ini justru semakin terdongkrak.

    Lampu tambahan

    Dari sekian banyak lampu tambahan yang ada, terdapat satu lampu yang sangat menarik perhatian. Sebuah lampu yang biasa dipergunakan pada kapal cepat (speed boat) nampak nangkring pada sisi sebelah kiri SUV ini. Uniknya lampu ini dapat diarahkan posisinya ke kiri dan ke kanan dengan bantuan remote dari dalam kabin.

    Spesifikasi
    Mesin : 1.6 liter G16B 4 inline 16 valve
    Girboks : 4 speed auto OEM Vitara
    Tranfercase : 2 speed part-time OEM vitara
    Gardan : OEM Vitara (depan/belakang)
    Snorkel : Safari Snorkel
    Final Gear : 43/8 (5.375: 1)
    Per : Custom (depan)/(belakang)
    Sokberker : Bilstein (depan/belakang)
    Pelek : Enkei 15 x 7
    Ban : savero Komodo Extreme 31 x 10.5 R15
    Roof rack : SGA Suzuki Vitara
    Sun visor` : SGA Suzuki Vitara
    Steering wheel : Nardi
    Winch : Warn M8000
    Bumper : custom by Diman knalpot 08561385544

    Suzuki Katana LWB 1989 | Dims Jim



    JIP - Bagi Dimmy Hidayat, Suzuki Jimny bukanlah suatu yang asing lagi baginya. Bermacam Jimny pernah menjadi penghuni garasi pria yang yang berkecimpung dalam bisnis makanan ini, namun dari semua jenis Jimny yang ada, versi beratap kanvaslah yang menajdi idolanya. “Model atapnya yang menjadikannya unik dan berbeda dengan Jimny lainnya,” tutur Dimmy.

    Namun ternyata Dimmy masih menyimpan ide ama tentag sebuah Jimny long beratap lunak. Hingga tiba suatu saat, ia tak bisa membendung hal yang menjadi uneg-unegnya tersebut, apalagi setelah sebuah Katana long ex sebuah bank nasional menjadi miliknya.“Katana long tersebut memiliki overhang yang sama persis dengan sebuah Sierra ataupun Jimny pada umumnya. Sehinga untuk menjadikannya sebuah Sierra berbodi panjang tidak terlalu banak kendala,” lanjut Dimmy.

    Dasar penggila Jimny, mengumpulkan barang-barang dan piranti Sierra pun sudah lama ia jalani dan kini waktunya mengeluarkannya dari dalam gudang. “Frame kaca dan bando (pillar B) faktor penting pada pembentukan bodi, karena keduanya menjadi acuan terutama pada proses pemotongan bodi.” sambungnya bersemangat.

    Enam bulan pun berlalu, proyek impian Dimmy ini pun usai dan melahirkan Jimny Sierra dengan wheelbase panjang. Sebuah kreasi yang menghasilkan varian baru yang lahir dari buah pemikiran seorang Dimmy. Well….tak salah kiranya jika kami lantas menyebut jip yang satu ini sebagai Dim’s Jim.

    Mesin
    Di dalam engine baynya masih dapat ditemui dengan nyata unit mesin berkode F10A asli bawaan kendaraan. Hanya saja untuk mempertahankan stamina dan juga performanya, maka mesin 4 silinder berkapasitas 970cc ini dioverhaul.


    Girboks transmisi
    Girboks 4 speed bawaan aslinya dilengserkan. Sebagai gantinya satu unit girboks 5 speed menggantikan tugas dan tempatnya. Transmisi ini pun lantas disinergikan dengan tranfecase 2 speed milik comotan dari SJ410


    Interior
    Bentuk kabin Katana long nyaris terkikis habis dan hanya menyisakan dasbor asli saja. Selebihnya formatnya berganti layaknya sebuah Suzuki Jimny Sierra soft top yang didandani dengan atap model bikini top.


    Gardan
    Gardan dan kaki-kaki tetap mengandalkan bawaan asli kendaraan. Bisa dikatakan bahwa nyaris tidak ada yang berubah dari spesifikasi awalnya, hanya saja untuk menselaraskan dengan penggunaan ban ExtraGrip 750 x 15 Dimmy cukup mengganti anting asli dengan anting yang lebih panjang.


    Overfender
    Satu set overfender ala Bushwacker dari bahan fiberglass dengan bentuk mengkotak disematkan pada setiap rongga rodanya. Sebuah langkah yang ditujukan untuk memberikan nuansa baru pada tampilan Katana long ini.

    Kaca spion
    Sepasang kaca spion Jimny JDM dengan panjang berbeda antara sebelah kiri dan kanannya. Sepasang peranti langka didapati dari seorang teman yang justru mendapatkan barang ini di Thailand.


    Ban dan pelek
    Pelek OZ Racing yang dipadukan dengan ban Good Year Extra Grip didaulat sebagai ‘sepatu’ di segala medan dan situasi Jimny yang satu ini.


    Bumper
    Sebuah bumper custom disematkan pada bagian depan, sedangkan bagian belakang cukup hanya mengandalkan bumper bawaan kendaraan saja. Sedangkan khusus untuk pintu belakangnya mengambil pintu bawaan SJ413 Caribian. (jip.otomotifnet.com)

    Spesifikasi
    Mesin : F10A 4 silinder inline 970cc OEM SJ410

    Girboks : 5 Speed manual OEM SJ410

    Tranfercase : 2 speed part time OEM SJ410

    Gardan : OEM Suzuki Jimny SJ410 (depan/belakang)

    Final gir : 4,777 : 1

    Per : OEM SJ410

    Sokbreker : Kayaba Ultra

    Radio komunikasi : Icom

    Lampu tambahan : Cibie

    Pelek : OZ RAcing

    Ban : Good Year Extra Grip 750 x 15

    Bumper : Custom

    Overfender : Custom

    Spion : Jimny JDM

    Kanvas : Custom

    Bengkel : D’Otto Daya
    Jl. Buncit Raya (Pulo) No. 39, Jakarta Selatan
    Telp : (021) 798.1418, 798.1503
    e-mail : d_ottodayamitra@yahoo.co.id
    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...