Laman

Selasa, 31 Januari 2012

Air Ac Masuk ke Kabin


Peristiwa kondensasi di permukaan evaporator menghasilkan air dan air akan menggenangi rumah evaporator, jika drain hose atau saluran buang air kondensasi buntu atau tersumbat, dengan ditandai air tidak terlihat menetes saat ac mobil hidup, dengan kata lain air akan terlihat menetes di bawah mobil kalau drain hose tidak tersumbat.

Akibatnya permukaan luar rumah evaporator mengeluarkan embun yang berlebihan dan terkumpul menjadi titik air yang menetes dan membasahi karpet mobil.
Kalau rumah evap terdapat lubang atau celah, saat saluran buang air kondensasi buntu air yang menggenang akan langsung menetes dan air masuk ke dalam kabin terlihat di bawah dashbard.

Beberapa penyebab tersumbat saluran buang air kondensasi:
  • Masuk tikus dan memakan busa yang ada di dumper sirkulasi udara luar, potongan busa dihisap blower, masuk ke evap,jika ac mobil tidak di lengkapi filter evap, atau
  • Kotoran atau daun kering terhisap blower
  • Evaporator kotor dan sering terbentuk lendir atau semacam gel tidak bisa cair dan menyumbat saluran buang jika jatuh dan tidak menempel di evap.
Apa yang perlu di lakukan jika saluran buang air kondensasi tersumbat? Bisa di lakukan sendiri tanpa harus pergi ke bengkel service ac mobil. Periksa saluran buang seperti gambar dibawah, jika tersumbat, saat hidupkan blower ac tidak terasa hembusan angin dari slang.
Ambil lidi atau benda lentur jangan pakai kawat atau semacamnya kemudian masukan dari luar slang saluran buang, kalau saluran buang pendek seperti gambar di bawah,lokasi saluran buang berada di ruang mesin posisi dekat dengan evaporator dan air bersama kotoran akan keluar, lebih baik lagi dibantu dengan hidupkan blower, setel kecepatan maksimal agar membantu mendorong kotoran keluar atau menggunakan kompressor angin bertekanan untuk mendorong kotoran yang menyumbat.
Jika saluran buang panjang seperti gambar di bawah, bisa di lakukan dengan angin bertekanan atau melepas slang dari rumah evaporator.
Dengan melepas slang saluran buang dari rumah evaporator akan membuat air yang terkumpul di rumah evap jatuh ke karpet dan membuat basah, karena kalau saluran buang buntu atau tersumbat, bisa lebih satu liter air hasil kondensasi terkumpul. Tetapi kalau di lakukan dengan hati-hati dibuatkan tempat untuk menampung air agar tidak membasahi karpet, akan lebih baik.
Saluran buang tersumbat bisa menjadi penyebab ac kurang atau tidak dingin, silakan lihat juga sebab-sebab ac mobil tidak dingin.

Semoga bermanfaat dan silakan dibagi artikel ini ke sahabat, terima kasih.