Laman

Recent Posts

Jumat, 06 Januari 2012

Air Cadangan Radioator Selalu berkurang?


Masalah air cadangan berkurang dari dulu hingga sekarang menjadi pembahasan yang sangat menarik.....
mari kita telusuri satu persatu secara logika....
1. Fungsi Tabung Reservoir/Cadangan : Fungsinya menampung muaian air saat air panas dan tekanan tinggi dari sistem pendingi di mesin . Ketika mobil digunakan maka air didalam sistem pendingin mengalami pemuaian akibat panas yang diterima, denganmemuainya air maka volume air bertambah maka tekanan didalam sistem pendingin bertambah pula. Terdapat fungsi katup pada tutup radiator yang hanya akan mengalirkan air dari sistem pendingin ke tabung reservoir atau cadangan ketika tekanan tertentu (biasanya 0,9-1.1bar). Saat tekanan dalam sistem pendingin mencapai angka tersebut maka katup pada tutup radiator membuka jalan untuk air sehingga mengalir ke tabung cadangan. Saat mesin dimatikan atau dingin, terjadi vacuum diruang sistem pendingin karena penyusutan volume air sehingga membuka katup balik dari radiator dan menghisap air di tabung cadangan/reservoir.

2. Gejala yang dialami bung Muhammad Safri adalah air meluap dari tabung cadangan alias luber : kenapa ?
 ada beberapa penyebab melubernya air di tabung cadangan :
a. Memang mesin overheat : hal ini dapat diseabkan oleh putaran kipas electric engine fan yang sudah mulai lemah sehingga tidak dapat menahan panas yang di timbulkan oleh mesin sehingga tekanan didalam ruang sistem pendingin mesin terus bertambah sampai meluberkan tabung. Overheat mesin juga dapat diakibatkan kompresi yang masuk keruang sistempendingin alias kompresi bocor. hal ini ditandai dengan gelembung gelembung udara saat mesin dihidupkan dengan posisi tutup radiator terbuka.
Lakukan compresion leakage test : dengan cara membuka tutup radiator dan menstart mobil apakah ada lompatan permukaan air di mulut tutup radiator yang terbuka itu saat mesin di start ? jika iya kompresi bocor......jika tidak perhatikan saat hidup apakah ada gelembung halus atau besar yang continues kalau iya kompresi bocor.

b. Tutup radiator sudah mulai tidak baik. Rusaknya tutup radiator belum tentu ditandai dengan bocor. Kadang pegas pengatur tekanan mulai lemah sehingga belum saatnya(tekanan) air radiator menuju ke tabung reservoir katup pada radiator sudah terbuka sehingga semakin lama akan semakin luber. Ketika berhenti maka vacuum pada ruang sistem pendingin menghisap kembali air dicadangan. Maka dapat dipastikan air akan habis terhisap karena sebagian dari air tersebut telah terbuang sebagai luberan.......
c. Terjadi kebocoran Selang atau radiator. Gejala ini harus dilakukan cek visual dengan teliti terkadang kebocoran cukup halus sehingga sulit dideteksi secara dini....

silahkan analisa sesuai dengan kejadian yang paling mendekati pada kasus Anda...
lakukan pengecekan dari yang paling mudah dan murah 
baru beranjak ke bagian yang lebih rumit apabila belum ketemu solusinya
Semoga masalah air cadangan berkurang cepat beres.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...