Laman

Selasa, 31 Januari 2012

Aki Tidak Mau di Charge...Merepotkan


Suatu hari ada seorang teman menanyakan kalau dia mandapat permasalahan, ada mobil tidak bisa di starter mesin nya kalau kondisi mesin masih panas.Tetapi ditunggu sampai dingin kondisi mesin, baru mobil tersebut bisa di starter.Atau setelah di pakai misalnya malam hari matikan mesin saat coba hidupkan mesin tidak mau seperti aki soak tetapi keesokan harinya ketika di starter bisa.

Setelah ditanyakan lebih detail riwayat mobil mendapatkan jawaban mobil pernah tidak hidup selama lebih kurang satu bulan karena proces cat body full,dengan kondisi aki dibiarkan.
Aki baru di beli tidak lebih tiga bulan,karena merasa umur aki tergolong masih baru,akhirnya aki tersebut di bawa ke tempat setrum aki.Selesai aki di charge atau di setrum memang bisa untuk menghidupkan mesin mobil.

Kejadian berulang sudah hampir 4 hari dengan belum ketemu solusinya,4 hari yang melelahkan bagi pemilik mobil dengan kondisi demikian.Dari rumah mesin bisa hidup,mobil bisa di pakai.Setelah parkir, habis belanja ketika mau di hidupkan tidak bisa,repotkan.Apalagi sedang ada kepentingan lain mendesak, mau tidak mau harus di tinggal mobil di tempat parkir.

Sebelum meluncur ke lokasi sambil berpikir dan menganalisa kalau dibilang alternator tidak bekerja dengan baik,tidak juga.Karena setelah mobil hidup dipakai perjalanan jauh beban accessories maximal plus lampu besar bisa nyala dengan terang saat mesin hidup.Artinya kan suplai setrum dari alternator normal.

Melihat gambaran yang di berikan langsung meluncur ke lokasi.Dengan sedikit dorongan akhirnya mesin bisa hidup.Setelah itu dengan bekal avometer cek tegangan pengisian dari dynamo isi (alternator) dikepala aki tegangan menunjukan angka 13,7 volt artinya pengisian normal, tidak ada masalah dengan alternator.Matikan mesin kemudian cek cranking tegangan aki langsung drop sampai 6 volt.Sama artinya dengan tidak bisa starter.Dari sini jelas aki rusak dan tidak bisa menyimpan arus listrik.


Untuk memastikan bahwa aki memang rusak dan untuk mengetahui penyebab sebenarnya,sekali lagi dihidupkan mesin dengan cara di dorong, setelah bisa hidup tinggal satu langkah.Cek kuat arus yang mengalir ke aki dengan menggunakan ampere meter terlihat jelas arus yang mengalir hanya 1 Ampere.Dimana kuat arus normal bisa mulai sekitar 40A perlahan turun kuat arus menjadi sekitar 10A setelah beberapa menit dengan beban minimal.

Dari kejadian diatas bisa di ambil kesimpulan: untuk aki yang tidak dipakai dalam waktu lama cara menyimpannya dengan cara di buang air aki nya dulu baru di simpan.

Semoga bermanfaat.