Laman

Selasa, 31 Januari 2012

Blower Belakang Ac Innova 2.0E Tidak Berfungsi


Innova 2.0E blower Ac belakang tidak bekerja,angin tidak keluar dari grill ac di atap kabin. sedangkan angin  dari grill ac di dashboard normal. Perlu sedikit extra untuk membongkar dan memperbaiki kerusakan yang terjadi, karena kabin belakang yang penuh dengan audio system. Penyebab diketahui dari system elektrikal di blower bagian belakang setelah di cek tegangan yang ada di saklar blower tidak ada, yang ada hanya tegangan untuk mengontrol relay untuk suply arus listrik ke blower. Lihat postingan sebelumnya cek elektrikal blower.

Setelah semua perangkat sound system sudah turun, saat nya untuk mencari permasalahan yang menjadi penyebab kenapa blower tidak berputar apakah motor blower, kontak relay ac atau resistor blower.
Dari kontak relay pin 87 terdapat output tegangan 12 volt menuju blower, sementara itu dari pin satunya dari motor blower tidak menunjukan adanya tegangan, akhirnya buka blower dan ukur menggunakan ohm meter 1x untuk mengukur tahanan apakah karbon brush habis atau komutator sudah aus.Ternyata benar dari hasil pengukuran ohm meter dari avo meter jarum tidak bergerak, yang artinya ada yang putus.
Setelah diketahui motor blower rusak untuk mengatasi masalah yang ada bisa di ganti dengan blower baru, tapi sebelum ganti blower baru perlu untuk mengetahui bagian komponen motor blower yang rusak.

Tiba saatnya untuk mengetahui secara fisik komponen motor blower yang bermasalah,berikut gambar-gambarnya.
Setelah berhasil di buka ternyata kondisi carbon brush masih panjang, komutator juga masih tebal, setelah diperiksa lebih teliti permukaan tempat bersentuhan carbon brush dan komutator terlihat kasar, yang menjadi penyebab tidak terhubung dengan baik.
Setelah kedua permukaan baik carbon brush atau komutator di ratakan atau dihaluskan permukaan yang kasar, serta diberikan sedikit pelumasan pada bushing atau bearing kemudian di pasang dan ukur menggunakan ohm meter hubungan terlihat baik.
Setelah komponen motor blower kembali dirangkai dan cek putaran normal kini saatnya untuk di pasang pada rumah blower. Coba hidupkan ac dan fungsi ac normal kembali.

Melihat kondisi motor blower seperti gambaran diatas perlu tidak mengganti dengan yang baru? semua terserah pada anda pemilik mobil.

Moga manfaat....