Laman

Selasa, 31 Januari 2012

Fungsi Kabel Remote Tape Mobil


Posting ini saya buat sedikit mendadak karena ada pencarian fungsi kabel remote tape mobil tapi menemukan halaman lain dari blog ini, yang artinya sang pencari ulung tidak menemukan jawaban dari blog ini, sekarang jawaban bisa di temukan, ketika sudah sampai ke halaman ini.

Kebanyakan kalau kita membeli tape mobil baru, tape mobil bahasa umumnya, lebih spesifik lagi mungkin tape mobil yang di lengkapi beberapa fasilitas, antara lain dvd, radio, aux in atau usb input.

Pada kabel di belakang soket tape, biasanya ada kabel yang di beri label remote kebanyakan berwarna biru.

Fungsi kabel ini untuk meremote atau menghidupkan perangkat lain bersamaan hidupnya tape antara lain antena atau power amplifier.

  • Untuk remote antena biasa di temukan pada mobil sedan, saat radio hidup antena yang terletak di samping bagasi atau dekat spion akan naik.
  • Untuk remote power amplifier, kabel remote ini di hubungkan dengan terminal power suply pada power, yang terletak di tengah antara B+ dengan Ground (GND) dan tertulis REMOTE seperti gambar di bawah.
Dari terminal power suply Amplifier di atas, berikut fungsinya:
  • B+          : Stand By Positif langsung dari terminal positif aki
  • GND        : ground terhubung kabel ke body mobil
  • REMOTE : berfungsi untuk menghidupkan power tersebut, untuk menghidupkan  inverter yang ada di dalam power dan memenuhi  kebutuhan power yang menggunakan OCL atau Out Put Capacitor Less.

Selain tanpa remote dari kabel remote tape mobil, power amplifier bisa dihidupkan dengan menjumper kabel dari positif "B+" ke REMOTE.

Kabel remote pada tape mobil, memiliki kemampuan arus listrik terbatas, karena berasal dari keluaran transistor yang ada di dalam tape.

Pernah terjadi dan kebetulan saya temui, tegangan di kabel remote sebelum mendapat beban terukur 12 volt, tetapi setelah kabel tersebut terhubung dengan terminal remote, voltase nya turun menjadi  6 volt dan tidak sanggup untuk menghidupkan power amplifier. Cara mengatasi ganti transistor yang ada di tape karena rusak.

Semoga manfaat dan silakan di bagi artikel ini ke sahabat.