Laman

Jumat, 27 Januari 2012

Hood Lock Kit Ala Jeep, Anti Maling


JAKARTA - Pada semua model Jeep Wrangler (JK), belum dilengkapi perangkat pengunci kap mesin (hood lock kit) yang menggunakan anak kunci. Sebab sejak dari pabrikannya di Amrik sana, sistem penguncian pada engine hood masih sebatas pengait di ujung depan kanan-kiri kap mesin (Gbr.1).

Tentunya hal ini dikhawatirkan oleh para pemiliknya, lantaran akan mempermudah tangan-tangan jahil mencomot isi di dalam kompartemen mesin mobil mereka.

Untuk mencegah kemungkinan tersebut terjadi, PT Chrysler Indonesia (CI) selaku APM Jeep di Tanah Air, menyediakan hood lock kit khusus untuk jip Amerika ini (Gbr.2). Dibanderol sekitar Rp 3,8 jutaan, para pemilik Wrangler dijamin bakal merasa lebih aman. "Sebab dirancang dengan sistem antiduplikat," kata Dito Mulyawadi, Technical Head CI.

Penasaran? Yuk simak cara pasang dan menggunakannya. Sebelum memasang, buka bagian gril dengan mencopot 6 klip pengunci pakai obeng minus (Gbr.3). Kemudian angkat sedikit ke atas dan tarik ke arah depan mobil. Setelah gril terbuka, copot semua soket lampu sein agar memudahkan pengerjaan.

Karena sudah tersedia lubang di bagian apronnya, pemasangan dapat dikerjakan lebih mudah. Posisikan hood lock sesuai letak lubang pengikatnya. Pasang 4 paku ripet yang sudah tersedia dalam kemasan (Gbr.4). Dua di sisi atas dan dua lainnya di sebelah depan.

Setelah rumah kunci terpasang dengan benar, pasang kembali gril pada posisi semula. Jangan lupa memasang semua klip pengunci dengan baik, agar gril tak mudah bergeser.

Langkah terakhir dengan mengaktifkan kode pengunci. "Caranya, masukkan kunci kontak bawaan mobil ke dalam rumah modul pengunci ini. Putar ke kanan 180 derajat, secara otomatis sistem code the lock akan menyesuaikan alur yang terdapat pada anak kunci kontak (Gbr.5). Sehingga akan sulit dijebol pakai kunci letter T yang biasa digunakan oleh maling," urai Dito.